Wisata Pencegah Abrasi, 7 Wisata Mangrove Terindah di Indonesia

Wisata Pencegah Abrasi, 7 Wisata Mangrove Terindah di Indonesia
info gambar utama

Hutan mangrove atau hutan bakau memang dikenal sebagai hutan pencegah abrasi. Abrasi merupakan fenomena pengikisan tanah pantai oleh gelombang air laut. Indonesia yang merupakan negara kepulauan, pastinya memiliki beragam pantai.

Untuk itu, hutan mangrove hadir sebagai objek pelestarian lingkungan. Di sisi lain, hutan mangrove memiliki keindahan tersendiri sehingga sering menjadi objek wisata di masyarakat sekitar. Buat Kawan yang ingin mengunjungi beberapa wisata mangrove di Indonesia, berikut ulasannya!

1. Hutan Mangrove Wonorejo, Surabaya

Hutan Mangrove Wonorejo
info gambar

Persis namanya, Hutan Mangrove Wonorejo berlokasi di Wonorejo, Rungkut, Surabaya, Jawa Timur. Dengan hutan mangrove yang mengelilingi jembatan kayu, wisata satu ini dapat menyegarkan suasana sekaligus spot wisata yang ciamik.

Hutan mangrove ini sangat cocok untuk dijadikan aktivitas jogging oleh Kawan. Ditambah, Kawan juga bisa melihat kebun buah yang menyegarkan dan menyehatkan. Untuk tiket, Kawan tidak perlu khawatir karena tidak ada biaya masuk untuk wisata ini.

Terdapat 30 spesies hewan yang dilindungi di dalam hutan mangrove ini. Kawan bisa menyusuri sungai sambil mendokumentasikannya lewat handphone Kawan.

Baca juga: Bosan dengan Mal Jakarta? Yuk, Kunjungi Taman Wisata Alam Mangrove Angke Kapuk

2. Wisata Mangrove di Kulon Progo, DI Yogyakarta

Hutan Mangrove Kulon Progo
info gambar

Masih di pulau Jawa, Kawan dapat menyusuri daerah Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Di sana Kawan bisa mengunjungi wisata mangrove yang terkenal.

Hutan bakau tersebut memanjang dari timur ke barat dengan bersisian muara sungai. Muara sungai tersebut menyatu dengan Sungai Bogowonto di Pantai Congot. Tidak hanya itu, wisata mangrove di Kulon Progo ini menyuguhkan wisata edukatif berupa kawasan konvervasi tanaman bakau pertama di Yogyakarta.

Kawan bisa menikmati objek wisata ini di Dusun Pasir Mendit, Desa Jangkaran, Kecamatan Temon Kulon Progo. Akses ke tempat wisata ini juga cukup mudah. Banyak warga yang melakukan aktivitas, seperti jogging dan selfie ria di sana.

Spot foto yang menarik di sana adalah jembatan bambu yang dibangun di atas air. Selain itu, Kawan bisa melihat menara yang menjulang tinggi sehingga sering dijadikan spot foto bagi warga setempat.

3. Wisata Mangrove Tarakan, Kalimantan Timur

Hutan Mangrove Tarakan Kalimantan Timur
info gambar

Kita beralih ke pulau Kalimantan. Di sisi utara Kalimantan, Kawan dapat menemukan Hutan Mangrove Tarakan. Luasnya mencapai 21 hektar dan menyimpan berbagai jenis tanaman bakau.

Hutan ini menjadi oksigen bagi masyarakat Tarakan karena memang kota ini berada di dekat daerah pesisir. Banyak peneliti yang melakukan penelitian tentang ekosistem tanaman bakau di sana. Alangkah baiknya Kawan mengunjungi hutan bakau ini dari jam 9 pagi hingga jam 5 sore.

Untuk tiketnya, Kawan dikenakan biaya tiket sebesar Rp5.000. Biaya tiket itu terbilang murah untuk menikmati wisata liburan indah di hutan bakau ini. Apakah Kawan tertarik untuk mengunjunginya?

4. Wisata Mangrove di Bedul, Jawa Timur

Pantai Bedul
info gambar

Jika Surabaya memiliki hutan mangrove yang apik, maka Bedul juga memiliki hutan Mangrove yang ciamik. Lokasi wisata mangrove ini berada di area Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi, Jawa Timur.

Berada di taman nasional, maka Kawan dapat menemukan berbagai binatang, seperti monyet, biawak, bangau, elang laut, dan belibis. Banyak aktivitas yang dapat Kawan lakukan di sana. Contohnya, Kawan bisa melakukan rekreasi edukasi bersama kerabat atau keluarga tentang vegetasi hutan bakau dan binatang-binatang di sana. Tidak hanya itu, ketika air sedang surut, banyak para pencari kerang atau nelayan menjaring buruannya.

5. Ekowisata Mangrove Muara Gembong, Bekasi

Ekowisata Mangrove Muara Gembong
info gambar

Kata siapa Bekasi tidak memiliki wisata mangrove? Kalau begitu, Kawan harus mengunjungi Ekowisata Mangrove Muara Gembong. Luas dari hutan ini berkisar 5 hektar dengan panjang 17 meter.

Baca juga: Pelestarian Wisata Alam Hutan Mangrove Pantai Pasir Kadilangu Kulonprogo

Bagi Kawan yang sedang liburan dan tidak mau lepas dari kota, maka wisata ini bisa dijadikan opsi destinasi wisata. Hutan mangrove satu ini masih alami dan belum banyak dikunjungi oleh wisatawan. Banyak spot menarik yang bisa Kawan jadikan untuk ber-selfie ria.

6. Hutan Mangrove Nusa Lembongan, Bali

Hutan Mangrove Nusa Lembongan di Bali
info gambar

Apakah Kawan bosan pergi ke Ubud atau Seminyak di Bali? Kawan bisa kunjungi Hutan Mangrove Nusa Lembongan di Bali. Dengan hutan mangrove yang masih asri, tentunya Kawan bisa menjadikan wisata ini sebagai opsi destinasi liburan.

Bahkan, pengunjung berkesempatan untuk menyusuri hutan menggunakan perahu. Pemandu akan menjelaskan beragam jenis tanaman bakau selama perjalanan dan Kawan bisa mendokumentasikan pemandangan di sekitar wisata ini. Tidak heran, hutan mangrove di kawasan Nusa Lembongan ini sering dijadikan spot foto pre-wedding.

7. Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk, Jakarta

Hutan Mangrove di Jakarta
info gambar

Menyusuri ke Jakarta Utara, Kawan akan menemukan Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk. PIK memang memiliki banyak objek wisata menarik untuk healing dari suasana perkotaan.

Untuk mengunjunginya, Kawan bisa memilih dua akses, yakni berjalan kaki atau menaiki perahu. Tidak perlu khawatir, keletihan Kawan selama perjalanan akan terbayarkan saat melihat pemandangan di sana.

Baca juga:

Banyaknya tanaman bakau sekaligus penginapan estetik bisa menjadi spot foto menarik untuk Kawan. Tidak hanya itu, Kawan bisa melihat masjid yang berdiri di atas air. Bagi Kawan yang ingin bermalam di sana, terdapat sewa penginapan dengan harga Rp300.000 per malam. Kapan lagi Kawan bisa menikmati pemandangan dengan bermalam di Hutan Mangrove PIK?

Itulah beberapa wisata hutan Mangrove yang bisa Kawan jadikan opsi destinasi liburan di tahun 2023. Jangan lupa ajak kerabat, pasangan, atau keluarga agar liburan Kawan lebih seru, ya!

Referensi: gotravelly.com| liputan6.com| kemenparekraf.go.id

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

AR
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini