Siap di 2024, Stasiun KRL di Jakarta International Stadium (JIS) Dibangun

Siap di 2024, Stasiun KRL di Jakarta International Stadium (JIS) Dibangun
info gambar utama

Stadion baru di Jakarta yang diresmikan Juli 2022 lalu, Jakarta International Stadium (JIS), adalah stadion raskasa yang megah, mewah, dan modern. Tak hanya mampu menampung 82.000 penonton, stadion ini juga dilengkapi dengan atap buka tutup yang merupakan satu-satunya di Indonesia, dan nomor dua di Asia Tenggara setelah Singapore National Stadium. Stadion dengan tribun bertingkat tiga ini seluruhnya berkursi, dan tidak ada tribun berdiri.

Yang paling menarik adalah, berbeda dengan GBK dan banyak stadion lain, tidak ada lintasan atletik yang mengitari lapangan bola, sehingga jarak penonton dengan lapangan sangat dekat, mirip dengan lapangan-lapangan bola di Eropa.

Menjadi stadion baru, apalagi di Jakarta, tentu masih ada PR yang belum selesai saat gubernur Anies Baswedan selesai masa jabatannya Oktober 2022. Salah satunya adalah akses transportasi yang belum optimal menuju dan dari JIS.

Transportasi umum menuju Jakarta International Stadium (JIS) hingga saat ini masih sangat terbatas, yakni hanya 3 rute transjakarta dan 2 rute mikrotrans yang memiliki trayek langsung menuju JIS, yaitu JIS 3 (JIS-Harmoni), Rute 14 (JIS-Senen), Rute 10 K (Tanjung Priok-Senen via Taman BMW), Jak 77 (Tanjung Priok-Jembatan Item) dan Jak 88 (Tanjung Priok-Ancol Barat).

Konser Dewa 19 yang dipadati 75.000 penonton pada 4 Februari lalu membuktikan hal ini. Terutama pada saat selesai konser di mana puluhan ribu orang keluar bersama, merasakan betul betapa sulitnya keluar dari kawasan JIS.

Namun ada kabar baik. Mulai 2024, stasiun sementara KRL di JIS ditargetkan mulai beroperasi. “Saat ini sedang dibangun untuk stasiun sementara di JIS yang kita harapkan pada tahun depan stasiun sementara ini bisa berfungsi. Pararel dengan itu akan ditingkatkan menjadi stasiun ultimate,” kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (8/2), seperti dikutip oleh Kumparan.

Stasiun KRL itu akan dibangun di dua kawasan yaitu JIS sisi timur dan sisi barat setelah dari Tanjung Priok. PT KAI sudah melakukan relokasi bedeng di kawasan tersebut pada 2022.

Masih menurun Kumparan, sesunggunya selain jalur KRL, Gubernur DKI Jakarta sebelumnya, Anies Rasyid Baswedan menargetkan pembangunan rute LRT menuju JIS dalam Rancangan Pembangunan Daerah (RPD) 2023-2026.

Namun PJ Gubernur DKI Heru Budi Hartono memutuskan menunda pembangunan tersebut dan memprioritaskan pembangunan LRT rute Manggarai. Alasannya, ia melihat penumpukan penumpang di Manggarai menjadi lebih krusial dan harus cepat diatasi.

Dengan adanya stasiun KRL di JIS, diharapkan stadion megah tersebut akan mulai menjadi venue bagi pertandingan-pertandingan sepakbola, maupun event-event besar lain.

Selain JIS, Indonesia Akan Miliki Indoor Multifunction Stadium Baru

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Akhyari Hananto lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Akhyari Hananto.

AH
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini