Masak Makanan Enak dan Sehat Versi Anak Kos, Hanya dengan Penanak Nasi!

Masak Makanan Enak dan Sehat Versi Anak Kos, Hanya dengan Penanak Nasi!
info gambar utama

Halo GoodMates, siapa di sini yang masih bingung mau makan menu apa? Sebagai anak kos perkara memilih menu makanan jauh lebih sulit ya, kan, GoodMates. Terkadang kita bingung mau makan apa, atau justru sudah tahu menunya, tetapi harganya, duh... membuat kita berpikir dua kali deh untuk beli makanan tersebut. Alhasil, kebanyakan dari kita pasti berpikir untuk memasak mi instan untuk menu makanan kita, betul nggaknih?

Memang mi instant bisa dibilang sebagai penyelamat bagi anak kos di akhir bulan. Dengan berbagai macam rasa siap mewarna keseharian GoodMates, belum lagi dengan cara memasak yang simple dan cepat, ya.

GoodMates pasti udah pada tahu kan, mengonsumsi mie instan yang berlebihan, akan merugikan kesehatan tubuh kita. Berbagai masalah kondisi kesehatan bisa terjadi jika berlebihan mengonsusmsinya. Tentunya, GoodMates sering mendengar kanker termasuk risiko akibat dari makan makanan instan seperti mi tersebut.

Mungkin buat GoodMates, bisa cobain menu masak makanan enak dan sehat versi anak kos hanya dengan penanak nasi (rice cooker). Pastinya, gampang untuk dibuat karena disesuaikan dengan anak kos di bawah ini, ya.

1. Nasi Jagung ++

Nasi Jagung ++ I Foto: Pribadi
info gambar

Menu yang pertama adalah nasi jagung ++ . Dinamai "++" karena di dalamnya ada wortel dan jamur enoki. Menu ini sudah sangat enak sebagai makan sahur, terlebih jika ditambahkan potongan ayam, maka akan jauh lebih enak.

Selain enak dan praktis, nasi jagung ++ ini juga memberikan banyak manfaat bagi tubuh karena berisi sayuran, misalnya saja wortel yang diketahui baik untuk menjaga kesehatan mata, membantu kesehatan saluran pencernaan, dan meningkatkan imunitas. Cocok banget buat awalan berpuasa di kala pandemi.

Cara masaknya pun gampang banget, langkah pertamanya adalah menyiapkan bahan-bahan. Untuk membuat Nasi Jagung ++ dibutuhkan :

  • Beras dicuci bersih
  • Santan sachet (opsional)
  • Sejumput garam (ini pakai feeling saja, pasti bakalan enak)
  • 1 buah wortel mini yang sudah dicuci bersih dan dipotong dadu
  • Jamur enoki yang sudah dicuci bersih secukupnya sesuai selera
  • Jagung manis secukupnya yang sudah dicuci bersih.

Eits... bahan di atas seperti jagung dan wortel yang kita beli di pasar pasti tidak dipakai semua. Jadi, masih bisa disimpan buat kreasi lainnya. Selanjutnya, semua bahan dimasukkan dalam wadah rice cooker dan dimasak seperti masak nasi biasa, ya, GoodMates. Gimana? Gampang, kan!

2. Steam Tofu-Wortel

Steam Wortel ft Tofu I Foto: Pribadi
info gambar

Steam Tofu-wartel adalah menu kedua yang bisa anak kos cobain. Jadi, sisa wortel dari kreasi kemarin masih bisa GoodMates gunakan untuk menu kedua ini, lho.

Cara masaknya tak kalah simple. Tofu dan wortel yang sudah bersih, dimasak dengan teknik steam. Berhubung sebagai anak kos, kita tidak menggunakan alat yang namanya steamer. Hal ini bisa diakali dengan menggunakan rice cooker lagi, lho, GoodMates.

Ilustrasi steamer ala anak kos I Foto: Pribadi
info gambar

Jadi selagi memasak nasi, tofu-wortel bisa diletakkan di atasnya. Sekali berenang, satu dua pulau terlampaui, ya, GoodMates. Sambil masak nasi, steamer ala anak kos pun jadi. Oh iya, jangan lupa dikasi garam biar ada rasanya.

Setelah matang, dimakan bareng nasi panas pun sudah enak. Di sini aku tambahin saus, biar lebih berasa. GoodMates bisa kreasikan sendiri, mau diganti dengan kecap atau bawang goreng juga bisa.

Nah GoodMates itu tadi masak makanan enak dan sehat versi anak kos hanya dengan rice cooker part 1 yang GoodMates bisa buat di kosan dengan mudah. Bahannya sederhana, hemat di kantong, dan tentunya sehat bagi tubuh kita GoodMates. Terima kasih dan selamat mecoba GoodMates.

Referensi:Kompas

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

AS
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini