Tahu Pong, Kuliner Wajib Ketika ke Semarang

Tahu Pong, Kuliner Wajib Ketika ke Semarang
info gambar utama

Berkunjung ke Semarang? Tentunya banyak sekali hal yang bisa Anda jelajahi di sini, mulai dari tempat wisata alam maupun sejarahnya, hingga kulinernya. Bicara soal makanannya pun juga banyak sekali yang bisa membuat Anda tergiur.

Kalau lumpia, tentunya sudah tidak asing lagi bagi banyak orang. Namun, jika mau mencoba makanan khas lain yang sulit ditemui di daerah lain, kira-kira apa yang harus dicicipi?

Jawabannya adalah tahu pong. Sesuai dengan namanya, makanan ini terbuat dari tahu yang dicampur dengan berbagai macam isian dan dengan tambahan kuah. Tentunya, rasa dari tahu pong ini bisa cocok untuk Anda yang hobi wisata kuliner. Mari kenali lebih jauh mengenai tahu pong ini.

4 Rekomendasi Tempat Lumpia Khas Semarang Terbaik

Sekilas mengenai tahu pong

Nama tahu pong sendiri berasal dari bentuk tahunya yang berongga atau kopong. Sehingga lama kelamaan makanan ini semakin populer dengan sebutan tahu pong. Ada pula yang berpendapata bila asal katanya dari bahasa Tionghoa “phong” yang artinya menggembung.

Bila ingin mencicipi yang otentik, memang ada baiknya untuk datang ke Semarang langsung.

Menurut sejarahnya, tahu pong ini sangat erat dengan keberadaan etnis Tionghoa di Semarang yang datang pada zaman dahulu untuk berdagang. Lama kelamaan, mereka ada yang menetap dan menikah dengan warga lokal, kemudian beradaptasi dengan masyarakat.

Hasil adaptasi ini pun menciptakan kehidupan budaya baru di masyarakat, termasuk dari segi kuliner. Memang, tak jarang kuliner di Semarang ini banyak yang terpengaruh dari budaya Tionghoa, mulai dari lumpia hingga tahu pong ini.

Keberadaan tahu pong ini sudah bisa ditemui sejak masa sebelum kemerdekaan. Di tahun 1930-an sudah banyak pedagang yang menjajakan makan ini di sudut kota.

Versi lain menyebutkan bila tahu pong ini adalah hasil adaptasi kuliner Jepang, abura-age tofu. Salah satu alasannya adalah karena adanya penggunaan acar lobak daikon pada penyajiannya.

Ada berbagai tempat yang menjadi rekomendasi untuk mencicipi tahu pong ini. Di antaranya adalah Tahu Pong Karangsaru yang menjadi favorit bos BCA dan Djarum, Michael Bambang Hartono, kemudian ada Tahu Pong Brumbungan, Tahu Pong Sari Roso, Tahu Pong Perempatan Depok, atau Tahu Pong Gajah Mada.

Segarnya Es Puter Conglik dengan Rasa yang Melegenda di Semarang

Tahu yang renyah dan kuah yang segar

Tahu pong ini memiliki tekstur kulit yang kasar dan terasa renyah ketika digigit. Selain tahu, ada berbagai isian yang menjadi pelengkap dari tahu pong ini, seperti gimbal udang, telur rebus yang digoreng, serta emplek, sejenis tahu cina padat yang lembut.

Kemudian, bahan-bahan tersebut disandingkan dengan kuah yang diracik dari kecap, bawang, dan petis. Tak lupa, acar lobak dan potongan timun menjadi penyempurna dari tahu pong ini.

Perpaduan renyahnya tahu dan makanan-makanan tambahan lainnya, yang kemudian berpadu dengan kuah dan acar yang terasa manis asam segar menciptakan cita rasa otentik yang hanya bisa Anda nikmati di Kota Semarang.

Nasi Koyor, Kuliner Lezat Legendaris dari Semarang

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Fazer Mileneo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Fazer Mileneo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini