Mengunjungi 5 Museum di Universitas di Indonesia, Adakah Kampusmu?

Mengunjungi 5 Museum di Universitas di Indonesia, Adakah Kampusmu?
info gambar utama

Tahukah Kawan kalau sejumlah universitas di Indonesia memiliki museum? Kehadiran museum di universitas berfungsi sebagai dokumentasi perjuangan tiap perguruan tinggi sekaligus bentuk pengembangan pendidikan.

Melansir kebudayaan.kemdikbud.go.id, museum universitas merepresentasikan berbagai bidang, antara lain sejarah, pendidikan, bahasa, kesenian, dan antropologi. Museum universitas juga harus menghadirkan kolaborasi lingkungan kampus.

Tak hanya untuk mahasiswa dan dosen, museum universitas turut dibuka untuk masyarakat umum. Nah, sejumlah universitas di Indonesia ini telah menerapkannya, lho. Apa saja, ya?

1. Museum dan Galeri IPB Future

Peresmian Museum dan Galeri IPB Future | Foto: ipb.ac.id
info gambar

Institut Pertanian Bogor (IPB) University baru saja meresmikan Museum dan Galeri IPB Future, Kamis (12/1/2023). Museum ini menempati gedung yang mulanya bernama Wisma Landhuis di Kampus Dramaga IPB, Bogor, Jawa Barat.

"Museum dan Galeri Masa Depan IPB berarti menghormati masa lalu, kemudian merencanakan masa depan. Ini akan menjadi kekuatan bagi museum IPB University dan pembeda dari museum lainnya," ujar Rektor IPB University Arif Satria, dikutip dari ipb.ac.id.

Baca juga: Mahasiswa Wajib Baca! Perhatikan Hal Berikut Sebelum Masuk ke Dunia Organisasi Kampus

Museum dan Galeri IPB Future berisi sejarah terbentuknya IPB University. Pembangunan museum ini berdasarkan naskah dari Buku Sejarah IPB University.

Sekretaris Institut IPB University Aceng Hidayat menuturkan Museum dan Galeri IPB mendokumentasikan peran penting IPB University bagi kemajuan bangsa Indonesia.

"Museum ini menampilkan informasi kontribusi IPB University untuk Indonesia. Ada berbagai inovasi untuk bangsa dan kerja sama luar negeri, pembentukan dan perkuliahan pertama, proses pembentukan, pembentukan awal dan pesan-pesan dari Presiden Indonesia untuk IPB University," ujar Aceng Hidayat.

2. Museum UGM

Museum UGM | Foto: museum.ugm.ac.id
info gambar

Museum UGM berlokasi di Kompleks Perumahan Dosen, Bulaksumur No. D6 dan D7, Kampus Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Museum ini telah berdiri sejak 2013.

Mengunjungi museum ini, Kawan akan diajak melihat koleksi bukti bendawi dari sejarah kampus tersebut, mulai arsip, kliping koran, tanda jasa, perabotan, dan lain sebagainya. Secara keseluruhan, museum ini merangkum cerita, sejarah, dan memori UGM. Pada 2020, Museum UGM mendapatkan standardisasi kategori "B" dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Museum UGM buka setiap hari Senin—Jumat pukul 09.00—15.00 WIB. Tidak ada biaya masuk untuk masuk museum ini.

Baca juga: Museum Tsunami Aceh: Objek Wisata Pengingat Gempa dan Tsunami 2004

3. Museum Pendidikan Nasional

Museum Pendidikan Nasional | Foto: berita.upi.edu
info gambar

Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) juga memiliki museum di universitas bernama Museum Pendidikan Nasional (Museum Diknas). Peresmian museum ini bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional pada 2015.

Museum Pendidikan Nasional berisi koleksi sejarah perkembangan pendidikan di Indonesia. Selain itu, museum ini menampilkan peninggalan para pejuang Bandung Utara.

Hingga saat ini, Museum Pendidikan Nasional menyimpan 1.126 koleksi buku, 407 lukisan, 146 replika, dan 538 artefak. Bangunan museum terdiri dari lima lantai. Di lantai lima, pengunjung bisa menikmati keindahan pemandangan Kampus UPI dan Gunung Tangkuban Perahu dari ketinggian.

Museum Pendidikan Nasional berlokasi di Jl. Dr. Setiabudhi No. 229 Bandung 40154 Jawa Barat. Museum buka setiap hari Senin—Jumat pukul 09.00—15.00 WIB.

4. iMuseum IMERI FKUI

iMuseum IMERI | Foto: Kanya.ID
info gambar

Kawan ingin tahu lebih dalam mengenai kedokteran? Universitas Indonesia (UI) memiliki Indonesian Museum of Health and Medicine (iMuseum) yang berlokasi di Indonesian Medical Education and Research Institute (IMERI), Fakultas Kedokteran UI Salemba, Jakarta.

Baca juga: Bikin Merinding! Mengulik Museum "Kematian" di Kampus Ini!

Museum ini diresmikan pada 14 September 2017. Terdapat 5.000 koleksi yang dipamerkan berupa artefak, spesimen kedokteran, video, media directory, dan lain sebagainya.

Ada enam area di museum ini, yakni:

  • Medical Education Journey in Indonesia: kronologis pendidikan kedokteran di Indonesia
  • Health Education: informasi siklus kehidupan manusia
  • Medical Collection: spesimen kedokteran dan peralatan masa lampau
  • Lobby: informasi tentang DNA
  • Edutainment: informasi mengenai tubuh manusia
  • Etalase: alat laboratorium, alat bantu operasi, dsb.

iMuseum IMERI FKUI terletak di Jl. Salemba Raya No. 6, Jakarta 10430. Museum buka dari Selasa—Jumat pukul 09.00—15.00 WIB.

5. Museum Etnografi

Museum Etnografi | Foto: Bastian Ragas/news.unair.ac.id
info gambar

Museum di Universitas Airlangga tak kalah menarik. Memasuki kawasan Museum Etnografi, Kawan akan merasakan suasana bak rumah hantu. Jangan heran, museum ini memang bertemakan kematian.

Museum Etnografi berisi adat-adat pemakaman di setiap daerah Indonesia. Pengunjung akan dilihatkan tahapan pemakaman tersebut, mulai dari dikuburkan hingga tulang belulang.

Museum Etnografi berdiri sejak 25 September 2005, tetapi baru dibuka untuk umum pada 2017. Letaknya di Kampus B Universitas Airlangga, Jl. Dharmawangsa Dalam, Kecamatan Gubeng, Surabaya Jawa Timur. Museum buka setiap hari Senin—Jumat pukul 10.00—16.00 WIB.

Nah, itulah sejumlah museum di universitas di Indonesia. Masih banyak museum lain milik universitas di Indonesia. Perkembangan museum di universitas diharapkan semakin memajukan pendidikan Indonesia.

Adakah museum di universitas Kawan GNFI?

Referensi:Kompas.id | Travelingyuk.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

F
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini