The Last of Us Episode 2: Apa Sebenarnya yang Terjadi di Jakarta?

The Last of Us Episode 2: Apa Sebenarnya yang Terjadi di Jakarta?
info gambar utama

Jika pembaca mengikuti serial baru di HBO yang sedang menjadi buah bibir di mana-mana, maka ada sedikit kejutan di episode 2 yang tayang hari ini (23/1). The Last of Us diperankan oleh Pedro Pascal sebagai Joel. Kalau kita ingat, pada segmen pembukaan The Last of Us Episode 1, dia tampil bersama anak perempuannya, Sarah yang diperankan oleh Nico Parker. Mereka berdua terlibat perbincangan dengan Tommy yang diperankan oleh Gabriel Luna di dapur saat sarapan.

Kala itu, Joel, Sarah, dan Tommy sarapan sambil mendengarkan radio. Sebuah berita dibacakan oleh penyiar radio tersebut yang mengabarkan bahwa ada gangguan yang terus berlanjut di Jakarta. Episode 1 ini berlatar pada 2003. Tidak dijelaskan gangguan apa yang dimaksud, namun mengisyaratkan bahwa ada sesuatu yang buruk sedang terjadi di seluruh dunia.

Dan benar saja, di episode tersebut, bencana dahsyat terjadi kala wabah jamur yang menghinggapi manusia menyebabkan orang-orang menjadi zombie mengerikan yang menyebabkan begitu banyak kematian dan kerusakan.

Di Episode 2, sebelum kembali ke cerita Joel yang sedang berjuang di sebuah pusat karantina karena wabah jamur, penonton mendapatkan kilas balik yang mengerikan – kali ini, kita sebenarnya berada di Jakarta, dan akhirnya penonton bisa melihat, awal dari virus.

The Last of Us episode 2 dibuka di sebuah warung makan di Jakarta, Indonesia, bersetting tahun 2003, dan menyoroti asal-usul infeksi Cordyceps dengan cara yang mengubah cerita game. Pembukaan The Last of Us episode 2 berpusat pada Ibu Ratna yang makan siangnya diganggu oleh seorang perwira militer Indonesia. Ratna bekerja di Universitas Indonesia sebagai guru besar Mikologi, yaitu ilmu yang mempelajari tentang jamur.

Ibu Ratna kemudian dibawa oleh tentara ke fasilitas rahasia untuk memeriksa strain Cordyceps yang diambil dari manusia. Setelah menyatakan bahwa Cordyceps tidak dapat bertahan hidup pada manusia, Ratna memeriksa mayat seseorang yang terinfeksi jamur tersebut. Kemudian dijelaskan kepadanya bahwa mayat wanita itu terinfeksi oleh Cordyceps dan menggigit banyak pekerja lain yang tidak diketahui keberadaannya, menjelaskan lebih lanjut asal-usul virus di The Last of Us HBO setelah pengungkapan pemanasan global di episode 1.

Ibu Ratna, yang diperankan Christine Hakim, sedang memerika luka pada mayat | HBO
info gambar

Saat Ibu Ratna membuka lukanya, jamur merembes keluar seperti kapas yang tumbuh. Ketika dia memasukkan beberapa penjepit ke tenggorokannya, dia mengeluarkan sulur-sulur hidup dan menjalur keluar.

Ibu Ratna yang ketakutan segera berlari, dan kemudian dijelaskan oleh sang tentara, bahwa wabah Cordyceps berasal dari pabrik tepung dan biji-bijian di Jakarta, dengan jamur yang bermutasi mencemari tepung, yang dikirim ke seluruh dunia dan digunakan dalam berbagai produk. Dalam cerita tersebut, Jakarta disebutkan sebagai pusat pabrik tepung terbesar di dunia. Ibu Ratna bergumam dengan penuh ketakutan dan mengatakan itu adalah "substrat yang sempurna" - alias, tempat yang paling sempurna bagi wabah jamur untuk menutrisi dirinya sendiri dan menyebar ke semua orang.

“Seorang wanita normal, lalu tiba-tiba melakukan kekerasan, menyerang empat rekan kerja, menggigit mereka bertiga. Pekerja lain lalu menguncinya di kamar mandi, polisi datang, dan kemudian diserang juga oleh sang wanita, sebelum polisi menembaknya, ”kata sang tentara. Dan orang yang pertama kali menggigit wanita itu, masih berkeliaran.

"Apakah ada pekerja lain yang hilang?" ibu Ratna bertanya. “14,” jawab sang tentara.

Sang tentara kemudian meminta Ibu untuk membantu mereka, membuat vaksin. Jawaban bu Ratna mengejutkan, sekaligus mengerikan “Saya telah menghabiskan hidup saya mempelajari hal-hal ini, jadi tolong dengarkan baik-baik: tidak ada obat, tidak ada vaksin. Bom. Mulai pengeboman. Mengebom kota ini dan semua orang di dalamnya.”

Bu Ratna yang ketakutan | HBO
info gambar

Cerita pun kemudian beralih ke Boston tahun 2023, tempat Joel sang bintang utama, sedang berusaha menyelamatkan seorang gadis kecil yang dipercaya menjadi solusi bagi vaksin masa depan bagi wabah yang sudah menjangkiti bumi selama 20 tahun.

Entah apakah Jakarta akan muncul lagi di episode-episode The Last of Us setelah ini.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Akhyari Hananto lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Akhyari Hananto.

Terima kasih telah membaca sampai di sini