Inilah 5 Gunung Tertinggi di Bali, Siap untuk Menaklukkannya?

Inilah 5 Gunung Tertinggi di Bali, Siap untuk Menaklukkannya?
info gambar utama

Identik dengan pantai yang eksotis, siapa sangka, Bali juga memiliki sederet gunung dengan panorama terbaik pada puncaknya. Terlebih saat matahari mulai menyingsing dari ufuk timur, hal ini tentu dapat memberikan pengalaman terbaik dan akan menghapus segala lelah selama pendakian.

Jika Kawan memiliki hobi trekking dan sedang mencari spot pendakian terbaru yang menantang untuk ditaklukkan, beberapa gunung tertinggi di Bali patut untuk Kawan coba. Dan untuk menambah insight Kawan mengenai gunung tertinggi di Bali, mari cari tahu melalui ulasan berikut sebelum menyiapkan perbekalan pendakian.

5 Gunung Tertinggi di Bali

Trekking merupakan kegiatan yang dapat menjadi sarana healing sekaligus melatih kesabaran dan mengasah keberanian Kawan GNFI. Ingin menjajal gunung di Bali untuk pendakian selanjutnya? Berikut 5 gunung tertinggi di Bali yang siap untuk Kawan taklukan.

1. Gunung Agung ( 3.142 Mdpl)

Gunung Agung Bali
info gambar

Gunung Agung merupakan gunung yang mendapat predikat sebagai gunung tertinggi di Bali dengan ketinggian 3.142 mdpl. Bukan hanya menjadi langganan untuk melakukan pendakian, Gunung Agung juga menjadi salah satu tempat yang dianggap suci oleh masyarakat setempat.

Uniknya, banyak turis asing yang turut mendaki gunung yang terletak di Kabupaten Karangasem ini. Namun, karena tingkat kesulitan yang tinggi membuat gunung ini kurang populer jika dibandingkan dengan Gunung Batur.

Terdapat 3 jalur pendakian utama yang dapat dipilih yaitu Jalur Pura Pasar Agung, Jalur Besakih dan Jalur dari Budakeling melalui Nangka. Dari ketiga jalur pendakian yang tersedia, jalur yang paling umum dipakai adalah via pura Pasar Agung yang merupakan jalur terpendek dan menjadi favorit baik bagi pendaki dari dalam maupun luar negeri.

Baca juga: Wisata Danau Batur Bali, Keindahan di Kaki Gunung Batur

2. Gunung Batukaru (2.276 Mdpl)

gunung tertinggi di bali
info gambar

Selanjutnya, ada Gunung Batukaru dengan ketinggian 2.276 mdpl yang terletak di Kabupaten Tabanan. Salah satu gunung tertinggi di Bali ini terletak di tiga desa, yaitu Wongaya Gede, Jatiluwih, dan Pujungan.

Ketiga desa tersebut juga menjadi titik pendakian yang bisa dipilih untuk mencapai puncak Gunung Batukaru. Jalur pendakian melalui ketiga desa tersebut terletak di kawasan alternatif yang menghubungkan Tabanan dan Puputan.

Tingkat kesulitan pendakian juga cukup tinggi karena kawasan gunung ini tertutup oleh hutan lebat sehingga membuat pandangan terbatas. Keunikan dari gunung ini adalah terdapat beberapa tempat suci bagi umat Hindu yaitu Pura Luhur Batukaru di lereng selatannya dan Pura Pucak Kedaton di puncak gunungnya sekaligus menjadi pura tertinggi di Pulau Bali.

3. Gunung Abang (2.151 mdpl)

Gunung tertinggi di bali gunung abang
info gambar

Gunung tertinggi di Bali ketiga yang bisa Kawan jadikan pilihan untuk aktivitas trekking adalah Gunung Abang yang memiliki ketinggian sekitar 2.151 mdpl. Gunung Abang terletak di Kabupaten Batur yang juga memiliki puncak tertinggi di kawasan Kaldera Batur.

Gunung ini terletak di antara Gunung Batur di sisi Barat dan Gunung Agung di sisi Timur. Kawan juga akan menemukan danau di antara Gunung Abang dan Gunung Batur yang pemandangannya cocok dijadikan spot untuk berfoto.

Gunung Abang sendiri bisa didaki melalui dua jalur, yaitu Desa Suter dan Songan. Sebagai rekomendasi Kawan bisa memilih jalur Desa Suter karena memiliki jalur yang lebih pendek dan lebih mudah.

Baca juga: Jalan-jalan Di Pendakian Gunung Ungaran Semarang

4. Gunung Catur ( 2.096 mdpl)

Guung tertinggi di bali gunung catur
info gambar

Gunung Catur merupakan gunung tertinggi ke empat di Bali yang memiliki ketinggian mencapai 2.096 mdpl. Salah satu gunung favorit para pendaki ini terletak di kawasan Bedugul.

Gunung Catur juga dikenal dengan Puncak Mangu karena pada gunung ini terdapat tempat suci umat Hindu yaitu Pura Pucak Mangu.

Pendaki Puncak Mangu bisa menyaksikan keindahan berbagai gunung lain di Bali dari ketinggian. Hal ini karena lokasi Gunung Catur terletak tepat di tengah sirkum pegunungan yang ada di Bali.

Jika Kawan tertarik untuk mendakinya, bisa melalui dua jalur, yaitu Desa Petang dan Desa Pelaga. Pendakian via Desa Petang bisa Kawan pilih jika ingin merasakan pendakian yang lebih mudah karena jalanannya sudah rapi dan halus sehingga sangat cocok bagi pendaki pemula.

5. Gunung Sanghyang (2.087 mdpl)

gunung sanghyang bali
info gambar

Terletak di Kabupaten Tabanan, Gunung Sanghyang merupakan gunung tertinggi kelima di Bali dengan ketinggian 2.087 mdpl. Gunung yang berada di kawasan vulkanik Bedugul ini termasuk ke dalam gunung yang tidak aktif.

Gunung Sanghyang memiliki dua puncak yang berada di antara Gunung Batukaru dan Pucak Adeng. Meskipun memiliki panorama yang menakjubkan lewat hutan hujan tropis yang begitu lebat dan eksotis, gunung ini kurang diminati karena kurangnya akses menuju puncak.

Satu-satunya akses hanyalah jalan setapak sisa zaman kerajaan yang menghubungkan wilayah Tamblingan dan Jatiluwih. Namun Kawan harus berhati-hati karena banyak pendaki yang dikabarkan tersesat saat mendaki gunung ini karena tingkat kerapatan hutannya.

Gunung tertinggi di Bali merupakan bukti kekuasaan Sang Pencipta yang terpatri dan menyuguhkan keindahan yang dapat menenangkan hati dan pikiran. Jika kawan ingin nuansa liburan yang berbeda sekaligus menikmati bentang alam terbaik, tak ada salahnya untuk menjajal salah satu dari kelima gunung yang telah diulas.

Namun, jangan lupa siapkan perbekalan dengan lengkap, jaga kondisi tubuh sebelum pendakian, dan ajak beberapa teman agar bisa mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan.

Baca juga: 5 Fakta Gunung Sinabung yang Mungkin Belum Kamu Tahu

Sumber:

https://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_gunung_di_Bali_dan_Nusa_Tenggara

https://www.detik.com/bali/wisata/d-6183933/5-gunung-tertinggi-di-bali-dengan-panorama-terbaik

https://www.carrierstory.com/gunung-catur/

https://www.idntimes.com/travel/destination/njelika/gunung-di-bali-yang-indah-c1c2

https://balipedia.id/suka-mendaki-inilah-6-puncak-tertinggi-bali-yang-siap-untuk-ditaklukkan/

https://www.longtripmania.org/2018/10/inilah-10-gunung-tertinggi-di-pulau-bali.html

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Raras Wenny lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Raras Wenny. Artikel ini dilengkapi fitur Wikipedia Preview, kerjasama Wikimedia Foundation dan Good News From Indonesia.

RW
RP
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini