Rekomendasi 7 Situs Web untuk Cari Data Penelitian Skripsi

Rekomendasi 7 Situs Web untuk Cari Data Penelitian Skripsi
info gambar utama

Kawan sudah mulai melakukan penelitian untuk skripsi, tetapi masih bingung mencari data? Tak perlu khawatir, ada beberapa rekomendasi situs web untuk cari data penelitian skripsi atau karya ilmiah lainnya yang bisa Kawan coba, nih.

Sebagai mahasiswa tingkat akhir, Kawan akan disibukkan dengan membuat skripsi yang perlu proses panjang, mulai dari membuat judul, mengumpulkan bahan penelitian, menuliskan setiap bab, hingga membuat kesimpulan. Proses tersebut tak lepas dari kendala, salah satunya mencari sumber atau data penelitian.

Seperti kata pepatah, banyak jalan menuju Roma. Begitu pula dengan solusi sumber penelitian. Kini banyak situs resmi yang menyediakan data ilmiah berbagai sektor.

Kira-kira apa saja rekomendasi situs untuk cari data penelitian skripsi? Simak informasi berikut ini, ya!

Baca juga: Channel YouTube Berikut Bisa Bantu Kamu Selesaikan Skripsi

Daftar Situs Web untuk Cari Data Penelitian Skripsi

Situs Web Cari Data Penelitian Skripsi | Foto: Compare Fibre/Unsplash
info gambar

1. Indonesia Stock Exchange

Kawan mahasiswa sebaiknya mengunjungi situs web IDX untuk mendapatkan informasi terkait pasar modal, laporan keuangan perusahaan, data saham, dan lain sebagainya. Semua data akurat dan dapat dijadikan data sekunder penelitian skripsi.

Cara mencari data di IDX pun cukup mudah. Kawan hanya harus tahu kode saham perusahaan yang akan dicari. Bila tidak tahu, Kawan bisa mencari secara manual, tetapi memang mengorbankan waktu lebih lama.

2. Ina-Geoportal

Mahasiswa jurusan Geografi atau penelitian yang membutuhkan pemetaan, situs web Ina-Geoportal menyediakan data geografis Indonesia secara lengkap. Kawan bisa mengakses data ketinggian, batimetri, dan lain sebagainya.

Mengutip dari situs web Ina-Geoportal, pengguna dapat menikmati fitur analisis data, geoprocessing, geotagging, serta drag and drop data file dengan teknologi map-viewer berbasis opensource.

3. Badan Pusat Statistik

Situs Badan Pusat Statistik khusus menyediakan data statistik sosial kependudukan, wilayah, ekonomi, pertanian, pertambangan, dan lain sebagainya. Datayang tersedia dijamin akurat dan dapat berguna sebagai sekunder penelitian.

Melansir dari laman bps.go.id, peran Badan Pusat Statistik adalah menyediakan kebutuhan data bagi masyarakat dan pemerintah, membantu kegiatan statistik, dan lain-lain. Oleh karena itu, data dari situs ini tepat untuk Kawan jadikan bahan penelitian.

Baca juga: Bosan Hadapi Skripsi? Isi Kejenuhanmu dengan Aktivitas Ini!

4. KompasData

Butuh artikel atau berita lama? KompasData menyediakan artikel dan berita dari surat kabar lama khusus Harian Kompas sejak 1965.

Selain bentuk tulisan, Kompas Data turut menyediakan data dalam bentuk infografik, foto, buku, survei, hingga statistik. Data dan informasi berasal dari sumber kredibel yang dapat dipertanggungjawabkan.

5. Satu Data Indonesia

Pemerintah Indonesia melalui Satu Data Indonesia menyediakan situs berisi beragam data instansi pemerintahan. Tak perlu khawatir soal keasliannya, kebijakan mengenai Satu Data Indonesia telah diatur dalam Peraturan Presiden No. 39 Tahun 2019.

Semua data instansi pemerintahan berbagai sektor bisa Kawan akses secara gratis. Jangan lupa untuk mencantumkan sumbernya bila mengutip, ya!

6. Databoks Katadata

Portal berisi data statistik ekonomi dan bisnis, Databoks Katadata menampilkan grafik dalam bentuk visual yang semakin memudahkan Kawan menghimpun data.

Proses pencarian data dapat dilakukan dalam waktu singkat. Kawan cukup mengetikkan kata kunci di kolom pencarian, kemudian grafik bisa diunduh dalam pilihan format pdf atau png.

Baca juga: Rekomendasi 5 Situs Internasional sebagai Referensi Skripsi

7. Google Scholar

Butuh jurnal nasional hingga internasional? Melalui Google Scholar, Kawan bisa mengakses publikasi ilmiah dari berbagai negara dan bahasa.

Cukup ketik kata kunci penelitian serupa, Kawan bisa memilih jurnal dan mengutip data-datanya sebagai bahan skripsi secara gratis.

Itulah rekomendasi situs web untuk cari data penelitian skripsi. Jadi, tidak ada alasan lagi untuk menunda proses pembuatan skripsi. Tetap semangat, Kawan GNFI!

Referensi: Instagram | IDN Times

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

F
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini