Mengharukan! Inilah Deretan Film Pendek Indonesia Tentang Ayah

Mengharukan! Inilah Deretan Film Pendek Indonesia Tentang Ayah
info gambar utama

Kawan sudah punya daftar film untuk ditonton akhir pekan? Bila belum, Kawan harus simak rekomendasi film pendek Indonesia tentang ayah yang mengharukan nan inspiratif.

Peran ayah sama pentingnya dengan ibu. Pengorbanan dan kasih sayang seorang ayah juga tak kalah besar. Memang, kebanyakan ayah cenderung cuek dan seakan tidak peduli. Namun, mereka hanya kurang leluasa menyampaikan perasaannya. Namun di balik itu, terdapat rasa sayang yang besar terhadap anak dan keluarga.

Beberapa film pendek berikut ini turut menggambarkan kasih sayang seorang ayah. Tentu banyak pesan yang dapat kita ambil. Kira-kira apa saja, ya, rekomendasi film pendek Indonesia tentang ayah?

Daftar Film Pendek Indonesia Tentang Ayah

1. Memorabilia

Film pendek berdurasi 15 menit ini menceritakan perjuangan seorang bapak yang merangkap peran seorang ibu.

Meski berprofesi sebagai badut jalanan, sang bapak memiliki harapan tinggi untuk anaknya, Annisa. Ia bekerja keras agar Annisa bisa meraih gelar sarjana dan memiliki kehidupan lebih baik dari dirinya.

Film ini memberikan pesan arti perjuangan dan kasih sayang seorang ayah agar sang anak bisa hidup layak dan melebihi dirinya sendiri. Memorabilia dipersembahkan oleh Galeri24 dan dibintangi oleh Rukman Rosadi, Sheryl Drisanna, Laras Sardi, dan Ruth Marini.

Baca juga : Deretan Film Indonesia Berlatar Kehidupan Kampus, Adakah Kampusmu?

2. Mana Janji Ayah

Mana Janji Ayah adalah karya Eka Gustiwana dan Koharo. Film pendek ini menceritakan seorang anak dari sopir bajaj yang malu karena hidup serba kekurangan. Sang anak kerap diejek oleh teman-temannya sehingga ia pun mulai membenci ayahnya.

Sementara itu, ayahnya bekerja keras untuk mewujudkan keinginan anaknya. Sang ayah bahkan rela menjual barang-barang di rumah untuk menyenangkan hati anaknya.

Tak banyak dialog dari film pendek berdurasi 8 menit ini. Kawan akan dibawa masuk ke alur cerita melalui alunan musik yang digubah Eka Gustiwana. Dijamin buat terharu!

3. Dari Gea untuk Bapak

Selain Mana Janji Ayah, film pendek tentang ayah lain yang diproduksi Eka Gustiwana berjudul Dari Gea untuk Bapak. Cerita dibuat dari sudut pandang Gea yang menulis surat untuk bapaknya.

Sang bapak dikisahkan sebagai seorang ojek online yang bekerja keras mencari nafkah untuk Gea. Meski kekurangan, sang bapak tak pernah berhenti bersyukur dan selalu membantu orang lain.

Lagi-lagi, meski tak menggunakan banyak dialog, pengambilan gambar dan alunan musiknya mampu menyampaikan banyak makna. Film pendek sederhana nan menyentuh ini cocok jadi daftar tontonan akhir pekan!

Baca juga: Kisah Teladan Bung Hatta sebagai Ayah dalam Kenangan Anak-anaknya

4. We

Film pendek We diproduseri oleh Juang Manyala dan dibintangi oleh pemeran ternama Indonesia. We menceritakan Adin (Rachel Amanda) yang lolos ke universitas impiannya. Bapak (Teuku Rifnu Wikana) dan Ibu (Riny Hamid) nampak antusias, tetapi bimbang karena anak tercintanya harus merantau ke kota.

Meski terkesan cuek, sang bapak rupanya menyimpan kesedihan dan kekhawatiran akan anaknya. Namun, ia tetap melepas Adin diiringi doa dan harapan agar kelak sukses di masa depan.

Film pendek berdurasi 13 menit ini akan memperlihatkan seorang ayah yang menyimpan kasih sayang besar meski tak terlihat. Film ini diadaptasi dari judul lagu berjudul sama karya Jung Manyala ft. Cholil Mahmud dan Gardika Gigih.

Baca juga: Inilah 10 Film Terbaik di Asia 2022 Menurut NME

Itulah rekomendasi film pendek Indonesia tentang ayah yang wajib Kawan masukan daftar tontonan. Sudah sepatutnya kita menyadari kasih sayang seorang ayah dan membalas cintanya. Tak perlu mewah, bahkan hal sederhana pun akan membuat seorang ayah bahagia.

Jadi, Kawan ingin menonton yang mana?

Referensi:IDN Times

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

F
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini