Keketuaan Indonesia di ASEAN Tahun 2023

Keketuaan Indonesia di ASEAN Tahun 2023
info gambar utama

Setelah sukses memimpin dunia pada Presidensi G20, Indonesia kembali unjuk gigi sebagai ketua ASEAN di tahun ini. Keketuaan Indonesia di ASEAN tahun 2023 secara simbolis diterima oleh Presiden Joko Widodo dalam Upacara Penutupan KTT ke-40 dan Ke-41 serta KTT terkait lainnya di Phnom Penh, Kamboja pada 13 November 2022.

Estafet kepemimpinan regional itu disambut optimis oleh Presiden Joko Widodo. "ASEAN harus menjadi kawasan yang bermanfaat, serta menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dan demokrasi," ucap Presiden Jokowi seperti dilansir laman Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia.

Tema ASEAN Matters: Epicentrum of Growth yang diusungkan mengandung dua elemen besar. Elemen pertama adalah ASEAN Matters, yakni bagaimana Indonesia dan keketuaannya tetap menjadikan ASEAN relevan dan penting tidak hanya bagi rakyat Indonesia, tetapi juga rakyat ASEAN dan beyond.

Lalu yang kedua, Epicentrum of Growth, Indonesia ingin lebih mengkapitalisasi pertumbuhan ekonomi ASEAN yang selalu lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan dunia.

Sebagai tuan rumah, Keketuaan Indonesia di ASEAN menjadi peluang untuk menggenjot promosi destinasi wisata. Pasalnya, diperkirakan lebih dari 300 pertemuan berbagai pilar akan terselenggara di Indonesia.

Pertemuan-pertemuan tersebut diprioritaskan untuk dilaksanakan secara tatap muka di beberapa wilayah di luar Jakarta dengan melihat perkembangan situasi pandemi COVID-19. Dengan begitu, harapannya ini dapat meningkatkan potensi devisa negara.

Timor Leste Akhirnya Kantongi Restu Sebagai Anggota ke-11 ASEAN

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

FI
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini