Jadi Lebih Adem! Ini 5 Tanaman Hias untuk Kamar Kos

Jadi Lebih Adem! Ini 5 Tanaman Hias untuk Kamar Kos
info gambar utama

Kawan indekos sering merasa gerah karena cuaca Indonesia yang cenderung panas? Coba, deh, rawat tanaman hias di kamar kos. Meski tak mengurangi gerah sepenuhnya, kamas kos Kawan akan jadi lebih adem dan cantik.

Penataan kamar kos penting agar kita nyaman beristirahat setelah seharian berkegiatan. Kamar kos yang bersih dengan udara sejuk akan membuat suasana hati pun ikut membaik. Salah satu cara untuk membuat tampilan kamar bagus adalah meletakkan tanaman hias.

Namun, anak kos sering kali malas merawat tanaman karena tidak mau repot. Jangan khawatir! Rekomendasi tanaman berikut ini tidak perlu keahlian khusus dalam merawatnya. Kawan bahkan hanya perlu memerhatikannya sesekali.

Apa saja, ya, tanaman hias untuk kamar kos?

Baca juga: 6 Jenis Tanaman Hias Indoor yang Cantik dan Mudah untuk Dirawat di Rumah

1. Sukulen

Sukulen | Foto: Ylanite Koppens/Pixabay
info gambar

Jenis tanaman ini mempunyai bagian tubuh tebal dan kandungan air yang tinggi. Sukulen bisa tumbuh di berbagai iklim sehingga cocok ditanam di dalam ruangan.

Selain tampilan indah dan menarik, tanaman ini juga memproduksi oksigen sepanjang hari. Jadi, suasana kamar akan lebih sejuk dan Kawan dapat menghirup udara segar setiap hari.

Sukulen berukuran kecil, jadi tidak memakan tempat di kamar kos. Selain itu, sukulen mudah untuk ditanam. Pastikan ditaruh dekat jendela karena harus selalu terkena sinar matahari.

Tanahnya diusahakan selalu lembab karena tanaman ini butuh banyak air. Namun, hindari untuk menyiram bagian daunnya karena mudah membusuk. Memang terdegar agak repot, tetapi worth it untuk kamar kos!

2. Aglonema

Aglonema | Foto: Hartono Subagio/Pixabay
info gambar

Kebalikan dari sukulen, tanaman aglonema justru tidak membutuhkan sinar matahari langsung. Tanaman ini juga tidak perlu disiram terlalu sering. Aglonema memiliki beragam corak, warna, dan ukuran yang bisa Kawan pilih.

Selain mempercantik ruangan, aglonema juga bermanfaat melembapkan suhu di ruangan, membersihkan udara, dan menyerap racun. Cocok untuk kamar kos, deh!

Baca juga: Resep Makanan Simple Ala TikTok untuk Anak Kos

3. Lucky Bamboo

Lucky Bamboo | Foto: Leticia Almeida/The Spruce
info gambar

Disebut juga bambu hoki atau bambu keberuntungan. Menurut feng shui, tanaman lucky bamboo membawa keberuntungan dan rezeki karena unsur kayu. Wah, menarik sekali, ya!

Tanaman ini mudah dirawat karena mampu bertahan hidup dalam vas berisi air dan sinar matahari terang yang cukup. Jangan terkena sinar matahari langsung karena bisa menghanguskan daun.

Kawan hanya perlu mengganti air setiap beberapa minggu. Namun, Kawan juga bisa menanamnya dalam pot, asalkan tanah selalu lembab.

4. Sirih Gading

Sirih Gading | Foto: orami.co.id
info gambar

Pada habitat aslinya, tanaman ini merambat batang pohon dengan akar kecil di atas dan jatuh ke tanah. Sirih gading memiliki banyak jenis, antara lain sirih gading putih, sirih gading neon, dan sirih gading emas.

Banyak manfaat yang didapatkan bila merawat sirih gading. Sirih gading menyerap polusi dan debu di dalam ruangan sehingga baik untuk kesehatan pernapasan. Selain itu, sirih gading turut menjaga kelembapan udara.

Merawatnya pun mudah. Sirih gading tumbuh dengan baik dalam berbagai kondisi. Cukup letakkan di tempat yang tidak terkena cahaya matahari langsung. Kawan cukup menyiramnya kalau tanahnya sudah benar-benar kering.

Baca juga: Ragam Ide Dekorasi Kamar Kos Agar Lebih Estetik

5. Lidah Mertua

Lidah Mertua | Foto: Olena Troshchak/Pixabay
info gambar

Lidah mertua termasuk tanaman hias populer. Tanaman ini dapat ditanam di luar maupun dalam ruangan. Lidah mertua juga sangat bermanfaat untuk membersihkan udara.

Tanaman lidah mertua tahan kekeringan, jadi jarang disiram pun tak mengapa. Lidah mertua juga bisa hidup dalam berbagai kondisi pencahayaan.

Nah, itu dia rekomendasi tanaman hias untuk kamar kos. Merawat tanaman bagian dari mencintai lingkungan, lho. Jadi, tanaman mana yang mau Kawan rawat?

Referensi: IDN Times | Instagram Siap Sadar Lingkungan

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

F
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini