Indonesia Punya Misi Ambisius: Aceh hingga Lampung Tersambung Jalan Tol

Indonesia Punya Misi Ambisius: Aceh hingga Lampung Tersambung Jalan Tol
info gambar utama

Indonesia saat ini punya misi ambisius di bidang infrastuktur, yakni tersambungnya Aceh dan Lampung dengan jalan tol yang membentang di Pulau Sumatera.

Hal itu disampaikan oleh Menteri BUMN Erick Thohir. Bukan tanpa sebab Indonesia mengusung misi tersebut. Tersambungnya wilayah di dua sisi ujung Sumatera tersebut diharapkan bisa memacu pertumbuhan ekonomi.

"Mimpi besar kita menyambungkan Sumatera, dari ujung Aceh hingga Lampung. Harapannya, bisa muncul pertumbuhan ekonomi baru di wilayah-wilayah yang dilewati tersebut," ujar Erick seperti dilansir Antara.

Pemerintahan di bawah arahan Presiden Joko Widodo memang dikenal gencar dalam membangun aneka ragam infrastruktut di berbagai wilayah Indonesia, tak terkecuali jalan tol. Salah satu proyek tol yang digencarkan adalah Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).

Jalan tol dianggap sebagai salah satu infrastruktur yang perlu digenjot. Dengan jalan tol yang memadai, maka biaya logistik pun biss ditekan.

"Presiden begitu peduli dengan hal ini, kalau kita lihat, biaya logistik Indonesia masih cukup tinggi mencapai 23 persen atau lebih tinggi dari rata-rata dunia yang sebesar 13 persen," lanjut Erick.

Jika Indonesia berhasrat menghubungkan Aceh dan Lampung dengan jalan tol, lantas seperti apa kondisi JTTS yang sudah ada saat ini?

Saluran Air Kuno Zaman Belanda Ditemukan dalam Proyek MRT Glodok-Kota

Digenjot sejak 2014

Misi menghadirkan jalan tol yang membentang di Sumatera sebetulnya telah dijalankan sejak tahun 2014. Saat itu, Pemerintah menugaskan PT Hutama Karya (Persero) untuk menggarap proyek tol di sana. Penugasan ini tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 100 tahun 2014 tentang Percepatan Pembangunan Jalan Tol di Sumatera.

Sejauh ini, Hutama Karya telah membangun JTTS dengan panjang sekitar 1.064 km. Rinciannya, 465 km merupakan ruas tol konstruksi plus 599 km ruas tol operasi.

Untuk tahun 2023 sendiri, Hutama Karya memasang target untuk menuntaskan lima ruas jalan tol. Adapun kelima ruas tol tersebut yakni Simpang Indralaya - Muara Enim, Indrapura - Kisaran, Binjai - Langsa, Sigli - Banda Aceh, dan Tol Pekanbaru - Padang.

Menariknya, jalan tol yang dibangun di Sunatera ternyata termasuk sebagai jalan tol terpanjang di Indonesia. Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung yang memiliki panjang 189 km dinobatkan Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai ruas tol terpanjang di Indonesia.

Selain itu, Tol Bakauheni-Terbanggi Besar merupakan tol terpanjang kedua di Indonesia. Dengan panjang 141 km, jalan tol ini bahkan pernah menjadi yang terpanjang di Indonesia sebelum Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung rampung dibangun.

Didapuk Jadi KEK Baru, Mega Proyek Lido City Akan Serap 29 Ribu Tenaga Kerja

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini