Cemerlang! Petinju Belia Indonesia Raih Medali di Turnamen Tinju Junior Tingkat Asia

Cemerlang! Petinju Belia Indonesia Raih Medali di Turnamen Tinju Junior Tingkat Asia
info gambar utama

Petinju belia Indonesia sukses menorehkan prestasi cemerlang dalam ajang ASBC Asian U22 Boxing Championship 2023.

Petinju Indonesia yang tampil di sana adalah Maikhel Muskita. Ia sukses membawa pulang medali perak dari ajang tinju junior tingkat Asia yang dihelat di Bangkok Thailand, pada 16-27 Januari 2023 itu.

Maikhel tampil di kelas 86kg putra. Ia hanya melakoni dua laga karena mendapat bye. Tercatat, Maikhael langsung mendapat tiket ke semifinal yang kemudian berhasil dimenanginya yang disusul dengan kekalahan di partai final.

Lawan yang dihadapi Maikhel di semifinal pada Senin (23/1) adalah wakil Nepal Bijya Bata. Kemudian dalam laga final pada Kamis (26/1), ia berhadapan dengan petinju Uzbekistan Shokhjakhon Abdullaev.

Perlu diketahui, Maikhel bukan satu-satunya penyumbang medali bagi Indonesia di ASBC Asian U22 Boxing Championship 2023. Ada pula Fido Rafael Masoara di kelas 60kg putra dan Nabila Maharani di divisi 52-54kg putri yang masing-masing menyumbang satu medali perunggu.

Bagi Maikhel, medali perak ini punya kesan tersendiri. Sebab, waktu persiapannya tergolong singkat karena kesibukannya sebagai anggota Kepolisian Republik Indonesia. Padatnya jadwal pendidikan polisi membuatnya mau tak mau harus ngebut mengejar program latihan.

"Saya menjalani pelatihan itu pada 2 Januari karena sebelumnya selama 5 bulan saya harus pendidikan (kepolisian) yang berakhir pada 21 Desember. Tetapi dengan tekad besar saya berusaha mengejar program latihan," kata Maikhel kepada Antara.

Bisa dibilang, Maikhel adalah salah satu petinju muda Indonesia yang menjanjikan. Bukan kali ini saja menorehkan prestasi di kancah internasional. Sebelumnya, ia juga pernah meraih medali emas SEA Games 2021 (2022) Vietnam.

Setelah ASBC Asian U22 Boxing Championship 2023, ajang penting lain pun sudah menunggu Maikhel. Terdekat, ia dijadwalkan beraksi dalam ajang World Boxing Tour Golden Belt Series 2023 di Marrakesh, Maroko pada 31 Januari hingga 11 Februari mendatang.

Selain itu, Maikhel juga diproyeksikan ikut mewakili Indonesia di SEA Games 2023. SEA Games 2023 bakal diselenggarakan di Phnom Penh, Kamboja pada 5-17 Mei mendatang. Dengan empat bulan waktu tersisa, Maikhael kini tidak boleh membuang-buang waktu untuk bersiap.

"Saya akan terus berlatih dan memperbaiki segala hal yang masih kurang untuk bisa memberikan yang terbaik. Harapan saya, kami sebagai petinju mendapat dukungan dari pemerintah untuk menambah pengalaman mengikuti berbagai kejuaraan internasional. Tujuannya bisa bersaing dengan petinju dari negara-negara kuat dalam tinju," kata Maikhel.

Dor Dor! Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia Menembak 2023



Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini