4 Atlet Indonesia Siap Beraksi di Kejuaraan Asia Atletik Indoor 2023

4 Atlet Indonesia Siap Beraksi di Kejuaraan Asia Atletik Indoor 2023
info gambar utama

Indonesia akan ambil bagian dalam ajang Kejuaraan Asia Atletik Indoor 2023. Akan ada 4 atlet yang mewakili Merah-Putih.

Kejuaraan Asia Atletik Indoor 2023 akan dihelat di Astana, Kazakhstan, pada 10-12 Februari mendatang. Untuk itu, Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) mengirim empat atlet untuk mewakili Indonesia di sana.

Para atlet Indonesia dijadwalkan berangkat pada hari ini, Rabu (8/2). Dalam rombongan, ada pula Agustinus Ngamel dan Ong Kho Kin.

Keempat atlet yang beraksi di Kazakhstan adalah atler putri, yakni Valentin Vanessa Lonteng di nomor lari 60meter putri, Dina Aulia untuk nomor 60m lari gawang putri, Sri Maya Sari pada nomor lari 400m putri, dan Eki Febri Ekawati pada nomor tolak peluru.

"Rencananya atlet-atlet tersebut akan berangkat pada Rabu (8/2) melalui Bandara Soekarno-Hatta," demikian pernyataan PB PASI yang diwartakan Antara.

Sport Tourism, Target Baru Pariwisata Indonesia

Persiapan Menuju SEA Games

Kejuaraan Asia Atletik Indoor 2023 adalah ajang atletik ang melombakan berbagai nomor pertandingan yang seluruhnya dilaksanakan di dalam ruangan. Ajang ini telah dilaksanakan sejak tahun 2004 dan selalu rutin diselenggarakan, kecuali pada 2020 dan 2022.

Sejauh ini, Indonesia belum bisa berbicara banyak di Kejuaraan Asia Atletik Indoor. Indonesia hanya pernah mendapatkan satu medali perunggu sepanjang keikutsertaannya di ajang ini.

Indonesia juga bukan yang punya catatan terbaik di antara negara Asia Tenggara lainnya. Adapun negara Asia Tenggara terbaik di ajang ini adalah Thailand yang telah mengoleksi 3 medali emas, 8 perak, dan 7 perunggu.

Bagi Indonesia, Kejuaraan Asia Atletik Indoor 2023 juga merupakan bagian dari persiapan menuju SEA Games 2023. Seperti diketahui, SEA Games 2023 bakal diselenggarakan di Kamboja pada tanggal pada 5-17 Mei mendatang.

PB PASI memang punya rencana untuk mengirim atlet ke ajang internasional setidaknya dua kali sebelum SEA Games. Ini dilakukan guna mengasah kemampuan para atlet sebelum berlaga di Kamboja.

Sebelum Kejuaraan Asia Atletik Indoor 2023, PB PASI telah mengirim atlet ke ajang internasional lain yakni Thailand Open Track and Field Championships 2022 yang diselenggarakan di National Athletics Centre, Samkhog, Pathumthani, Thailand pada 28 November hingga 2 Desember 2022 lalu.

Saat itu, ada 30 atlet Indonesia yang tampil. Hasilnya, Indonesia membawa pulang 11 medali emas, 7 perak, dan 3 perunggu.

Asia Pacific Rally Championship: Jagoan Reli Se-Asia Pasifik Akan Ngegas di Danau Toba





Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini