Tidak Cuma Tahu, Sumedang Juga Punya Soto Bongko

Tidak Cuma Tahu, Sumedang Juga Punya Soto Bongko
info gambar utama

Ketika mendengar kata Sumedang, khususnya soal kuliner yang berasal dari daerah ini, mungkin hal yang langsung teringat di otak kita adalah soal tahu sumedang yang renyah nan gurih.

Memang, tahu sumedang sudah sangat melekat sebagai makanan khas daerah ini. Apalagi penjualnya bisa kita temui di berbagai daerah. Namun, Sumedang tentu tidak hanya memiliki tahu saja sebagai makanan khas dengan rasa yang memanjakan lidah.

Salah satun ragam kuliner yang tak kalah menggoda adalah soto khas Sumedang atau yang kerap disebut sebagai soto bongko. Mari kita mengenal lebih jauh soal soto ini.

Soto Kecik Dua Rasa, Rasa Otentik Soto Sokaraja Khas Banyumas

Gurih manis pedas menggoda

Soto sendiri merupakan sebuah santapan yang bisa kita temui di berbagai daerah. Tetapi, setiap daerah tentunya punya ciri khas masing-masing mengenai sotonya. Entah itu dari segi bumbu, kuah, penyajian, maupun isiannya.

Dari segi tampilan, soto bongko khas Sumedang ini memiliki kuah yang berwarna kuning kemerahan hingga merah kecoklatan yang terlihat pekat. Sekilas, kuahnya terlihat seperti lontong sayur.

Kuah yang kuning ini dimasak bersamaan dengan labu Siam yang diiris dengan potongan kecil. Hal ini menjadi salah satu keunikan tersendiri dari sajian semangkuk soto bongko. Untuk bumbu yang digunakan terdiri dari bahan-bahan seperti bawang, cabai, kunyit, lengkuas, kemiri, serta dengan campuran santan.

Yang juga tak kalah unik dan membedakannya dengan varian soto lain adalah penyajiannya yang menggunakan lontong. Penyajian ini serupa dengan soto sokaraja khas Banyumas yang menggunakan ketupat.

Perlu diketahui, nama bongko sendiri memang punya arti lontong yang punya ukuran besar. Beras yang digunakan bisa mencapai setengah kilogram yang kemudian dimasak dengan campuran kapur sirih. Ukuran diameternya berkisar antara 5-20 cm.

Sehingga, lontong dari soto bongko ini punya tekstur yang padat tetapi tetap lembut dan mengenyangkan ketika disantap.

Dalam semangkuk soto bongko ini isiannya terdiri atas bongko itu sendiri, tauge rebus, kerupuk atau emping, potongan tahu sumedang, lengkap dengan kecap, jeruk nipis sebagai penyeimbang rasa, sambal untuk cita rasa pedas, dan bawang goreng.

Dengan begitu, soto bongko ini memiliki cita rasa manis gurih dan sedikit sensasi pedas dan hangat dari kuahnya. Untuk para penggemar soto, mencicipi soto bongko ini bisa jadi referensi kuliner tersendiri. Bila ke Sumedang, tidak sulit untuk mendapatkannya, sebab penjualnya tersebar di berbagai sudut daerah di Sumedang.

Soto Gudangan, Perpaduan Kuliner Unik nan Lezat dari Ungaran

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Fazer Mileneo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Fazer Mileneo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini