7 Destinasi Wisata Lamongan Jawa Timur yang Cocok untuk Berlibur

7 Destinasi Wisata Lamongan Jawa Timur yang Cocok untuk Berlibur
info gambar utama

Lamongan adalah salah satu daerah yang memiliki wisata kuliner yang melimpah, sehingga kota ini mendapatkan julukan sebagai Kota Soto. Destinasi wisata Lamongan terdiri dari wisata alam, wisata buatan, hingga wisata religi, terutama karena lokasinya yang ada di sebelah utara Pulau Jawa bagian timur.

Lokasinya yang berbatasan langsung dengan Tuban dan Gresik, membuat kota ini pun memiliki akses yang cukup mudah. Berikut ini adalah 5 destinasi wisata di Lamongan yang perlu Kawan ketahui.

1. Wisata Bahari Lamongan (WBL) - Wisata Buatan Lamongan

Wisata Bahari Lamongan
info gambar

Wisata Lamongan pertama adalah Wisata Bahari Lamongan (WBL). WBL adalah sebuah tempat rekreasi dan mempunyai wahana yang lengkap di Jl. Raya Paciran, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. WBL menjadi simbol pariwisata yang ada di Lamongan. Selain itu, akses untuk datang ke WBL juga sangat mudah sehingga tempat wisata ini banyak dikunjungi oleh wisatawan baik di hari libur maupun hari biasa.

2. Makam Sunan Drajat - Wisata Religi Lamongan

makam sunan drajat wisata religi lamongan jawa timur
info gambar

Kedua, wisata Lamongan yang juga menarik untuk dikunjungi adalah makam Sunan Drajat di Dusun Drajat, Desa Drajat, Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan. Sunan Drajat adalah salah satu wali yang menyebarkan ajaran Islam di wilayah Lamongan dan sekitarnya. Sampai saat ini, makam Sunan Drajat masih menjadi tempat wisata yang banyak dikunjungi oleh umat Islam dari berbagai daerah ketika hendak berwisata religi.

Baca juga: Kekayaan Kuliner dari Pohon Siwalan di Wilayah Pantura Lamongan

3. Goa Maharani - Wisata Alam Lamongan

goa maharani wisata alam lamongan jawa timur
info gambar

Goa Maharani adalah salah satu goa yang paling indah di Indonesia. Goa Maharani terletak tepat di depan WBL, sehingga mudah sekali untuk dijangkau. Di sini Kawan tidak hanya akan berwisata masuk ke dalam gua akan tetapi juga terdapat kebun binatang yaitu Maharani Zoo. Goa Maharani memiliki memiliki tampilan visual yang sangat indah dan bisa dinikmati oleh siapa saja.

5. Waduk Gondang - Wisata Alam Lamongan

waduk gondang wisata alam lamongan jawa timur
info gambar

Wisata Lamongan keempat yang bisa Kawan kunjungi adalah Waduk Gondang. Tempat ini merupakan tempat wisata yang terletak di Lamongan kota dan berada di dataran tinggi. Waduk Gondang ini memberikan pemandangan yang indah dan juga cocok untuk dipakai buat nyantai di sore hari. Di Waduk Gondang juga terdapat beberapa pepohonan yang rindang.

Baca juga: Pulihkan Mangrove di Pesisir Lamongan, Burung-burung Datang Kembali

5. Pemandian Air Panas Brumbung

pemandian air panas brumbung wisata alam lamongan jawa timur
info gambar

Wisata Lamongan selanjutnya yang perlu Kawan kunjungi adalah pemandian air panas Brumbung di Tepanas, Kranji, Kec. Paciran, Kabupaten Lamongan. Tempat ini adalah tempat yang sangat cocok ketika Kawan membutuhkan untuk berenang dengan air panas alami yang datang dari pegunungan. Selain itu, warga sekitar juga mempercayai bahwa pemandian air panas Brumbung itu dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit. Tidak hanya itu, pemandian air panas ini juga menyimpan sejarah yang panjang dan memiliki hubungan dengan Sunan Drajat.

6. Pantai Kutang - Wisata Alam Lamongan

wisata alam pantai kutang lamongan jawa timur
info gambar

Nama pantai ini memang terkesan aneh, tetapi pantai ini benar-benar ada di Lamongan. Tepatnya di Dusun Kentong, Desa Labuhan, Kecamatan Brondong, Kabupaten Lamongan. Pantai Kutang adalah pantai yang sangat indah untuk dipakai bersantai di sore hari. Terlebih di pantai ini banyak sekali pepohonan yang bisa digunakan untuk berteduh. Pantai Kutang juga tidak memiliki ombak yang besar sehingga bisa dipakai untuk berenang.

Baca juga: Selain Mencicipi Soto, Ini Rekomendasi Tempat Wisata Menarik di Lamongan

7. Tanjung Kodok - Wisata Alam Lamongan

Tanjung kodok wisata alam lamongan jawa timur
info gambar

Di lokasi Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan, tepatnya di sebelah WBL terdapat sebuah batuan tanjung yang indah dan langsung menghadap ke laut yakni Tanjung Kodok. Tanjung ini diberi nama kodok karena bentuknya yang seperti hewan amfibi tersebut. Tanjung Kodok adalah tempat yang sangat indah untuk dipakai menghabiskan waktu sore bersama dengan keluarga, sambil melihat pemandangan laut utara dan deburan ombak kecil di pantai utara Lamongan.

Baca juga: Mengenal Jatim Park 1, 2, dan 3 di Malang Jawa Timur, Tempat Wisata Asyik

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Farih Fanani lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Farih Fanani.

MF
RP
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini