Angkat Besi Indonesia Bergerak demi Lonjakan Prestasi di SEA Games 2023

Angkat Besi Indonesia Bergerak demi Lonjakan Prestasi di SEA Games 2023
info gambar utama

Angkat besi Indonesia berhasrat membuat lonjakan prestasi di SEA Games 2023. Indonesia pun telah bergerak untuk mewujudkan harapan itu.

Indonesia kini dinanti SEA Games ke-32 pada 5-17 Mei mendatang. Ajang olahraga multievent terakbar di Asia Tenggara itu akan diselenggarakan di Kamboja.

Seperti biasa, angkat besi menjadi cabang olahraga unggulan untuk mendulang emas. Target tinggi pun telah dipasang.

Angkat besi Indonesia ternyata belum puas dengan pencapaian di SEA Games 2021 lalu. Kini, Indonesia bertekad meraih hasil lebih baik di SEA Games 2023.

"Target di SEA Games Kamboja lebih, lah, dari sebelumnya. Lihat saja nanti, doakan saja," ujar Wakil Ketua Umum PB PABSI Djoko Pramono seperti dilansir Antara.

SEA Games 2021 diselenggarakan di Vietnam. Saat itu, angkat besi Indonesia sukses membawq pulang tiga medali emas, tiga perak, dan empat perunggu.

Sport Tourism, Target Baru Pariwisata Indonesia

Sibuk di Pelatnas

Sebagaimana sejumlah cabang olahraga lainnya, angkat besi telah memulai persiapan menuju SEA Games 2023. PB PABSI tengah menyelenggarakan agenda pelatnas yang diikuti para atlet yang bakal beraksi mewalili Indonesia.

Namun perlu diketahui, pelatnas bukan satu-satunya cara agar PABSI bisa mengirim para atlet terbaik ke SEA Games 2023. Di samping itu, ada pula jalur lain seperti Seleknas alias seleksi nasional.

Dalam seleknas terbaru, terdapat 23 atlet yang ikut serta. Mereka terdiri 10 atlet pelatnas dan 13 lainnya dari luar pelatnas.

"Jadi kita sudah memberikan suatu ketentuan kalau di angkat besi itu fair , ada atlet pelatnas ada atlet non-pelatnas, di luar pelatnas. Jadi kita akan memilih atlet terbaik yang dikirim ke SEA Games. Kita harus fair meskipun kita punya atlet pelatnas ini sudah jago-jago," ujar Djoko.

Upaya PB PABSI menggelar seleknas tidak sia-sia. Sebab, ada dua atlet yang berhasil dijaring untuk ikut tampil di SEA Games 2023.

Ada dua atlet jebolan seleksi nasional yang dimasukkan ke dalam daftar atlet untuk SEA Games 2023. Mereka adalah Luluk Diana Triwijayana dan Muhammad Husni.

"Dari hasil seleknas ini telah muncul atlet lapis kedua kita. Lolosnya Luluk Diana dan Muhammad Husni yang dapat mengimbangi Satrio Adi. Kami sangat fair, untuk mengundang lifter berprestasi dari daerah untuk ikut Seleknas. Selain itu, kami pun memberlakukan tes doping dalam Seleknas ini," kata Ketua Bidang Pembinaan Prestasi PABSI, Hadi Wihardja.

Asia Pacific Rally Championship: Jagoan Reli Se-Asia Pasifik Akan Ngegas di Danau Toba





Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini