Manfaat Bunga Rosella dan Cara Bikin Teh Herbal dari Bunganya

Manfaat Bunga Rosella dan Cara Bikin Teh Herbal dari Bunganya
info gambar utama

Bunga rosella atau yang memiliki nama latin Hibiscus sabdariffa merupakan tanaman yang berasal dari Benua Afrika. Bunga rosella yang bukan hanya terkenal sebagai bunga cantik penghias rumah melainkan dipercaya memiliki ragam manfaat bagi kesehatan. Bunga rosella memiliki ciri-ciri yaitu:

  • Memiliki kelopak berwarna merah pekat dan bagian kelopaknya ini memiliki rasa asam.
  • Bunga rosella biasanya terdiri dari 8 hingga 11 kelopak, dan bunganya tumbuh dari ketiak daun.
  • Kelopak bunga rosella juga sedikit berbulu dengan pangkalnya yang saling melekat.
  • Bunga rosella mempunyai buah dan biji yang berbentuk kerucut, sedikit, berambut, dan memiliki warna yang sama dengan kelopaknya.

Baca juga: Manfaat dan Bahaya Bunga Telang yang Perlu Diketahui Sebelum Dikonsumsi

Bunga rosella diperkirakan telah masuk ke Indonesia sejak abad 14 meski sebatas tanaman hias. Di Indonesia tanaman ini bisa tumbuh subur karena cocok dengan iklim tropis dan tanah yang subur. Beberapa lokasi yang membudidayakan rosella ada di Muara Enim, Ngawi, Nganjuk, dan Bojonegoro. Hasil budidaya rosella umumnya dijadikan produk teh herbal untuk meningkatkan kesehatan atau imunitas.

manfaat rosella kandungan rosella
info gambar

Apa saja manfaat bunga rosella bagi kesehatan? Berikut beberapa manfaatnya yang perlu Anda ketahui.

1. Menurunkan berat badan

Teh bunga rosella diketahui sangat efektif dalam menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan kandungan flavonoid dan polifenol dalam bunga rosella berguna untuk menghambat penumpukan lemak.

Karenanya, jika Anda sedang dalam program diet, tak ada salahnya untuk menambahkan teh bunga rosella dalam menu diet sehat Anda.

2. Berguna sebagai antikanker

Manfaat berikutnya dari minuman herbal bunga rosella adalah sebagai antikanker. Bunga ini memiliki asam protocatechuic yang bersifat sebagai antioksidan dan antitumor. Jadi mengonsumsi bunga rosella secara rutin dapat menjaga Anda agar terhindar dari risiko terkena kanker.

3. Menurunkan tekanan darah

Tahukah Anda dengan mengonsumsi ramuan bunga rosella secara rutin, maka tekanan darah Anda bisa terkontrol. Karena tanaman rosella memiliki kandungan anti hipertensi dan anti peradangan yang mampu menurunkan tekanan darah hingga 10 poin.

4. Mengurangi depresi

Kandungan flavonoid pada bunga rosella ternyata juga berfungsi sebagai antidepresan. Dengan mengonsumsi teh rosella, maka saraf akan menjadi lebih rileks. Sehingga rasa cemas, stres serta depresi pada diri Anda bisa jauh berkurang.

5. Menjaga kesehatan organ hati

Antioksidan yang ada dalam bunga rosella ternyata juga bermanfaat untuk melindungi organ hati. Dengan adanya kandungan antioksidan, maka organ hati akan terlindungi dari radikal bebas yang mungkin dapat menyerang tubuh.

Selain kelima hal di atas tentu masih banyak manfaat bunga rosella lainnya untuk kesehatan seperti menurunkan kadar kolesterol jahat, mencegah penyakit jantung, dan dapat meredakan radang, batuk dan pilek. Karenanya, jika Anda ingin mendapatkan manfaatnya, Anda dapat mengonsumsinya dalam tiga cara yaitu mengonsumsi bunganya secara langsung, dalam bentuk jus atau dalam bentuk teh.

Kandungan Nutrisi Bunga Rosella

Bunga rosella memiliki berbagai kandungan yang sangat baik untuk kesehatan. Beberapa kandungan gizi yang ada dalam bunga rosella di antaranya vitamin C, protein, zat besi, kalsium, karbohidrat, dan masih banyak lagi.

manfaat bunga rosella dan kandungan gizi
info gambar

Adapun secara lebih rinci kandungan gizi pada 100 gram kelopak bunga Rosella adalah sebagai berikut:

  • Vitamin C: 17 mg
  • Protein: 2 g
  • Karbohidrat: 10,2 g
  • Lemak: 0,1 g
  • Niacin: 0,06 mg
  • Tiamin: 0,05 mg
  • Riboflavin: 0,07 mg
  • Kalsium: 150 mg
  • Zat besi: 3 mg

Dengan kandungan gizi yang dimilikinya, pantas saja jika rosella tak hanya digunakan sebagai tanaman penghias rumah. Sejak dulu si merah rosella juga digunakan sebagai bahan pembuat minuman herbal yaitu teh bunga rosella yang sangat populer karena khasiatnya.

Resep Teh Bunga Rosella

Karena memiliki manfaat untuk kesehatan, tentu teh bunga rosella memiliki harga yang lebih mahal daripada teh biasa. Namun Anda juga bisa menanam bunga rosella dan membuat tehnya sendiri.

Baca juga: Manfaat Kayu Manis dan Resep Minuman Olahannya

resep teh bunga rosella dan manfaat rosella
info gambar

Berikut langkah mudah membuat teh bunga rosella yang bisa dicoba di rumah.

  1. Petik bunga rosella, cuci kemudian kupas kelopaknya.
  2. Keringkan bunga rosella dengan cara dijemur atau menggunakan oven.
  3. Setelah kering simpan dalam wadah kedap udara.
  4. Untuk membuat minuman, ambil 2 gram kelopak rosella yang sudah kering dan masukkan ke dalam gelas. Tuangkan air mendidih kurang lebih 250 ml, kemudian tutup gelas selama 5-15 menit hingga warna air berubah menjadi merah.
  5. Teh bunga Rosella siap dinikmati selagi hangat.

Bagi Anda yang tidak kuat dengan rasa asamnya dapat menambahkan sedikit madu atau gula. Namun, khusus untuk program diet, dianjurkan untuk tidak menambahkan tambahan apa pun ke dalam teh untuk hasil yang lebih maksimal. Teh bunga rosella dapat dikonsumsi dua kali sehari. Adapun waktu terbaik untuk mengonsumsinya adalah pagi dan malam hari.

Catatan: Dalam mengonsumsi teh ini tidak dianjurkan untuk jangka panjang secara terus menerus. Anda dapat meminumnya selama 10 hari dan menghentikannya selama 7 hari. Selain itu Anda juga bisa meminumnya di saat Anda membutuhkan saja misalnya di saat Anda sedang mengalami batuk, pilek, atau pun radang.

Baca juga: Serai: Tanaman Obat dan Bumbu dari Negeri Tropis Asia Tenggara

Sumber:

https://dinpertanpangan.demakkab.go.id/?p=4497
https://www.tokopedia.com/blog/manfaat-rosella-hlt/?utm_source=google&utm_medium=organic
https://www.alodokter.com/manfaat-rosella-untuk-kesehatan-dan-cara-mengolahnya
https://lifestyle.kompas.com/read/2010/03/02/19005975/buat-apa-minum-teh-rosella

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Raras Wenny lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Raras Wenny.

RW
RP
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini