Jadi Tuan Rumah Piala Dunia Basket 2023, Indonesia Bakal Gelar Ajang Ini sebagai Pemanasan

Jadi Tuan Rumah Piala Dunia Basket 2023, Indonesia Bakal Gelar Ajang Ini sebagai Pemanasan
info gambar utama

Indonesia bersiap menyambut Piala Dunia Basket 2023. Salah satunya dengan menggelar ajang pemanasan terlebih dahulu.

Indonesia adalah tuan rumah Piala Dunia Basket 2023. Tidak sendirian, Indonesia menjadi tuan rumah bersama dengan Jepang dan Filipina.

Piala Dunia Basket 2023 dijadwalkan digelar mulai 25 Agustus hingga 10 September 2023 mendatang. Sebelum turnamen bola basket terakbar dunia itu dilaksanakan, Indonesia punya rencana untuk menggelar ajang pemanasan terlebih dahulu.

Ajang tersebut adalah pertandingan internasional yang melibatkan tim dari luar negeri. Sejauh ini belum ada pengumuman resmi mengenai format, peserta, dan jadwal pasti ajang itu. Namun, diperkirakan ajangnya akan dilaksanakan pada Juli mendatang.

"Sebagai persiapan main event itu sendiri, nanti kalau stadium sudah rampung, siap dipakai, panitia merencanakan untuk mengadakan test event . Konsep sudah dimatangkan, idealnya kita undang klub dari negara tetangga," kata Ketua Panitia Piala Dunia FIBA 2023 Budisatrio Djiwandono seperti dilansir Antara.

Namun perlu diketahui bahwa ajang pemanasan nanti bukan hanya soal uji coba stadion. Lebih dari itu, berbagai hal penting lain juga akan diujicoba mulai dari administrasi, transportasi, hingga akomodasi

"Tujuannya untuk mengetes kesiapan kita secara kepantiaan, untuk nanti urusan masuk imigrasi, alur logistik penjemputan bandara, bisa kita persiapkan semua," kata Budisatrio.

Persiapan ini tentu perlu dilakukan mengingat akan banyak pemain, ofisial, dan perangkat pertandingan yang akan datang. Peserta Piala Dunia Basket 2023 adalah 32 negara yang berasal dari 4 konfederasi.

Mengenai stadion yang disinggung Budisatrio, saat ini Indonesia memang tengah membangun stadion indoor baru di kawasan Gelora Bung Karno. Stadion itu bernama Indonesia Arena dan memang direncakan untuk digunakan di Piala Dunia Basket 2023.

Indonesia Arena punya kapasitas sebesar 16.250 penonton. Pembangunannya berlangsung sejak April 2021 dan ditargetkan rampung pada Juni 2023.

"Kalau sesuai rencana stadium ini siap beberapa bulan lagi, saya rasa test event itu kita targetkan insyaallah sekitar bulan Juli," lanjut Budisatrio.

Diberitakan GNFI sebelumnya, pembangunan Indonesia Arena dikerjakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Luas bangunannya adalah sebesar 50.300 meter persegi dan dana yang digunakan mencapai Rp639 miliar.

Progres pembangunan Indonesia Arena terbilang berjalan baik dan telah mencapai tahap akhir. Pada 13 Januari 2023 lalu, telah diselenggarakan acara topping off atau penyelesaian akhir atap bangunan yang dihadiri oleh Presiden Joko Widodo.

Ini Dia Sosok Donald Santoso, Penggagas Basket Kursi Roda di Indonesia!



Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini