Kejuaraan F1 Powerboat Dunia di Danau Toba Disebut Punya Rute Terunik

Kejuaraan F1 Powerboat Dunia di Danau Toba Disebut Punya Rute Terunik
info gambar utama

Tahun ini, sport tourism menjadi salah satu andalan pariwisata dari pemerintah untuk meningkatkan minat wisatawan asing agar datang ke Indonesia.

Mengingat, di tahun ini juga ada banyak kejuaraan di berbagai cabang olahraga dalam skala internasional yang hendak dilakukan di Indonesia sebagai tuan rumah di sepanjang tahun 2023 ini.

Salah satu dari kejuaraan tersebut adalah F1 Powerboat. Mungkin, cabang olahraga ini masih terdengar asing di Indonesia. Tetapi, belakangan ini juga banyak yang mulai mencari tahu tentang cabang olahraga yang nantinya hendak dilaksanakan di Danau Toba ini.

Selain itu, ada hal yang unik terkait dengan track dari F1 Powerboat ini yang menjadi daya tarik tersendiri.

Sport Tourism, Target Baru Pariwisata Indonesia

Punya rute terunik di dunia

Danau Toba | Ploo Galary (Shutterstock)
info gambar

Pertama, mari kita mengenal salah satu cabang olahraga air berupa kompetisi balap ini.

Kejuaraan Dunia Perahu Motor Formula 1 atau Formula 1 Powerboat World Championship adalah sebuah ajang balap perahu motor pesisir yang bergengsi di dunia. Yang mana, kelasnya merupakan yang paling tinggi, sehingga embel-embel F1 juga turut disematkan pada nama kompetisi dunia ini.

Penyelenggara dari acara kejuaraan ini adalah Union Internationale Motonautique (UIM) dan turut dipromosikan H2O Racing. Oleh karena itu, kejuaraan ini juga kerap disebut sebagai F1H20 U.I.M. World Championship.

Pada tahun ini, Indonesia berkesempatan menjadi tuan rumah dengan Danau Toba sebagai lokasi kompetisi. Pelaksanannya sendiri akan berlangsung pada 24-26 Februari.

Pemilihan Danau Toba sendiri juga punya alasan tersendiri, salah satunya adalah karena daerah ini termasuk Destinasi Wisata Super Prioritas (DPSP) dan punya daya tarik sendiri dari segi keindahan alamnya.

Selain itu, Danau Toba juga dikatakan sebagai lintasan F1H20 yang terunik di dunia. Ini karena Danau Toba memiliki geografis sebagai danau vulkanik. Sementara untuk total panjang lintasannya sendiri 2218 meter.

Sebagaimana dikutip dari ANTARA, Zainudin Amali menyebutkan bila gelaran ini akan lebih menarik daripada pelaksanaan F1H20 sebelumnya yang berlokasi di Sharjah, Uni Emirat Arab.

"Di Sharjah, venue yang dipakai adalah danau buatan dan cuaca sangat panas. Ini sangat berbeda dengan Danau Toba yang udaranya sejuk dan bukan buatan. Karena itu, pemerintah akan menyiapkan event ini dengan sangat serius dan berharap dukungan dari berbagai pihak untuk menyukseskan F1 Powerboat 2023," ujarnya.

Agenda Sport Tourism Paling Ditunggu-Tunggu di Indonesia Sepanjang 2022

Memberi berbagai dampak positif untuk masyarakat

Dengan adanya kompetisi ini, tentunya ada berbagai dampak positif yang bisa didapatkan layaknya perhelatan kelas dunia yang sudah pernah dijalankan di Indonesia. Salah satunya adalah dari segi dampak ekonomi yang akan memajukan daerah sekitar.

Pelaksanaan ini tentunya akan membuat peluang usaha dan kesempatan untuk lapangan pekerjaan baru. Dari segi investasi, hal ini juga bisa membuka mata para investor agar melirik Indonesia sebagai daerah tujuan.

Nama Danau Toba sebagai salah satu daerah yang termasuk sebagai DPSP yang menjadi salah satu fokus untuk mengangkat pariwisata nasional juga akan lebih dikenal di mata dunia.

Terkhusus, daerah Sumatra Utara juga menargetkan kunjungan wisatawan mancanegara sebesar 500 ribu orang. Sehingga dengan adanya sport tourism seperti F1 Powerboat ini juga bisa merealisasikan tujuan tersebut serta pastinya mengangkat pariwisata dan mengenalkan budaya lokal ke dunia.

Asia Pacific Rally Championship: Jagoan Reli Se-Asia Pasifik Akan Ngegas di Danau Toba



Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Fazer Mileneo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Fazer Mileneo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini