Mengenal Christine Hakim, Aktris Indonesia di The Last of Us

Mengenal Christine Hakim, Aktris Indonesia di The Last of Us
info gambar utama

Kawan sudah menonton serial film The Last of Us yang sedang trending beberapa hari ini? Serial ini langsung menjadi perbincangan karena mengambil latar belakang Indonesia dan turut diperankan oleh aktor dan aktris Indonesia, yakni Christine Hakim dan Yayu Unru.

Serial film The Last of Us mengisahkan petualangan Joel (Pedro Pasca) dan Ellie (Bella Ramsey) di kehidupan manusia, setelah kejadian meledaknya wabah virus karena jamur Cordyceps. Diketahui, jamur ini mampu mengubah manusia menjadi zombi. Serial ini diadaptasi dari video game dengan judul yang sama.

Dalam serial tersebut, Christine Hakim berperan sebagai Ibu Ratna, seorang pakar mikologi. Ia menemukan infeksi oleh jamur Cordyceps ketika mengidentifikasi sesosok mayat. Ratna pun menyarankan perwira militer (Yayu Unru) untuk mengebom Kota Jakarta.

Kemunculan Christine Hakim di adegan pembuka serial tersebut sempat menjadi trending di media sosial Twitter. Warganet pun banyak yang memuji kehebatan aktingnya.

Christine Hakim merupakan aktris senior Indonesia yang telah menjalani karier berakting cukup panjang sejak 90-an. Berkat kepiawannya dalam berakting, sejumlah penghargaan pun berhasil ia raih.

Baca juga: Raden Topo Wresniwiro, Aktor Keturunan Indonesia di Film Doctor Strange

Penasaran dengan sosok Christine Hakim? Simak informasi berikut ini, ya!

Profil Christine Hakim

Christine Hakim di The Last of Us | Foto: @tentpolez/Twitter
info gambar

Bernama lengkap Herlina Christine Natalia Hakim lebih dikenal Christine Hakim. Ia merupakan aktris keturunan Aceh dan Minangkabau, tetapi besar di Yogyakarta. Christine Hakim kelahiran Kuala Tungkal, Jambi, 25 Desember 1956.

Ia sebenarnya bercita-cita menjadi seorang arsitek atau psikolog. Namun, sutradara film legendaris Teguh Karya menariknya berperan di film Cinta Pertama pada 1973. Berkat peran itu, Christine meraih penghargaan Piala Citra untuk Pemeran Utama Wanita Terbaik. Ia semakin mantap berkarier di dunia seni peran.

Hingga saat ini, Christine terhitung telah membintangi puluhan peran, terdiri dari film, serial web, dan sinetron. Ia paling banyak berperan dalam film. Sejumlah film yang telah diperankan Christine Hakim, antara lain Badai Pasti Berlalu (1977), Tjoet Nja’ Dhien (1988), dan Perempuan Tanah Jahanam (2019).

Selain film buatan Indonesia, Christine pun berperan dalam film luar negeri, antara lain Sleeping Man (1996), Eat Pray Love (2010), dan terakhir The Last of Us (2023).

Baca juga: Mengharukan! Inilah Deretan Film Pendek Indonesia Tentang Ayah

Tak hanya berperan, Christine melebarkan sayap sebagai produser film Daun di Atas Bantal (1997) dan Pasir Berbisik (2000). Ia juga memproduksi film dokumenter tentang situs warisan dunia UNESCO di Indonesia, autisme, dan orang Dayak Kalimantan.

Christine Hakim turut aktif dalam kegiatan sosial. Ia mendirikan Christine Hakim Foundation, yayasan autisme. Pada 2008, Christine terpilih sebagai Duta Indonesia untuk UNESCO yang fokus terhadap masalah pendidikan.

Penghargaan Christine Hakim

Berkarier lama di dunia seni peran, Christine Hakim memperoleh banyak penghargaan hingga menorehkan rekor Festival Film Indonesia. Christine merupakan peraih termuda Piala Citra Aktris Terbaik, peraih kemenangan terbanyak Piala Citra Aktris Terbaik, dan peraih kemenangan terbanyak Piala Citra Aktris Pendukung Terbaik.

Sejumlah penghargaan yang berhasil didapat Christine Hakim, antara lain Pemeran Utama Wanita Terpuji Film Bioskop Festival Film Bandung pada 1989 dan 2022, Penghargaan Seumur Hidup Festival Film Indonesia, Aktris Pendukung Pilihan Tempo Festival Film Tempo 2019, serta Pemeran Pendukung Wanita Terbaik Indonesian Movie Actors Awards 2018 dan 2020.

Ia juga meraih penghargaan internasional atas film yang diproduseri, yakni Daun di Atas Bantal sebagai Best Film dan Best Actress dalam Asia-Pacific Film Festival 1998.

Baca juga: Aktris Indonesia Raih Penghargaan di Amerika Latin

Itulah sekilas informasi mengenai sosok Christine Hakim yang sedang membanggakan Indonesia di dunia film internasional. Semoga perjalanan kariernya mampu memotivasi Kawan untuk tidak menyerah meraih mimpi, ya! Tetap semangat, Kawan GNFI!

Referensi: Kompas.com | Wikipedia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan. Artikel ini dilengkapi fitur Wikipedia Preview, kerjasama Wikimedia Foundation dan Good News From Indonesia.

F
GI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini