Yuk Kenali Manau, Buah Pohon Rotan Yang Kaya Manfaat

Yuk Kenali Manau, Buah Pohon Rotan Yang Kaya Manfaat
info gambar utama

Berbicara tentang buah-buahan yang diproduksi di Indonesia memang tak akan ada habisnya. Berbagai jenis buah-buahan tersebar dari sabang hingga merauke. Namun tingkat konsumsi buah di Indonesia masih tergolong rendah. Padahal kekayaan buah tropis nusantara ini selalu unggul dan menarik perhatian.

Salah satunya ialah Buah Manau. Buah ini mungkin tidak banyak yang tahu, namun Buah Manau banyak ditemukan di Kepulauan Belitung hingga Pulau Sumatera dan umum ditemukan di beberapa pasar tradisional.

Nah, untuk mengenal lebih lagi mengenai Buah Manau ini yuk simak info singkat berikut ini!

Buah Tanaman Rotan yang Berduri

Buah Manau ini merupakan buah yang berasal dari pohon Rotan. Dikenal juga dengan buah Rotan yang memiliki nama latin Calamus Manan M.

Buah yang berbentuk lonjong mungil dengan sisik berbentuk trapesium yang ukurannya menyesuaikan bentuk buah ini juga tersebar di daerah Thailand dan semenjanung Malaysia.

Pohon dari buah ini bercirikan memiliki warna hijau kekuningan pada batangnya dengan ukuran diameter 2,5 - 4 cm. Batang pohonnya tumbuh merambat di antara batang dan ranting pohon serta tumbuh tunggal dan tidak berumpun. Daunnya terdiri dari sekitar 40 anak pasang daun yang berbentuk bulat telur hingga lanset sungsang dengan warnanya yang hijau tua dengan ujungnya yang mempunyai sulur panjat.

Berhati-hatilah saat menyentuh bagian tangkai daun dan pelepah dari pohon ini, karena terdapat duri tajam yang menyelimutinya.

Habitat Tanaman Buah Manau

Yuk Kenali Manau, Buah Pohon Rotan Yang Kaya Manfaat

Pohon Rotan atau Manau tumbuh baik secara alami pada kawasan hutan yang memiliki kelembapan tinggi di Bengkulu dan sekitarnya . Secara habitat Buah Manau dapat ditemukan di pinggir sungai daerah datar dan berair hingga di daerah perbukitan. Buah Manau menyukai kondisi beriklim basah dan lembap.

Dan jika kamu ingin mencicipinya, kamu dapat membelinya di daerah pasar tradisional. Rasanya yang asam membuat mata kamu merem melek saat mencicipinya. Sebagian orang mungkin tidak menyukai rasanya yang asam ini, namun bagi orang pecinta buah-buahan dengan rasa asam sepat ini pasti menjadi pilihanmu ketika menemukan buah ini.

Olahan Kreasi dari Buah Manau

Adapun olahan yang dapat dibuat dengan Buah Manau seperti manisan ataupun asinan. Buah-buahan yang memiliki rasa asam dan sepat seperti Buah Manau memang sangat cocok diolah menjadi manisan ataupun asinan.

Bahkan tidak hanya buahnya saja yang bisa dimanfaatkan, namun juga pohonnya. Batang pohon ini memiliki kelenturan dan tahan lama yang dapat digunakan sebagai bahan baku pembuatan mebel seperti kursi, meja dan furniture lainnya.

Manfaat Buah Manau bagi Kesehatan

Meskipun ukurannya mungil dan rasanya yang asam sepat, namun buah ini memiliki segudang manfaat. Buah Manau memiliki kandungan gizi didalamnya. Terdapat kalsium, zat besi, asam benzoate, kalori, dan vitamin C. Vitamin C pada buah ini mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari pada tubuh seperti sistem imun.

Selain itu vitamin C yang terkandung dapat membantu mengobati dari sakit sariawan. Zat besi dan kalsium terkandung juga dapat menjaga kesehatan otot dan menguatkan tulang. Kalsium Buah Manau dapat meningkatkan kepadatan tulang, sehingga dapat terhindar dari gejala osteoporosis. Tidak hanya itu buah ini juga dapat membantu menguatkan dan menyehatkan gigi.

Nah itu dia sedikit informasi mengenai Buah Manau. Semoga bermanfaat!

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Rizky Phyar Saiputra lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Rizky Phyar Saiputra.

Terima kasih telah membaca sampai di sini