Wisata Pantan Terong di Takengon Aceh: Kedamaian Negeri Atas Awan Dataran Tanah Gayo

Wisata Pantan Terong di Takengon Aceh: Kedamaian Negeri Atas Awan Dataran Tanah Gayo
info gambar utama

Pantan Terong merupakan salah satu wisata Aceh yang berada di Dataran Tinggi Tanoh Gayo Takengon kampung Ulu Nuih Kecamatan Bebesen Kabupaten Aceh Tengah. Bukit ini menjadi destinasi para wisatawan lokal maupun mancanegara untuk menikmati keindahan Aceh Tengah dari dataran tinggi.

Tempat ini berada pada ketinggian lebih dari 1.803 meter di atas permukaan laut (MDPL), jika ditempuh menggunakan kendaraan bermotor dari pusat kota hanya memakan waktu kurang lebih 20 menit saja.

Keindahan Lanskap dari Atas Bukit Tanah Gayo

Pantan Terong aceh
info gambar

Dari ketinggian Pantan Terong, Kawan dapat menyaksikan lanskap Kota Takengon dengan bangunan yang tampak kecil dari atas. Bukan hanya itu, pesona Danau Laut Tawar dengan air yang biru bersih dengan hamparan sawah hijau yang terbentang juga akan tampak dengan hamparan bukit yang indah mengelilingi.

Bukan hanya itu, dari ketinggian tempat wisata Aceh yang cukup dingin ini Kawan bisa melihat lapangan Pacuan Kuda Belang Bebangka di Kecamatan Pegasing serta bandar udara Rembele di Simpang Tiga Redelong. Sungguh, ini akan menjadi pengalaman seru dan menyenangkan saat melihat keindahan semesta yang Tuhan hadirkan di Tanah Gayo ini.

Bagi Kawan yang beruntung, biasanya saat musim hujan awan akan menyelimuti pusat kota bak negeri di atas awan yang sangat memanjakan mata. Wisata Aceh satu ini juga menjadi pusat berburunya sunset dan sunrise yang tidak diragukan lagi keindahannya, karena sangat memukau dan membuat para wisatawan menjuluki tempat ini sebagai 'serpihan tanah surga'.

Baca juga: Laga Kuda Joki Cilik di Dataran Tinggi Gayo

Menjelajahi Kawasan Ekowisata Pantan Terong

wisata aceh -pantan terong takengon aceh
info gambar

Selama diperjalanan menuju puncak, Kawan akan hanyut dalam suasana perjalanan yang sangat indah dan asri. Pohon pinus yang membuat suasana menjadi sangat memukau dan memesona ingin segera sampai hingga sampai ke puncak.

Selama diperjalanan Kawan akan melihat aneka tumbuhan seperti perkebunan kopi, buah-buahan dan sayuran akan ditemukan disepanjang perjalanan menuju puncak Pantan Terong. Bahkan, pemandangan petani sedang memanen hasil kebun mereka juga bisa menjadi bidikan human interest bagi pecinta fotografi.

Lokasi ini dijadikan lahan perkebunan, karena akses lokasi ini mudah dan didukung dengan kondisi alam yang memungkinkan untuk pengembangan tanaman palawija seperti sayur-mayur dan buah-buahan.

Menyesap Nikmatnya Kopi Arabika di Antara Rerimbunan Hutan Pinus

Pantan Terong Takengon Aceh
info gambar

Setelah sampai di puncak, sambil menikmati panorama alam Kawan bisa menikmati sajian kopi arabika asli Tanah Gayo yang hangat yang dapat di wisata Aceh ini. Kopi gayo merupakan salah satu kopi dengan keunggulan terbaik dari dataran tinggi Gayo, Aceh Tengah.

Bahkan karena kualitasnya, Kopi Gayo sudah diakui oleh dunia sebagai kopi terbaik melalui sertifikat resmi pada tahun 2010 lalu. Kopi Gayo memiliki cita rasa yang unik dan terasa sangat pas di lidah.

Pasalnya, menurut informasi ketinggian perkebunan Kopi Gayo menentukan rasa dari kopi ini sendiri sehingga Kopi Gayo memiliki beberapa jenis yang bisa Kawan nikmati.

Bukan hanya untuk dinikmati di sana saja, tapi Kawan juga bisa membeli Kopi Gayo sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Baca juga: Lupakan Tambang Emas, Kopi Arabika Gayo yang Membuat Masyarakat Bangga

Fasilitas di Pantan Terong

fasilitas pantan terong
info gambar

Untuk fasilitas di Pantan Terong sendiri bisa dikatakan cukup lengkap. Sudah ada kedai dan beberapa kafe untuk menikmati aneka makanan dan minuman, jika beruntung Kawan bisa mendapat makanan khas Aceh atau oleh-oleh khas Aceh untuk dibawa pulang.

Ditambah lagi, ada berbagai fasilitas seperti tempat ibadah dan kamar mandi. Termasuk juga beragam spot foto buatan untuk menambah koleksi foto-foto instagrammable di balik latar Dataran Tinggi Gayo. Adalah pilihan tepat untuk mengabadikan keindahan lanskap di Pantan Terong sekaligus hunting foto estetik agar kehadiran Kawan di tempat ini menjadi pengalaman tak terlupakan.

Bagi Kawan yang ingin bersantai, di sini juga tersedia tempat duduk untuk bersantai sambil menikmati suasana alam yang begitu asri. Jangan lupa untuk membawa jaket ya, karena suhu di sini begitu dingin.

Baca juga: Museum Aceh: Wisata Sejarah Etnografi Budaya dan Sejarah Aceh Era Hindia-Belanda

Sumber:

ppid.acehtengahkab.go.id | direktoripariwisata.id

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Deka Noverma lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Deka Noverma.

DN
RP
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini