6 Jurusan Langka di UGM, Tertarik Masuk?

6 Jurusan Langka di UGM, Tertarik Masuk?
info gambar utama

Universitas Gadjah Mada (UGM) terkenal sebagai salah satu universitas terbaik di Indonesia. Lulusannya pun terdiri dari banyak tokoh ternama di Indonesia, salah satunya Presiden Joko Widodo. Terdiri dari beragam jurusan dan program studi, bahkan ada sejumlah jurusan langka di UGM.

Dikatakan langka karena hanya ada beberapa hingga satu-satunya di Indonesia. Menarik sekali, kan? Kawan bisa belajar ilmu baru dan unik karena jarang ada yang mempelajarinya di Indonesia.

Penasaran apa saja jurusan langka di UGM? Simak ulasan berikut ini, ya.

Balariung UGM | Foto: ugm.ac.id
info gambar

1. Sastra Jawa

Program studi Sastra Jawa termasuk langka di Indonesia. Hanya lima perguruan tinggi negeri yang mengadakan program studi ini, salah satunya UGM. Meski langka, peminat jurusan ini cukup tinggi, lho.

Apa, sih, yang dipelajari di program studi Sastra Jawa UGM?

Baca juga : Politeknik vs Institut, Mana yang Kawan Pilih?

Program studi Sastra Jawa di UGM masuk rumpun Fakultas Ilmu Budaya. Kawan akan mempelajari kaidah berbahasa Jawa, linguistik, bahasa Jawa kuno, paleografi, morfologi, puisi, sintaksis, dan lain sebagainya. Tak hanya bahasa Jawa, berbagai bahasa lain, seperti bahasa Belanda, bahasa Madura, bahasa Bali, bahasa Melayu Palembang, bahasa Sunda, dan bahasa Arab.

Wah, menarik sekali, ya!

2. Teknik Nuklir

Program studi Teknik Nuklir di Indonesia hanya ada di UGM! Kira-kira mempelajari tentang apa, ya? Apakah merakit bom nuklir?

Mata kuliah Teknik Nuklir UGM, antara lain fisika, kimia, biologi, aljabar, termodinamika, ilmu bahan teknik, radiokimia, proteksi radiasi, elektronika nuklir, dan masih banyak lagi.

Setelah lulus, Kawan bisa bekerja di Kementerian Kesehatan, Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPPETEN), dan lain sebagainya.

Baca juga : Kuliah Ilmu Sejarah Ternyata Ngga Cuma Belajar Peristiwa Masa Lalu Loh!

3. Teknik Fisika

Program studi Teknik Fisika tergolong langka karena hanya ada beberapa saja di Indonesia, salah satunya UGM. Program studi ini masuk Departemen Teknik Nuklir dan Teknik Fisika Fakultas Teknik.

Teknik Fisika tak melulu mempelajari teori atau perhitungan fisika. Beragam keilmuan seperti kimia, biologi, pemrograman, elektronika, sipil, dan lain sebagainya. Kawan juga akan mempelajari penerapan fisika dalam kehidupan sehari-hari.

Lalu, apa bedanya dengan program studi Ilmu Fisika? Teknik Fisika lebih mempelajari keteknikan dan ilmu terapan, sementara Ilmu Fisika lebih ke ilmu murni berupa teori dan eksperimental. Jadi, jangan sampai salah, ya!

4. Mikrobiologi

Tertarik melihat yang tak tampak? Mungkin Kawan harus mendaftar ke jurusan Mikrobiologi Pertanian UGM.

Kawan akan mempelajari topik berkaitan dengan mikroorganisme, mikroorganisme dengan pertanian, dan macam-macam penerapannya. Lulusan Mikrobiologi Pertanian diharapkan dapat memanfaatkan mikroba sebaik mungkin untuk meningkatkan produksi pertanian.

Baca juga : Fakta Menarik Seputar Prodi Teknologi Pendidikan

5. Kartografi dan Penginderaan Jauh

Jurusan Kartografi dan Penginderaan Jauh hanya ada satu di Indonesia, yakni di UGM.

Jurusan ini mempelajari analisis informasi spasial geografi dan menyajikannya dalam bentuk peta tematik. Selain itu, Kawan juga akan menganalisis medan untuk kajian kewilayahan dan pembangunan.

Prospek kerja yang ditawarkan juga luas. Kawan bisa bekerja di Departemen Permukiman dan Prasarana Wilayah, BAPPENNAS, BAPPEDA, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Badan Informasi Geospasial (BIG), dan masih banyak lagi.

6. Higiene Gigi

Berdiri sejak 2008, program studi Higiene Gigi menjadi yang pertama sekaligus satu-satunya di Indonesia. Mulanya, nama program studi ini adalah Ilmu Keperawatan Gigi.

Secara garis besar, program studi ini mempelajari tindakan pencegahan dan perawatan gigi dan mulut. Lulusannya bisa menjadi akademisi, peneliti, tenaga kesehatan gigi dan mulut, serta edukator kesehatan gigi dan mulut.

Nah, itu dia jurusan langka di UGM yang unik dan menarik. Meski tergolong langka, prospek kerjanya tak kalah luas, ya. Jadi, Kawan tertarik mempelajari yang mana?

Referensi: SINDONEWS | UGM

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

F
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini