15 Oleh-oleh Khas Malang: Jajanan Kekinian sampai Kerajinan Tangan

15 Oleh-oleh Khas Malang: Jajanan Kekinian sampai Kerajinan Tangan
info gambar utama

Eksotisme Kota Malang membuat kota ini mendapatkan berbagai macam julukan seperti Kota Bunga, Kota Pendidikan, dan Kota Wisata. Malang juga dikenal sebagai tempat wisatanya yang melimpah seperti Jatim Park, Coban Rondo, dan wisata alam lainnya yang memanjakan mata.

Jika Kawan mengunjungi tempat wisata di Malang, jangan lupa membawa oleh-oleh untuk dibawa pulang. Berikut ini adalah rekomendasi oleh-oleh khas Malang yang populer dari makanan hingga kerajinan tangan.

1. Malang Strudel

oleh-oleh khas Malang
info gambar

Oleh-oleh khas Malang kekinian yang saat ini menjadi incaran para wisatawan yang pertama adalah Malang strudel. Makanan ini merupakan kue pastry dari Austria yang berbahan dasar tepung. Selain itu, kue ini juga memiliki varian beragam, mulai dari pastry hingga dessert box beraneka rasa. Tentunya tidak membosankan dan memiliki banyak pilihan untuk dibawa pulang.

2. Keripik Ceker

oleh-oleh khas Malang
info gambar

Ceker biasanya menjadi santapan sebagai campuran mie ayam atau bakso. Namun, oleh-oleh khas Malang ini memberikan nuansa berbeda dengan mengolah ceker menjadi keripik. Sebagaimana keripik pada umumnya, tekstur dari makanan ini kriuk dan gurih. Namun, yang membedakan adalah bahan bakunya. Kulit ceker akan menambah rasa gurih pada makanan ini.

Baca juga: 8 Oleh-Oleh Khas Sragen Favorit Wisatawan: Andalan Wisata Kuliner Daerahnya!

3. Keripik Buah

oleh-oleh khas Malang
info gambar

Selanjutnya, oleh-oleh khas Malang yang tidak pernah luput menjadi buah tangan ketika berkunjung ke Malang adalah keripik buah. Malang adalah kota yang subur ditanami berbagai buah. Buah yang biasa diolah menjadi keripik di Malang adalah buah melon, rambutan, salak, apel, mangga, semangka, dan kelengkeng.

Keripik buah khas Malang ini memiliki tekstur yang renyah dan cita rasa yang masih membawa rasa asli dari buah tersebut. Selain itu, bagi Kawan bisa membeli keripik buah ini dengan harga yang terjangkau di Malang.

4. Pia Mangkok

oleh-oleh khas Malang
info gambar

Disebut pia mangkok karena makanan ini mempunyai cap berbentuk mangkok. Hal itu merupakan branding yang unik untuk makanan yang memiliki kemiripan dengan bakpia ini. Meskipun demikian, pia mangkok ini menjadi oleh-oleh khas Malang yang mempunyai banyak penggemar.

Teksturnya empuk dan punya ciri khas tersendiri, yaitu kulit yang cukup renyah. Selain itu pia mangkok ini sudah dikemas dengan cukup baik. Tentunya memudahkan para wisatawan yang ingin oleh-oleh yang praktis.

5. Carang Mas Apel

Oleh-Oleh Malang
info gambar

Selanjutnya ada carang mas apel. Makanan berbahan dasar apel ini merupakan usaha rumahan yang banyak berkembang di Malang. Makanan campuran antara apel dan gula ini tentu memiliki rasa yang manis. Bahkan rasa apel yang ada di carang mas ini terasa kuat dan segar yang membedakannya dengan carang mas dari bahan lain.

6. Coklat Tempe

Oleh-Oleh Malang
info gambar

Selama ini, tempe selalu diolah dengan cara digoreng, dibacem, atau dibuat mendoan. Namun, di tangan warga Malang, tempe bisa menjadi makanan yang cukup unik yaitu cokelat. Coklat tempe ini diberi nama deKonco dan memiliki rasa yang khas.

Perpaduan makanan tradisional dan modern ini membuat coklat tempe ini unik. Hal itu kemudian dapat menarik perhatian para wisatawan Malang yang ingin mencari buah tangan.

Baca juga: Rekomendasi 10 Oleh-oleh Khas Jember Jawa Timur yang Cocok untuk Semua Umur

7. Sari Apel

Oleh-Oleh Malang
info gambar

Apel Malang selama ini memang selalu menjadi favorit banyak orang. Malang sangat khas dengan apel dengan berbagai olahan yang tidak pernah luput dari incaran para wisatawan. Salah satu olahan buah apel yang juga banyak dicari adalah sari apel. Oleh-oleh khas Malang satu ini diproduksi dengan mengambil sari dari buah apel untuk dijadikan minuman.

8. Bakpao Telo

Oleh-Oleh Malang
info gambar

Oleh-oleh khas Malang selanjutnya yang perlu Kawan beli untuk buah tangan keluarga di rumah adalah bakpao telo. Makanan ini merupakan inovasi dari bakpao yang dibuat bahan dasarnya menjadi bahan dasar ubi jalar atau ubi ungu yang banyak dibudidayakan di Malang. Selain itu, bakpao telo ini juga bisa dibeli dengan harga yang murah.

9. Ledre Pisang Bangka

Oleh-Oleh Malang
info gambar

Ledre adalah makanan berbentuk tipis yang memiliki tekstur renyah. Di Malang, ledre ini berbahan dasar pisang. Oleh-oleh khas Malang ini memiliki rasa yang renyah dan gurih dan cocok untuk dijadikan camilan. Ledre pisang bangka ini juga memiliki kemasan yang cukup bagus sehingga sangat tepat untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

10. Jenang Apel

Oleh-Oleh Malang
info gambar

Apel masih menduduki posisi pertama sebagai makanan yang dipakai untuk oleh-oleh khas Malang. Kali ini apel diolah menjadi jenang. Jenang khas Malang ini tentu memiliki rasa yang berbeda dan unik karena kuatnya cita rasa buah apel. Oleh karena itu, makanan ini sampai sekarang masih menjadi favorit banyak orang.

Selain buah apel yang hanya diambil sarinya, kulit apel juga bisa diolah untuk menjadi selai. Apel yang digunakan sebagai bahan dasar jenang ini berasal dari buah pilihan dengan tingkat kematangan yang pas. Jenang apel ini memiliki rasa yang lezat dan termasuk dalam kelompok makanan sehat.

11. Keramik Dinoyo

Oleh-Oleh Malang kerajinan
info gambar

Beralih dari makanan, oleh-oleh Malang selain makanan yang bisa Kawan bawa pulang adalah kerajinan keramik khas Dinoyo yang sangat bervariasi. Kerajinan keramik ini bahkan berpusat di kampung yang sudah diresmikan menjadi kampung wisata pada tahun 2010 lalu. Keramik yang bervariasi cocok bagi para penyuka barang-barang koleksi karena benda-benda ini umumnya dipakai sebagai pajangan.

12. Kaos Malangan

Oleh-Oleh Malang kerajinan dan kaus
info gambar

Jika Kawan menginginkan oleh-oleh yang praktis dan bisa dipakai di badan, maka kaos khas Malang ini bisa menjadi solusinya. Oleh-oleh Malang kekinian ini adalah pilihan bagi generasi muda yang ingin mencoba kualitas produksi kaos dari Kota Malang. Kaos Malangan umumnya juga lekat dengan simbol daerah atau kata-kata khas dialek Jawa Malangan atau bahasa walikan.

13. Batik Khas Kota Malang

oleh-oleh malang - batik khas malang
info gambar

Seperti halnya kota-kota lain di Indonesia, Malang juga memiliki batik khas yang bisa dibawa pulang oleh wisatawan. Batik khas Kota Malang ini mempunyai ciri khas warna yang cerah dengan motif khas berbentuk bunga teratai dan Malangkucecwara (semboyan Pemkot Malang).

Batik Malang atau yang juga dikenal sebagai batik Malangan ini juga memiliki berbagai macam motif seperti motif tugu, rambut singa putih, dan lain sebagainya.

Baca juga: 5 Motif Batik Jawa Timur dan Arti Filosofis yang Terkandung di dalamnya

14. Kerajinan Bambu

oleh-oleh malang - kerajinan bambu khas malang
info gambar

Selanjutnya, Malang juga memiliki kerajinan lain yang unik yaitu kerajinan bambu. Kerajinan bambu ini terpusat di Desa Sanankerto karena memiliki potensi bambu yang banyak tumbuh di daerah setempat. Kerajinan bambu ini meliputi asbak, gantungan kunci, hingga kaligrafi dengan harga lumayan terjangkau.

15. Topeng Malangan

oleh-oleh malang - kerajinan bambu khas malang
info gambar

Terakhir, oleh-oleh khas Malang yang cocok untuk dibawa buah tangan dan memiliki unsur kedekatan dengan warisan budaya adalah topeng Malangan. Topeng ini merupakan bentuk implementasi dari kebudayaan seni lokal.

Topeng Malangan ini juga terdiri dari bentuk mata, hidung, bibir, warna, dan ukiran. Adapun warna yang ada pada topeng tersebut adalah putih, hijau, dan kuning. Semua warna yang ada pada topeng Malangan itu juga memiliki makna dan simbol masing-masing.

Baca juga: 6 Oleh-Oleh Khas Lamongan Terbaik Khas Kota Soto

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Farih Fanani lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Farih Fanani.

MF
RP
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini