8 Hal Ini Cuma Ada di Indonesia, Bikin Bule Geleng-Geleng!

8 Hal Ini Cuma Ada di Indonesia, Bikin Bule Geleng-Geleng!
info gambar utama

Setiap bangsa memang punya ciri khas dan kebiasaannya masing-masing. Ini dipengaruhi oleh kultur budaya yang berbeda di setiap tempat. Sebagai warga Indonesia, banyak hal yang mungkin kita anggap wajar, tetapi ternyata aneh di mata orang asing.

Kalau Kawan mengikuti perkembangan TikTok, beberapa kali kamu akan menemui bule yang membagikan video tentang keheranannya saat berada di Indonesia. Tak jarang juga hal-hal yang cuma ada di Indonesia berikut ini bikin mereka geleng-geleng kepala!

1. Jualan Makanan Pakai Motor

bakso motor
info gambar

Pengguna TikTok @beckslysons dibuat heran saat berlibur ke Bali. Dalam video yang dibagikannya, dia terkejut melihat tukang bakso keliling yang membawa dagangannya menggunakan sepeda motor.

Bule itu menyebut apa yang dilihatnya sebagai kitchen on a motorbike (‘dapur di atas sepeda motor’). Wah, mungkin karena yang terlihat ada panci panas berisi kuah bakso, ya!

2. Kerokan

Apa pun gejala sakitnya, kerokan adalah solusinya. Namun, kebiasaan ini ternyata sangat aneh menurut orang asing. Mereka menganggap metode penyembuhan turun-temurun asal Indonesia ini sebagai hal yang mengerikan.

Namun, tidak sedikit bule yang telah lama tinggal di Indonesia pada akhirnya juga menjajal kerokan untuk menyembuhkan badan. Kalau kamu gimana, Kawan? Sering kerokan?

3. Jongkok

Hal yang satu ini bisa Kawan manfaatkan untuk beradu kekuatan dengan para bule. Soalnya, kebanyakan orang asing sulit melakukan gerakan jongkok, lo!

Faktor postur tubuh yang rata-rata lebih besar dan tinggi serta tidak dilakukan dalam kehidupan sehari-hari membuat orang bule tidak terbiasa jongkok.

Baca Juga: 12 Kebiasaan Normal Orang Indonesia yang Dianggap Kasar di Luar Negeri

4. Kepo

orang Indonesia kepo
info gambar

Hal berikutnya ini menjadi kebiasaan orang Indonesia yang cenderung negatif di mata orang asing. Bahasa gaul kepo dalam KBBI diartikan sebagai rasa ingin tahu yang berlebihan tentang kepentingan atau urusan orang lain.

Nah, kepo yang dalam anggapan kebanyakan orang Indonesia sebagai bentuk keramahan ternyata cukup mengganggu orang Asing! Bagaimana pendapatmu tentang ini, Kawan?

5. Sakit Masuk Angin

Saat perut kembung menyerang, orang Indonesia kebanyakan akan menyebutnya sebagai sakit "masuk angin". Perut kembung dan rasa tidak enak badan sering kali dianggap karena terpapar udara dan hembusan angin yang dingin.

Akan tetapi, istilah kemasukan angin ini ternyata tidak pernah ditemui oleh orang asing. Mereka pun di negara asalnya sudah sangat terbiasa dengan udara dingin.

6. Harus Makan Pakai Sambal

sambal indonesia
info gambar

Soal lidah, tiap orang punya seleranya masing-masing. Kalau di Indonesia, sambal pedas seakan wajib tersedia di meja makan. Namun berbeda dengan orang Indonesia yang umumnya penyuka makanan pedas, orang bule kebanyakan tidak tahan dengan rasa pedas.

7. Tisu Toilet di Meja Makan

Hal yang cuma ada di Indonesia berikutnya ini cukup membuat orang asing terheran-heran. Itu adalah keberadaan tisu toilet di meja makan.

Tisu-tisu roll tersebut kerap disediakan pemilik warung di meja-meja. Padahal, di luar negeri, tisu seperti itu digunakan untuk cebok. Mungkin karena di Indonesia tisu toilet jarang digunakan jadi pemakaiannya untuk tisu makan menjadi hal yang biasa, ya!

8. Toilet Spray

Orang asing terbiasa cebok menggunakan tisu toilet. Namun bagi orang Indonesia, hal ini kurang higienis. Alih-alih tisu, hampir semua toilet di Indonesia memiliki toilet spray untuk membersihkan diri.

Nah, kebiasaan ini ternyata mulai dilirik oleh orang asing di Eropa. Di sana, penggunaan tisu toilet untuk cebok baru-baru ini mulai digantikan dengan toilet spray karena dianggap lebih bersih.

Baca Juga: 5 Produk Unik yang Tercipta saat Pandemi COVID-19, Berguna Banget!

Itulah beberapa hal-hal yang cuma ada di Indonesia yang ternyata cukup aneh menurut orang asing. Kalau itu adalah hal yang baik, maka pertahankan. Kalau itu hal yang buruk, maka harus mulai ditinggalkan, ya, Kawan!

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

FI
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini