Setelah Taman Nasional Baluran, Pantai Sijile Diprediksi Jadi Primadona Wisata Situbondo

Setelah Taman Nasional Baluran, Pantai Sijile Diprediksi Jadi Primadona Wisata Situbondo
info gambar utama

Situbondo dikenal punya Taman Nasional Baluran yang ramai wisatawan. Kini, ada pula Pantai Sijile yang diprediksi bakal jadi primadona wisata baru.

Ya, Taman Nasional Baluran adalah tempat wisata yang terkenal. Keindahan alam yang menawan membuatnya ramai dikunjungi oleh wisatawan. Taman Nasional Baluran bahkan dijuluki Africa van Java atau Little Africa.

Taman Nasional Baluran terdiri dari padang Savana yang menghampar luas. Di sana, hidup berbagai jenis satwa liar. Maklum saja, Taman Nasional Baluran adalah wilayah konservasi.

Selain Taman Nasional Baluran, wisatawan juga patut mempertimbangkan untuk mengunjungi Pantai Sijile, khususnya jika ingin menikmati suasana tepi laut yang syahdu. Memang, apa yang ada di sana?

Petik Laut Muncar, Tradisi Ungkapan Rasa Syukur Nelayan Banyuwangi Kepada Tuhan

Menikmati Pantai Sijile

Pantai Sijile merupakan pantai yang terletak di pesisir utara Jawa. Lokasinya berjarak sekitar 45km dari pusat kota Situbondo.

Jaraknya memang cukup jauh sehingga mencapai ke sana membutuhkan perjuangan tersendiri. Namun, kini wisatawan yang ingin berkunjung ke sana tak perlu risau karena jalan aksesnya sudah bagus.

Jalan Merak - Baluran telah diresmikan oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa pada Senin (9/1/2023). Jalan sepanjang sepanjang 10 kilometer itulah akses yang bisa digunakan untuk mencapai Pantai Sijile.

Khofifah pun meyakini Pantai Sijile akan ramai dikunjuni menyusul hadirnya infrasktur jalan yang baik di sana. Dari yang tadinya terpencil, Pantai Sijile menjadi jauh lebih mudah diakses sehingga bisa menjadi primadona wisata baru di Situbondo.

“Tren wisata saat ini lebih berorientasi pada alam. Kalau sebelumnya Pantai Sijile masih relatif sulit dijangkau karena ketiadaan infrastruktur yang layak, maka setelah ini (peresmian jalan) harus siap-siap 'kebanjiran' wisatawan. Baik lokal maupun mancanegara,” ujar Khofifah seperti dilansir laman milik Pemprov Jatim.

Pantai Sijile punya keindahan luar biasa yang membuatnya sangat cocok dijadikan destinasi wisata alam. Khofifah sendiri pun mengakuinya hingga terkagum-kagum.

"Pantai Sijile ini indah sekali, terumbu karang yang menjadi rumah bagi ikan dan berbagai biota laut lainnya pun masih terjaga dengan baik. Ini menjadi daya tarik yang sangat luar biasa,” lanjutnya.

Oleh karena itu, ia pun mengajak masyarakat untuk mengunjungi Pantai Sijile.

"Arus air laut di pantai ini tenang, nyaris tak ada riak dan tak terlalu dalam. Sangat cocok untuk berenang maupun wisata air lainnya. Jadi bagi masyarakat Jawa Timur yang berkunjung ke Situbondo harus mampir menikmati keindahan Pantai Sijile," tambah Khofifah.

Di Balik Reog Ponorogo, Ada Kisah Balutan Cinta dan Gigihnya Perlawanan

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini