Kawan Ingin Jadi Backpacker? Pahami 5 Aturan ini!

Kawan Ingin Jadi Backpacker? Pahami 5 Aturan ini!
info gambar utama

Apakah Kawan ingin jadi backpacker? Dilansir dari uc.ac.id, backpacker adalah perjalanan ke suatu tempat tanpa membawa barang-barang berat sehingga mempermudah perjalanan ke beragam wilayah. Biasanya seorang backpacker hanya membawa tas yang berisi barang pokok, seperti makanan, minuman, dan pakaian.

Mereka mengandalkan pengetahuan sekaligus mental untuk lanjut dari tempat satu ke tempat lainnya. Dengan begitu, mereka juga dikenal sebagai survivor yang hebat. Ditambah, jika Kawan melakukan backpacker, maka lebih menghemat anggaran.

Nah, untuk jadi backpacker, Kawan tidak boleh melakukannya secara sembarangan. Akan tetapi, ada beberapa aturan backpacker yang wajib Kawan pahami. Lalu, seperti apa aturan tersebut?

1. Niat dan Rencanakan dengan Detail

Rencanakan Perjalanan secara Detail
info gambar

Jika Kawan melakukan perjalanan tanpa rencana, maka hasilnya akan sangat buruk. Kawan mungkin sulit bertahan hidup di wilayah tersebut. Ditambah, kurangnya relasi atau koneksi di wilayah yang Kawan lalui. Pastinya menambah penderitaan backpacker Kawan.

Untuk itu, Kawan harus merencanakan backpacker secara detail. Contohnya, Kawan mau melakukan perjalanan dari Jakarta - Sumatera Barat. Maka, Kawan harus menyusun rencana terkait transportasi yang akan digunakan, dana yang dibutuhkan, barang yang harus dibawa, dan akses keselamatan selama perjalanan.

Baca juga: Menikmati Kisah Rama dan Sinta di Pura Luhur Uluwatu

Tidak hanya itu, Kawan juga harus menulis nomor penting di wilayah tersebut demi menjaga perjalanan Kawan. Dengan niat dan rencana yang detail, setidaknya Kawan bisa melaksanakan backpacker dengan aman dan tentram.

2. Cari Destinasi Wisata yang Ramah Wisatawan

Cari Destinasi Wisata yang Ramah Wisatawan
info gambar

Sebagian besar orang menginginkan wisata yang anti-mainstream. Selain taman hiburan, wisata ekstrem tersebut bisa berupa rumah angker, hutan belantara, dan sebagainya. Jika Kawan punya nyali yang sangat besar, maka aturan ini bisa Kawan lewati.

Namun, jika Kawan menginginkan ketenangan dalam berwisata, carilah destinasi wisata yang ramah. Di Indonesia, ada beragam wisata indah yang ramah terhadap wisatawan. Ramah yang dimaksud adalah memiliki fasilitas cukup lengkap, akses transportasi mudah, dan masyarakat di sana cukup terbuka dengan kedatangan orang luar.

Jangan cari tempat wisata yang rawan kejahatan atau kriminal. Lalu, Kawan dilarang untuk mengunjungi tempat yang dilarang oleh masyarakat adat. Oleh karena itu, penting untuk Kawan dalam meriset tempat yang ingin Kawan kunjungi.

Baca juga: Asyiknya Berwisata ke Pantai Nglimun Gunungkidul

3. Perlengkapan Wajib Backpacker

Perlengkapan Backpacker
info gambar

Mungkin, Kawan mengira bahwa backpacker membawa makanan, minuman, dan pakaian. Bagaimanapun, seorang backpacker harus survive terhadap kondisi yang terjadi selama perjalanan. Untuk itu, mereka sering membawa beberapa perlengkapan berikut ini.

  • Sebisa mungkin jangan mengandalkan botol air kemasan. Kawan bisa membawa botol air minum sendiri dari rumah.
  • Bawa perlengkapan mandi karena kebersihan itu wajib. Kawan bisa membawa tas khusus untuk mengisi perlengkapan mandi, seperti sabun batang, sabun cuci muka, pelembab, parfum, dan sebagainya.
  • Dompet travel. Dompet ini bisa mengisi beragam kartu, seperti kartu rekening, paspor, KTP, SIM, dan HP kecil milik Kawan.
  • Tas pouch baju. Mungkin, isi tas Kawan sering tidak muat karena banyaknya pakaian yang dibawa. Selain itu, pakaian tersebut cukup berantakan dan susah diatur. Kawan bisa menggunakan tas pouch baju agar terlihat rapi di tas Kawan.
  • Alat makan. Belum tentu, Kawan menggunakan alat makan dari tempat makan itu bersih. Untuk itu, Kawan bisa membawa alat makan sendiri agar mudah dibawa sekaligus dicuci dengan air bersih.
  • Bantal leher angin. Sebagai backpacker, kadang Kawan sulit menemukan tempat tidur yang nyaman bagai hotel atau villa. Mungkin, Kawan akan tidur di bus atau kereta. Demi kenyamanan tidur, Kawan bisa menggunakan bantal leher angin.
  • Jas hujan agar barang-barang Kawan tidak basah sekaligus badan Kawan sendiri.
  • Tempat obat pribadi. Jangan lupa untuk bawa obat pribadi agar Kawan bisa menikmati perjalanan tanpa kendala sakit.

4. Pikirkan Dana untuk Pesan Penginapan

Dana untuk Berwisata atau Backpacker
info gambar

Bagi backpacker, hemat adalah suatu keharusan. Untuk itu, Kawan bisa meriset tentang penginapan di tempat wisata yang dituju. Carilah penginapan yang murah, seperti villa atau homestay.

Baca juga: Wisata Pantan Terong di Takengon Aceh: Kedamaian Negeri Atas Awan Dataran Tanah Gayo

Kawan juga harus memikirkan tentang akses transportasi dari lokasi penginapan. Jangan memesan penginapan yang sangat mepet dari jadwal. Pesan penginapan dari jauh-jauh hari agar Kawan bisa mendapat diskon.

5. Wajib Menjaga Etika

Salam Tradisional
info gambar

Jaga etika Kawan selama di wilayah lain. Bagaimanapun, tempat tersebut bukanlah milik Kawan, tetapi milik masyarakat setempat. Mereka memiliki aturan dan adat yang harus dipahami oleh orang luar. Kawan harus menjaga etika sekaligus menghormati adat mereka.

Sebisa mungkin, Kawan memahami aturannya, tidak bersikap kasar, dan melakukan sesuatu negatif di sana. Contohnya, dilarang menyebarkan pornografi, tidak boleh dokumentasi hal-hal yang dilarang oleh masyarakat adat, dan aturan lainnya.

Itulah beberapa aturan yang wajib Kawan pahami sebagai backpacker. Untuk tambahan, Kawan bisa mengajak kerabat atau teman agar perjalanan lebih menyenangkan. Jangan lupa untuk berburu tempat wisata sekaligus kuliner khas di sana, ya!

Referensi:klook.com | travelsafe-aca.com| backpackerjakarta.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

AR
GI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini