5 Fakta Gunung Sinabung yang Mungkin Belum Kamu Tahu

5 Fakta Gunung Sinabung yang Mungkin Belum Kamu Tahu
info gambar utama

Gunung Sinabung adalah gunung api teraktif di Indonesia setinggi 2.451 mdpl yang terletak di Dataran Tinggi Karo, Kabupaten Karo, Sumatra Utara, Indonesia. Gunung ini sama aktifnya dengan Gunung Sibayak Sumut dan merupakan gunung tertinggi ke-2 setelah Gunung Sibuatan (Sumut).

Terlepas dari status gunungnya yang aktif, Gunung Sinabung memiliki berbagai fakta menarik yang mungkin belum kamu tahu. Apa saja fakta-fakta itu?

1. Tidak Pernah Meletus Sejak Tahun 1.600

Gunung Sinabung Saat Erupsi
info gambar

Sebetulnya, Gunung Sinabung tidak pernah meletus sejak tahun 1.600. Gunung ini terakhir kali dianggap meletus pada tahun 800. Namun, pada 27 Agustus 2010, gunung ini tiba-tiba aktif dan mengeluarkan asap dan abu vulkanik.

Dua hari setelahnya, gunung ini pun mengeluarkan lava sehingga pemerintah pun menaikkan status gunung ini menjadi Awas. Sejak peristiwa itu, Gunung Sinabung sering erupsi dan dianggap sebagai gunung paling aktif di Indonesia.

Terakhir, gunung ini erupsi pada 3 Januari 2021 lalu. Saat itu, gunung ini melontarkan kolom abu setinggi 500 ke arah langit. Menanggapi hal tersebut, warga setempat dan wisatawan yang berada dalam 3-5 kilometer dari gunung ini diminta untuk tidak beraktivitas di luar ruangan.

Dua bulan setelah peristiwa itu, Gunung Sinabung mengalami erupsi dengan tinggi kolom abu melebihi 5 ribu meter, serta angin lemah yang cenderung ke arah barat daya. Kondisi tersebut membuat beberapa desa di relokasi dan masyarakat dilarang beraktivitas di dekat desa-desa itu.

Baca juga: Pendakian Gunung Lawu via Candi Cetho: Estimasi Perjalanan dan Rute

2. Tercatat Sebagai Gunung dengan Erupsi Paling Lama

Erupsi Gunung Sinabung
info gambar

Dari sekian gunung aktif yang ada, Gunung Sinabung dianggap sebagai gunung dengan erupsi paling lama. Erupsi terlama gunung ini terjadi pada September 2013 hingga akhir Januari 2014. Erupsi yang lama itu sempat membuat kota Medan yang berjarak 80 km dari Gunung Sinabung terkena hujan abu vulkanik, serta membuat Gunung Sinabung masuk Status Level IV (Awas).

3. Memiliki Danau yang Tidak Kalah Indah Dibanding Danau Toba

Panorama Danau Lau Kawar yang ada di dekat Gunung Sinabung
info gambar

Dibalik statusnya yang aktif, Gunung Sinabung rupanya menyimpan sebuah danau yang tidak kalah indah dibanding Danau Toba, yaitu Danau Lau Kawar. Danau dengan luas sekitar 500 hektar ini memiliki iklim yang sejuk dan mempunyai pemandangan di sekitar danau yang indah. Sebelum Gunung Sinabung meletus, danau ini dulunya pernah ditanami bunga anggrek yang membuat danau ini semakin indah.

Ada beberapa pantangan yang harus dituruti jika ingin ke danau ini, beberapa diantaranya dilarang berbuat maksiat dan berkata kotor. Jika dilanggar, penunggu danau ini akan marah dan menimbulkan badai secara tiba-tiba.

Baca juga: Gunung Slamet: Fakta Sains, Flora Fauna, dan Tujuan Pendakian di Indonesia

4. Hanya Memiliki Satu Jalur Pendakian

Pendaki di Gunung Sinabung
info gambar

Sebetulnya, Gunung Sinabung memiliki banyak jalur pendakian. Semenjak Gunung Sinabung sering erupsi, jalur pendakian ini pun kini tinggal menyisakan satu saja, yaitu jalur Lau Kawar. Pada jalur ini, pendaki akan melewati indahnya Danau Lau Kawar sebelum akhirnya sampai ke Gunung Sinabung. Pendaki bisa berkemah sejenak di sekitar area danau itu sebelum melanjutkan pendakian.

5. Sempat Masuk Dokumenter Karya Werner Herzog

Dampak Gunung Sinabung
info gambar

Pada 2016, Gunung Sinabung ditampilkan dalam sebuah dokumenter bertajuk Into the Inferno (2016). Dokumenter karya Werner Herzog itu menggambarkan perjalanan Herzog bersama rekannya yang mengunjungi berbagai gunung vulkanik di dunia, termasuk Gunung Sinabung. Film ini tayang perdana di Festival Film Telluride pada 3 September 2016 kemarin, serta resmi ditayangkan di Netflix pada 28 Oktober 2016.

Baca juga: Gunung Sindoro: Potret Keindahan Alam yang Menakjubkan di Jawa Tengah

Referensi:

https://id.wikipedia.org/wiki/Gunung_Sinabung

https://phinemo.com/fakta-fakta-gunung-sinabung/

https://www.merdeka.com/sumut/paling-sering-meletus-ini-6-fakta-menarik-gunung-sinabung-yang-masih-aktif.html

https://www.rayadventure.com/danau-lau-kawar/

https://regional.kompas.com/read/2022/05/24/210720678/danau-lau-kawar-di-sumatera-utara-daya-tarik-dan-harga-tiket?page=all

https://id.wikipedia.org/wiki/Into_the_Inferno_(film)

https://dafunda.com/movie/trailer-into-the-inferno/

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Anggie Warsito lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Anggie Warsito. Artikel ini dilengkapi fitur Wikipedia Preview, kerjasama Wikimedia Foundation dan Good News From Indonesia.

AW
RP
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini