7 Spot Menarik di IPB, Cocok untuk Refreshing!

7 Spot Menarik di IPB, Cocok untuk Refreshing!
info gambar utama

Dengan luas sekitar 250 hektare, Institut Pertanian Bogor (IPB) tidak hanya memiliki gedung perkuliahan, tetapi juga bangunan lain yang berguna untuk menunjang kreativitas dan kenyamanan mahasiswanya.

Sebelum berganti nama menjadi IPB University, kampus ini ternyata memiliki sejumlah spot menarik yang cocok untuk refreshing, khususnya yang ada di Kampus Pusat Dramaga, Kabupaten Bogor. Penasaran ada apa saja spot menarik di sana? Simak selengkapnya, yuk!

1. Gedung Kuliah

Gedung IPB
info gambar

Arsitektur IPB terbilang unik, berbeda dari kampus kebanyakan. Gedung-gedung fakultas di IPB dirancang dengan bentuk segitiga yang saling menyambung oleh sang arsitek, Presiden Pertama RI, Ir. Soekarno.

Bagi Kawan GNFI yang baru pertama kali memasukinya, mungkin Kawan akan dibuat bingung hingga bahkan tersesat di antara sejumlah koridor fakultas. Bukan hanya orang baru, mahasiswa yang sudah lama kuliah di sini pun kerap kali masih kebingungan mencari ruang kelasnya.

Meskipun begitu, keunikan arsitekturnya membuat gedung-gedung fakultas yang saling menyambung itu menjadi spot menarik di sana. Kawan dapat menemukan sudut antargedung yang instagramable untuk mengambil foto.

2. Taman Konservasi

Tak perlu ke kebun binatang untuk melihat kawanan rusa, Kawan juga bisa melihatnya di Taman Konservasi IPB. Spot menarik ini terletak di jalan utama, setelah Kawan melewati gerbang depan IPB.

Taman konservasi ini juga dilengkapi dengan jogging track yang dikelilingi pepohonan rindang. Tempat ini biasanya ramai oleh mahasiswa kehutanan yang sedang praktik lapangan.

Baca Juga: IPB University Hadirkan Komunitas Golf, Tertarik Bergabung?

3. Telaga Inspirasi

Telaga Inspirasi IPB
info gambar

Tidak jauh dari taman konservasi, Kawan akan menemukan spot menarik di IPB yang diberi nama Danau Inspirasi. Danau buatan ini dilengkapi dengan pondok tunggal yang mengapung di atasnya.

Karena dikelilingi pepohonan, tempat ini cocok untuk melepas penat selepas kuliah. Kawan juga bisa melihat gerombolan ikan yang sengaja dilepaskan di danau ini.

4. Danau SDGs

Tidak jauh berbeda dengan sebelumnya, spot menarik di IPB berikutnya adalah Danau SDGs. Tempat ini baru dipublikasikan pada 9 Desember 2022 oleh Rektor IPB, Prof. Arif Satria, melalui akun Instagram-nya.

Dalam postingannya itu, Prof. Arif menyebutkan bahwa Danau SDGs dibangun sebagai tempat yang nyaman untuk healing. Untuk spot menarik yang ini, letaknya agak jauh dari gerbang depan IPB, tepatnya di wilayah Fakultas Perikanan dan Kelautan.

5. Museum dan Galeri IPB Future

Museum dan Galeri IPB Future
info gambar

Kalau senang dengan hal-hal berbau sejarah, Kawan bisa berkunjung ke Museum dan Galeri IPB Future. Spot menarik ini juga baru diresmikan tidak lama dari pembangunan Danau SDGs. Lokasinya ada di depan Poliklinik IPB yang mana sebelumnya merupakan bangunan wisma.

Museum ini menyajikan sejarah yang berkaitan dengan pendirian dan pengembangan IPB, serta berbagai inovasi dan temuan yang pernah dibuat oleh dosen dan mahasiswa IPB.

6. Koin IPB

Tidak afdal rasanya kalo berkunjung ke IPB, tetapi tidak berswafoto di depan KOIN IPB. Spot menarik di IPB ini berbentuk monumen dengan wujud seperti koin bergambarkan lambang IPB.

Di samping kanan-kiri, juga terdapat greenhouse yang diisi oleh beberapa jenis burung. Ada burung merak juga, lo! Tempat ikonik ini telah dipugar beberapa waktu lalu sehingga semakin nyaman dan keren tampilannya.

7. Taman Inovasi

Sepanjang jalan menuju Koin IPB, Kawan dapat bersantai di Taman Inovasi yang berisikan banyak tempat duduk yang nyaman. Tempat ini juga tak kalah menarik untuk bisa Kawan kunjungi.

Biasanya, Taman Inovasi menjadi spot favorit mahasiswa untuk berkumpul dan mengadakan acara tertentu. Menjelang malam, lampu-lampu di sepanjang jalan ini akan menyala sehingga menambah estetikanya.

Baca Juga: Mini Plant Factory Berbasis IoT, Inovasi IPB University dalam Budi Daya Tanaman

Itulah sejumlah spot menarik di IPB yang bisa Kawan kunjungi saat berada Dramaga. Kalau di kampus Kawan, adakah spot menarik di sana? Tuliskan di kolom komentar, ya!

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

FI
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini