Gili Labak, Keindahan Pulau Surgawi di Kabupaten Sumenep Madura

Gili Labak, Keindahan Pulau Surgawi di Kabupaten Sumenep Madura
info gambar utama

Gili Labak merupakan pulau kecil yang dihuni oleh sekitar 105 penduduk saja dan terletak di Desa Kombang, Kecamatan Talango, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Jawa Timur yaitu di sebelah tenggara Pulau Madura. Bagi Kawan yang ingin melarikan diri sejenak dari penatnya rutinitas perkotaan, sangat tepat untuk mencoba wisata Gili Labak yang menawarkan keindahan surgawi yang tampak unreal karena terlalu indah berkat pesona dan daya tarik yang dimilikinya.

Pun demikian destinasi yang kerap disebut dengan Gili Lawak ini begitu memikat dengan keindahan laut yang mengelilinginya dimana memiliki air yang begitu jernih serta disebut-sebut memiliki taman laut terindah yang menjadikannya spot snorkeling terbaik dari wisata Jawa Timur.

Baca juga: Pulau Bawean, 'Bali' di Jawa Timur yang Tersembunyi

Daya Tarik Gili Labak

Bila Kawan berencana untuk mencari tempat healing terbaik, maka bisa menjatuhkan pilihan ke Gili Labak yang akan menawarkan pengalaman yang mengesankan. Berikut daya tarik yang bisa Kawan temukan di Gili Labak.

1. Keindahan Alam dan Laut yang Menakjubkan

Gili Labak dan fakta daya tariknya
info gambar

Daya tarik pertama yang Gili Labak tawarkan apalagi kalau bukan panorama alamnya yang indah bagaikan lukisan yang terbentang di depan mata. Belum lagi dengan keindahan lautnya yang biru kehijauan dengan air yang begitu jernih dimana Kawan bisa melihat dan menikmati keindahan biota laut bahkan tanpa harus menyelaminya.

2. Panorama Sunset dan Sunrise Terbaik

Wisata Jawa Timur Pulau Gili Labak Sumenep Madura
info gambar

Daya tarik selanjutnya terletak pada keindahan panorama saat momen matahari terbit dan tenggelam. Pada momen ini keindahan Gili Labak akan kian memukau dan begitu menghangatkan jiwa bagi siapa saja yang melewatkan momen ini di sini baik sendiri ataupun bersama orang terkasih.

Baca juga: "Teluk Love", Wisata Romantis di Jawa Timur

3. Wahana Menarik

Pengunjung pulau Gili Labak juga akan menemukan berbagai wahana seru dan menantang adrenalin. Kawan bisa mencoba untuk memancing atau menyewa ATV untuk menikmati keindahan sekitar pulau ini. Selain itu, Kawan juga bisa mencoba wahana banana boat untuk merasakan keseruan liburan yang maksimal.

4. Snorkeling

gili labak
info gambar

Bagi pengunjung yang ingin melihat keindahan bawah laut pulau ini juga bisa mencoba snorkeling. Kawan dapat melihat berbagai biota laut, air yang bersih, serta terumbu karang warna-warni.

Untuk mencoba wahana snorkeling, Kawan harus menyewa perahu berkapasitas 10-15 orang terlebih dahulu untuk sampai di Taman Laut Gili Labak. Adapun biaya sewa perahu ini seharga kisaran ratusan ribu yang mana sudah termasuk dengan biaya sewa peralatan snorkeling.

Fasilitas Gili Labak

Wisata Jawa Timur Pulau Gili Labak Sumenep Madura
info gambar

Pulau Gili Labak telah dilengkapi dengan beberapa fasilitas dasar untuk menambah kenyamanan pengunjung. Adapun beberapa fasilitas yang tersedia yaitu:

  • Gazebo atau saung sederhana
  • Warung makanan dan minuman sederhana
  • Penyewaan peralatan snorkeling
  • Toilet atau kamar mandi

Baca juga: Ada Keringat di Balik Indahnya Pulau Gili Labak

Lokasi, Rute, HTM, dan Jam Operasional

Wisata Jawa Timur Pulau Gili Labak Sumenep Madura
info gambar

Gili Labak berlokasi di Desa Kombang, Kecamatan Talango, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Destinasi alam ini bisa dijangkau dengan cara pergi ke Kabupaten Sumenep terlebih dahulu, lalu melanjutkan perjalanan ke Pelabuhan Kalianget. Selanjutnya, Kawan bisa menaiki perahu motor yang menjadi satu-satunya transportasi untuk sampai ke Gili Labak.

Objek wisata ini buka setiap hari dengan jam operasional 24 jam, sehingga dapat dikunjungi kapan saja. Pengunjung yang datang tidak dikenakan HTM, melainkan hanya perlu membayar tarif transportasi perahu motor. Kisaran harga sewanya adalah Rp350.000,00 hingga Rp400.000,00 per kapal yang bisa menampung hingga 15 orang.

Menjadi pulau kecil yang masih sederhana, Kawan tidak akan menemukan hotel atau penginapan khusus di Gili Labak. Namun bagi Kawan yang ingin berlama-lama liburan di sini, dapat menginap di homestay yang sediakan oleh warga setempat.

Seumber:
https://www.nativeindonesia.com/gili-labak/

https://travel.kompas.com/read/2022/10/06/120800927/cara-menuju-gili-labak-kepingan-surga-di-tanah-sumenep
https://dolanyok.com/gili-labak-sumenep-jatim/

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Raras Wenny lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Raras Wenny.

RW
RP
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini