Mengenal MODA, Kolaborasi Astra dan Toyota Hadirkan Solusi Mobilitas Secara Digital

Mengenal MODA, Kolaborasi Astra dan Toyota Hadirkan Solusi Mobilitas Secara Digital
info gambar utama

Mobilitas dan transportasi menjadi hal tak terpisahkan dan memegang peran penting dalam berbagai sektor industri. Melihat kebutuhan untuk menyelaraskan aspek tersebut dengan era digital saat ini, Astra dan Toyota berkolaborasi menghadirkan solusi dalam pengelolaan mobilitas secara lebih mudah, lewat kemunculan MODA.

Apa itu MODA?

MODA adalah layanan dimiliki PT Mobilitas Digital Indonesia (MDI), sebagai perusahaan patungan Astra dan Toyota, melalui anak perusahaan keduanya yakni PT Arya Kharisma (AKH) dan Toyota Motor Asia Pacific Pte Ltd (TMAP), yang bergerak dalam bidang mobilitas transportasi.

Didirikan pada 25 Juli 2022 dan telah mulai beroperasi sejak Agustus 2022 lalu, layanan MODA yang mereka miliki menyediakan one-stop services untuk pengelolaan kendaraan, bagi para pelanggan yang dilengkapi dengan teknologi terintegrasi. Di mana di dalamnya mencakup fitur pelacak lokasi kendaraan, perilaku pengemudi dalam berkendara, dan berbagai fitur lain untuk mendukung aktivitas operasional pelanggan.

Dalam acara peluncuran MDI yang berlangsung pada Kamis (2/2/2023) kemarin, disebutkan bahwa kehadiran MODA bertujuan untuk menyediakan pelayanan terbaik dalam mendukung mobilitas masyarakat dan logistik.

Bagian terpentingnya, di era digital saat ini MODA dipastikan telah mengolaborasikan teknologi dan transportasi, sehingga dapat memberikan kontribusi bagi pertumbuhan ekonomi nasional.

Strategi Pemerintah dan Pelaku Transportasi dalam Menghadapi Era ''New Normal''
Peluncuran dan pengenalan MODA | Dok. Astra
info gambar

Vilihati Surya, selaku Presiden Direktur MDI mengatakan, jika MODA siap melayani masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sewa kendaraan di Indonesia.

“Kami berharap dapat memberikan solusi mobilitas dan pengalaman terbaik kepada konsumen melalui kolaborasi antara Astra dan Toyota ini,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Presiden Direktur PT Mobilitas Digital Indonesia Yutaka Okayama juga mengatakan jika kehadiran MODA diharapkan dapat memberi pengalaman baru dalam layanan mobilitas di era digital, dengan mengintegrasikan kecanggihan teknologi dengan armada transportasi.

Bukan hanya itu, dirinya juga menjabarkan apa saja keunggulan teknologi yang dimiliki oleh layanan MODA, dan diharapkan dapat banyak membantu masyarakat.

“Layanan ini didukung oleh Connected Technologies dari Toyota untuk menganalisa status kendaraan, perilaku mengemudi, dan lainnya. Dengan demikian, kami dapat berkontribusi tidak hanya untuk mengurangi kecelakaan, konsumsi bahan bakar, dan emisi CO2, tetapi juga untuk meningkatkan efisiensi logistik di Indonesia,” paparnya.

Sebagai tambahan, MODA menyediakan berbagai layanan mobilitas mulai dari MODA Rent, yang merupakan layanan rental full-service untuk kendaraan komersial, kemudian Movic yang merupakan marketplace platform untuk rental mobil penumpang, hingga beberapa layanan baru lainnya yang akan diluncurkan pada tahun 2023 ini.

Jakarta Ternyata Punya Inovasi Sistem Transportasi Terbaik di Dunia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Siti Nur Arifa lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Siti Nur Arifa.

Terima kasih telah membaca sampai di sini