Fresh Graduate Boleh Melamar, 7 Profesi yang Paling Dicari Tahun 2023

Fresh Graduate Boleh Melamar, 7 Profesi yang Paling Dicari Tahun 2023
info gambar utama

Dewasa ini, tren profesi semakin berkembang. Banyak perusahaan yang membutuhkan beberapa profesi yang mengandalkan teknologi informasi dan komunikasi. Pastinya bagi fresh graduate, hal itu merupakan tantangan tersendiri.

Di sisi lain, pandemi mengubah cara pandang masyarakat terhadap pencarian uang. Banyak warga yang melihat beberapa peluang kerja sehingga dapat dijadikan opsi untuk mencari nafkah. Bagaimanapun, adanya pandemi, masyarakat tetap mengandalkan teknologi dalam pekerjaannya.

Ditambah, pada 2023, ada beberapa dominasi profesi yang mengisi SDM di suatu perusahaan. Pastinya profesi ini dapat jadi referensi atau inspirasi Kawan untuk mencari pekerjaan atau meningkatkan skill. Lalu, profesi apa saja yang dimaksud?

Rapat perusahaan
info gambar

1. Konten Kreator

Seiring perkembangan zaman, pengguna media sosial semakin tinggi. Pastinya masyarakat sering dihadapkan dengan beragam informasi yang diposting di media sosial. Maka dari itu, permintaan atas pembuat konten atau konten kreator semakin tinggi di masyarakat.

Alhasil, konten kreator paling dicari di tahun 2023 ini. Mereka memang memberikan hiburan, edukasi, atau budaya kepada audiens-nya. Saat ini, konten kreator atau influencer menjadi patokan masyarakat dalam bertindak sesuatu.

Baca juga: Kamu Fresh Graduate? Udah Punya 3 Hard Skill Ini?

Sebab, mereka adalah KOL (Key Opinion Leader) yang dapat memengaruhi masyarakat untuk melakukan aksi atau kegiatan tertentu. Contohnya, Kawan melihat influencer yang sedang mempromosikan produk skincare. Setelah melihat cara promosi sekaligus visual dari nfluencer-nya, Kawan akan sulit untuk tidak membeli produk tersebut.

Dengan begitu, profesi ini menjadi andalan perusahaan dalam mempromosikan produknya. Bagi Kawan yang ingin melamar di posisi ini, pastikan Kawan memiliki gadget atau laptop dengan kamera terbaik sekaligus skill editing yang mumpuni. Sebab, hal itu menjadi pertimbangan perusahaan dalam meloloskan Kawan.

Jika Kawan ingin jadi content creator mandiri, Kawan bisa membangun akun di media sosial yang paling populer di Indonesia, seperti Tiktok. Lalu, tentukan target audiens secara spesifik. Selanjutnya, Kawan bisa membangun konten sesuai target audiens.

2. Data Analyst

Analis data atau data analyst adalah profesi yang menggunakan IT sebagai pengolah dan visualisasi data. Profesi ini bertanggung jawab terhadap data di perusahaan. Staf analis data akan mengandalkan skill analisis data sekaligus IT untuk memvisualisasikan data kepada pengguna atau stakeholder.

Di Indonesia, informasi lowongan kerja untuk posisi analis data cukup banyak. Bagi Kawan yang tertarik dengan profesi ini, Kawan harus mengasah kemampuan literasi data sekaligus skill IT. Beberapa tools yang sering digunakan analis data, seperti MySQL, VSCode, Google Data Studio, Tableau, dan tools lainnya.

Baca juga: Mengenal UX Writer, Profesi Masa Kini yang Menjanjikan

Jika Kawan membutuhkan mentor online, Kawan bisa mengikuti bootcamp atau training yang tersebar informasinya di Instagram dan Linkedin.

3. Digital Marketing

Posisi ini memang tren di tahun lalu. Bahkan, profesi ini tetap banyak dicari di beragam perusahaan. Digital marketing atau pemasaran digital adalah profesi yang bertanggung jawab terhadap pemasaran secara kreatif dan objektif dengan mengandalkan platform digital.

Pada umumnya, digital marketing bertugas untuk menciptakan strategi pemasaran berbasis digital dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Mereka tidak hanya fokus terhadap penjualan, tetapi fokus membangun kekuatan brand-nya.

Pemasaran digital memang lebih kompleks daripada pemasaran tradisional. Mereka tidak hanya fokus terhadap satu platform promosi, tetapi beragam platform. Beberapa platform yang dimaksud, seperti media sosial, website, dan media digital lainnya.

Di sisi lain, digital marketing juga harus pintar dalam menganalisis beragam data, seperti data pasar, data penjualan, perkembangan customer, dan data lain yang dibutuhkan perusahaan. Biasanya digital marketing akan mengandalkan tools, seperti Facebook Ads, Google Ads, Google Data Studio, Google Trends, dan media sosial. Tidak heran, profesi ini banyak dicari di berbagai perusahaan.

Baca juga: Apa Saja Tantangan yang Harus Dihadapi Fresh Graduate Dalam Dunia Kerja?

4. Editor Video

Hampir sama dengan konten kreator. Bedanya adalah editor video tidak selalu menampilkan pemiliknya dalam suatu video. Editor video adalah profesi yang bertanggung jawab terhadap kualitas video. Di perusahaan, mereka biasanya ditugaskan untuk membuat company profile, promotion products, dokumentasi acara, dan konten video yang rumit untuk media sosial, seperti Youtube.

Profesi ini dicari di berbagai perusahaan. Sebab, video menjadi media yang paling disukai oleh audiens. Video sebagai media penghibur sekaligus edukasi cepat daripada teks atau foto. Dengan video, media sosial perusahaan dapat meningkatkan engagement audiens. Dengan demikian, potensi keuntungan atau pendapatan dapat berjalan lancar.

Bagi Kawan yang tertarik dengan profesi ini, pastikan Kawan menguasai tools editing video dan basic videography. Beberapa tools edit video, seperti Adobe Premiere Pro. Beberapa platform untuk mengajarkan Kawan tentang basic videography, yakni Youtube.

5. Data Scientist

Ilmuwan data atau data scientist memiliki tugas yang hampir sama dengan data analyst. Bedanya adalah data scientist memiliki tugas tambahan, yakni prospek hasil laporan data.

Profesi ini melakukan tugas, seperti data mining (membangun/mencari data), analisis data, visualisasi data, dan memberikan prospek pada visualisasi data untuk perusahaan. Profesi ini mengandalkan perpaduan antara data mining, penerapan AI, dan programming. Tidak heran, data scientist merupakan profesi yang paling dicari tahun 2023.

Baca juga: 

6. Project Manager

Manajer proyek atau project manager adalah profesi yang dicari pada 2023. Permintaan profesi ini cukup tinggi saat pandemi. Sebab, perusahaan mengandalkan mereka untuk memanfaatkan sumber daya secara efisien tanpa perlu karyawan bertatap muka.

Tanggung jawab mereka cukup banyak dan diperlukan skill kepemimpinan yang tinggi. Project manager biasanya berbeda-beda bidang proyeknya tergantung fokus perusahaan. Apabila fokus perusahaan berbasis IT, maka project manager harus memanfaatkan sumber daya IT secara efektif dan efisien.

Untuk belajar project manager, Kawan membutuhkan platform berlisensi dan bersertifikasi. Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP).

7. Human Resources

Profesi ini selalu menjadi bagian dari perusahaan. Sebab, mereka selalu ada untuk mengolah sumber daya manusia secara efektif dan efisien. Pada umumnya, HR bertugas pada proses rekrutmen, kualitas SDM, kompensasi dan branding SDM, dan informasi internal perusahaan.

Di dalam 'tubuh' HR, mereka harus menyeimbangkan antara kebutuhan perusahaan tentang SDM dan kesejahtaraan SDM. Maka dari itu, HR harus bisa mengelola hubungan antara perusahaan dengan SDM. HR juga perlu menjaga komunikasi dengan SDM dan stakeholder perusahaan. Sebab, dua hal itu adalah aset penting bagi perusahaan untuk terus kompetitif dan berkelanjutan.

Baca juga: 

Profesi ini banyak dicari di perusahaan baik skala kecil maupun besar. Di Indonesia, profesi ini biasanya dikhususkan untuk mahasiswa psikologi dan manajemen. Sebab, ada beberapa mata kuliah dari dua jurusan tersebut yang bersinggungan dengan HR.

Itulah beberapa profesi yang paling dicari tahun 2023. Buat Kawan yang fresh graduate, pastikan kemampuan sekaligus pengetahuan Kawan tentang profesi tersebut cukup baik, ya. Terus tingkatkan kemampuan Kawan demi menggapai mimpi yang tinggi.

Referensi: katadata.co.id| detik.com | glints.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

AR
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini