Cepat Paham! Begini Tips dan Trik Membaca Buku ala Maudy Ayunda

Cepat Paham! Begini Tips dan Trik Membaca Buku ala Maudy Ayunda
info gambar utama

Apakah Kawan GNFI termasuk orang yang sulit dalam memahami isi buku? Padahal, Kawan sudah membaca buku berkali-kali, tetapi masih tidak kunjung memahaminya. Sampai-sampai Kawan menyalahkan diri karena menganggap tidak brilian.

Namun, Kawan tidak perlu khawatir. Sebab, Kawan bisa menerapkan tips dan trik membaca buku ala Maudy Ayunda. Siapa, sih, yang tidak kenal sosok influencer satu ini? Yap, Maudy Ayunda adalah seorang influencer sekaligus artis ternama di Indonesia.Tidak hanya itu, Maudy Ayunda juga dikenal sebagai wanita cerdas dan independen, loh!

Salah satu hobinya adalah membaca buku. Tidak heran, kalau dari hobinya itu Maudy Ayunda bisa masuk dan lulus dari Stanford University. Jadi, apa saja tips dan trik membaca buku ala Maudy Ayunda?

1. Membaca dengan Metode Skimming dan Scanning

Apa itu membaca dengan metode skimming dan scanning? Dilansir dari zenius.net, skimming adalah teknik membaca teks secara cepat tanpa memperhatikan detil. Sementara itu, scanning adalah teknik membaca dengan cara pemindaian informasi yang spesifik.

Dalam hal ini, Kawan bisa menerapkan dua metode tersebut dalam membaca buku atau materi. Contohnya, Kawan bisa membaca satu halaman secara cepat (skimming) lalu ambil beberapa kata kunci penting dari beberapa paragraf (scanning). Hal itu membuat Kawan jadi lebih cepat memahami keseluruhan inti bacaan dari satu halaman. Lakukan hal yang sama pada halaman lainnya, ya!

Baca juga: Anak Muda, Kembangkan Pola Pikirmu dengan Membaca 3 Buku Ini!

2. Baca lalu Tulis

Beberapa orang meyakini bahwa membaca beberapa halaman dari buku lalu menuliskan intisarinya akan lebih cepat paham daripada hanya membacanya. Hal itu juga dilakukan oleh Maudy Ayunda. Dia selalu menuliskan inti bacaan dengan gaya bahasanya sendiri setelah membaca buku.

Dari kebiasaan Maudy Ayunda ini, secara tidak langsung, otak merekam beberapa kalimat penting sehingga tidak cepat lupa. Setelah itu, Kawan bisa membaca kembali catatan Kawan untuk melatih otak.

3. Cari Waktu Luang

Tips membaca buku
meluangkan waktu untuk membaca buku penting untuk bisa membiasakan diri | Foto: Freepik (jcomp)

Kawan mungkin keberatan dalam membaca buku karena punya kesibukan. Namun, bukan berarti Kawan tidak membaca buku sama sekali. Kawan hanya perlu meluangkan waktu sekitar 5—10 menit untuk membaca.

Hal ini dilakukan oleh Maudy Ayunda di setiap sela-sela kesibukannya sebagai penyanyi. Untuk menerapkannya, Kawan bisa mencari waktu kosong, seperti waktu sebelum tidur, menunggu transportasi umum, saat sarapan, dan waktu luang lainnya untuk membaca buku kesukaan. Dengan begitu, Kawan bisa menambah informasi setiap harinya.

4. Gabung Klub Buku

Apakah Kawan termasuk tipe orang yang sering berdiskusi atau membagikan intisari sebuah buku kepada orang lain? Jika iya, Kawan bisa bergabung ke klub buku. Saat ini, banyak klub buku yang dibentuk, baik di kampus, sekolah, atau lingkungan masyarakat.

Dilansir dari hops.id,biasanya klub buku akan memberikan tantangan kepada setiap anggotanya untuk membaca buku. Tantangan tersebut bermacam-macam, seperti membaca satu buku selama 1 jam, menulis intisari dari satu bab buku, dan sebagainya. Selain menumbuhkan minat membaca, Kawan juga bisa menambah relasi dengan para anggotanya.

Baca juga: Terapkan Tips Mudah Membaca Buku Bahasa Inggris

5. Jauhi Gangguan yang Ada di Sekitar

Pernahkah Kawan mendapati notifikasi handphone saat sedang fokus membaca? Karenanya, Kawan harus membuka notifikasi tersebut dan fokus membaca jadi tergganggu. Alhasil, kegiatan membaca menjadi tidak maksimal sehingga informasi sulit diserap ke otak.

Oleh sebab itu, Maudy Ayunda menyarankan untuk menjauhi distraksi yang ada di sekitar. Pastikan saat membaca buku, Kawan mematikan notifikasi handphone. Cara lainnya, Kawan bisa berpindah ke ruangan yang sunyi agar fokus Kawan terjaga. Jika Kawan suka membaca e-book, sebaiknya mengatur handphone ke mode senyap.

6. Membuat Jadwal Rutin

Kawan bisa membuat jadwal rutin untuk membaca. Hampir sama dengan poin ketiga, tetapi bedanya, Kawan harus meluangkan waktu untuk membaca setiap harinya. Contohnya, pada Senin, Rabu, dan Jumat, Kawan wajib membaca buku selama 30 menit di pagi hari.

Dengan melakukannya secara konsisten, Kawan akan terbiasa dengan kegiatan ini. Kemungkinan besar Kawan juga akan menambah waktu membaca buku tersebut menjadi 50 menit atau 1 jam.

7. Study Life Balance

Ada kalanya, seseorang merasa bosan atau jenuh saat membaca buku. Kondisi tersebut bernama reading slump. Dilansir dari campuspedia.id, Maudy Ayunda menyarankan untuk sejenak bersenang-senang. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan mood yang telah menurun.

Kegiatan bersenang-senang bisa dilakukan dengan hobi atau rekreasi. Beberapa contoh kegiatan untuk mengatasi reading slump adalah jalan-jalan di taman, olahraga, bermusik, dan lain-lain. Dengan hal ini, keseimbangan kehidupan antara fokus membaca dan rekreasi jadi tetap terjaga.

Baca juga: Intip Buku ala Bill Gates

Apabila Kawan menerapkan tips dan trik di atas, kegemaran membaca akan meningkat. Dengan ini, niscaya Kawan lebih mudah mendapatkan lebih banyak informasi dan menggapai kesuksesan. Orang yang rajin membaca akan menjadi tokoh besar yang berpengaruh di masyarakat.

Namun, Kawan juga perlu mengetahui bahwa membaca bukan satu-satunya aspek kesuksesan seseorang. Perlu dilakukan juga dengan interaksi sosial. Untuk itu, Kawan jangan terlalu ambisius membaca sehingga melupakan kehidupan sosial.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

AR
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini