Teks Deskripsi: Pengertian, Ciri, Struktur, dan Contohnya

Teks Deskripsi: Pengertian, Ciri, Struktur, dan Contohnya
info gambar utama

Teks merupakan hasil rangkaian ekspresi linguistik terstruktur yang membentuk kesatuan utuh (Bell, 1991). Tak hanya satu, teks memiliki beberapa jenis sesuai dengan konteks dan karakteristiknya, yakni teks berita, teks eksposisi, teks prosedur, teks anekdot, teks narasi, dan teks deskripsi.

Sebuah teks dapat digunakan untuk memaparkan sebuah objek tertentu, jenis teks ini adalah teks deskripsi. Nah, kali ini artikel ini akan mengulas ringkas mengenai pengertian, ciri-ciri, dan contoh teks deskripsi yang kerap digunakan untuk memaparkan objek secara rinci, simak yuk!

Pengertian Teks Deskripsi

pengertian teks deskripsi deskriptif
info gambar

Teks deskripsi merupakan sebuah teks yang dibuat untuk memaparkan atau menjelaskan gagasan, peristiwa, objek, atau sesuatu yang akan disampaikan kepada pembaca. Melansir Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), deskripsi merupakan pemaparan atau penggambaran dengan kata-kata secara jelas dan terperinci.

Jenis teks ini ditulis untuk menggambarkan suatu objek berdasarkan hasil pengalaman dan pengamatan penulis sehingga pembaca dapat merasakan apa yang dipaparkan oleh penulis.

Deskripsi bisa juga bermakna suatu tulisan yang digunakan untuk menyampaikan hal atau objek yang dibicarakan sehingga pembaca bisa seperti melihat sendiri objek yang digambarkan tersebut secara langsung (Gorys Keraf).

Jenis Teks Deskripsi

Teks deskripsi memiliki beberapa jenis, yakni sebagai berikut:

  • Teks deskriptif objektif, teks yang memaparkan tentang seseorang atau sesuatu sesuai dengan bukti nyata yang ada.
  • Teks deskriptif spasial, teks yang menjelaskan suatu tempat dengan peristiwa yang sedang terjadi.
  • Teks deskriptif subjektif, teks yang memaparkan objek sesuai penafsiran atau pengalaman sang penulis.

Baca juga: 4 Fungsi Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Nasional

Ciri-Ciri Teks Deskripsi

Ciri-Ciri teks deskripsi
info gambar

Dengan banyaknya jenis teks yang ada, kita perlu memahami ciri-ciri teks deskripsi, apa saja?

  • Teks deskripsi memaparkan suatu objek, benda, tempat, atau keadaan yang melibatkan dengan panca indera manusia, seperti pendengaran, pengecapan, penciuman, penglihatan, dan perabaan.
  • Teks ini menjelaskan objek dengan jelas, mulai dari ciri-ciri, sifat, latar tempat, suasana, hingga bentuk fisik suatu objek.
  • Dapat menggunakan majas, seperti metafora, hipernim, hiponim, atau majas lainnya dalam menjelaskan objeknya.
  • Teks ini dapat membuat pembaca merasakan atau mengalami langsung kejadian yang ada di dalam teks.

Struktur Teks Deskripsi

Untuk membuat teks deskripsi yang baik, teks ini memiliki struktur yang dapat digunakan dalam membuat teks deskripsi yang baik dan benar.

  1. Judul: Gambaran utama isi teks.
  2. Identifikasi/Gambaran Umum: Deskripsi atau gambaran umum tentang objek, sejarah, atau seseorang yang akan digambarkan di dalam teks.
  3. Deskripsi Bagian: Rincian objek yang dapat dirasakan, didengar, dilihat, atau dialami oleh penulis.
  4. Simpulan/Kesan: Kesimpulan atau kesan tentang objek atau sesuatu yang dialami oleh penulis.

Baca juga: Mengenal Karmina, Bagian Penting dalam Sastra Indonesia

3 Contoh Teks Deskripsi yang Singkat dan Mudah

Contoh teks deskripsi
info gambar

Setelah mengetahui pengertian, ciri, dan struktur teks deskripsi. Kini, kamu dapat memperhatikan contoh teks deskripsi berikut ini.

1. Contoh Teks Deskripsi #1

Mengenal Binturong, Satwa Endemik Berbau Unik

Binturong (Arctictis binturong) yang merupakan hewan terbesar dari keluarga musang (Viverridae). Satwa ini memiliki sebutan yang berbeda-beda di sejumlah negara. Beberapa daerah Melayu, menyebur satwa ini dengan sebutan menturung atau menturun. Tak hanya itu, binturong disebut juga dengan Malay Civet Cat, Asia bearcat, Palawan Bearcat, atau yang biasa disebut Bearcat, serta Xiong-Li di China.

Mamalia unik ini berekor panjang dan bertubuh besar. Tubuh panjangnya sekitar 60 cm hingga 95 cm, sementara ekornya sepanjang 50 cm hingga 90 cm. Berat binturong snediri sekitar 6 kg sampai 20 kg.

Bulu dan rambut Binturong panjang dan kasar dengan warna hitam kecoklatan dengan uban keputih-putihan atau kemerahan. Pada ujung telinganya terdapat rambut yang memanjang. Ekornya berbulu lebat di bagian yang dekat pangkal ekor.

Satwa yang masih berkerabat dengan musang ini terkenal dengan keunikan ciri khasnya. Binturong betina memiliki pseudo-penis atau penis palsu. Binturong mengeluarkan bau mirip popcorn. Hewan jantan mengeluarkan bau popcorn lebih kuat daripada hewan betina. Bau ini asalnya dari air seni yang tersebar di bagian-bagian ranting, dahan, atau daun-daun pepohonan. Bau ini berfungsi untuk menandai wilayah kekuasaan binturong dan kelompoknya.

Penjelasan teks deskripsi contoh #1:

  • Judul: Teks deskripsi ini menjelaskan tentang hewan endemik Binturong.
  • Identifikasi/Gambaran Umum: Paragraf pertama menjelaskan asal-usul Binturong dan perbedaan namanya di berbagai belahan dunia.
  • Deskripsi Bagian: Mendeskripsikan ciri fisik Binturong dan ciri khas hewan Binturong.
  • Simpulan/Kesan: Penulis mendeskripsikan hewan Binturong dengan jelas, mulai dari asal usul, ciri fisik, hingga ciri khas hewan tersebut.

2. Contoh Teks Deskripsi #2

Tanaman Kopi

Tanaman kopi (Coffea Sp.) merupakan kategori genus Coffea, famili Rubiaceae. Tanaman kopi adalah salah satu jenis komoditas perdagangan andalan di Indonesia. Komoditas tanaman ini diprediksi menjadi sumber pendapatan bagi 1,84 juta keluarga di wilayah dataran tinggi penghasil kopi.

Jenis tanaman kopi yang kerap dibudidayakan untuk komoditas komersial mencakup Kopi Arabika (Coffea arabica), Kopi Robusta (Coffea canephora), dan Kopi Liberika (Coffea liberica). Kopi Liberika terdiri dari dua varietas yaitu Kopi Excelsa (Coffea liberica var. Dewevrei) dan Kopi Liberika (Coffea liberica var. Liberica).

Keberhasilan budidaya tanaman kopi dipengaruhi oleh iklim. Hal ini karena kopi termasuk tanaman yang melakukan penyerbukan sendiri (self fertile). Penyerbukan tanaman ini umumnya terjadi setelah musim hujan dan terpengaruh oleh iklim setempat. Biji kopi menjadi bagian yang biasa dimanfaatkan sebagai komoditas perdagangan. Biji kopi digiling menjadi bubuk kopi dan dijadikan minuman yang dari dulu hingga sekarang banyak digemari oleh masyarakat.

Penjelasan teks deskripsi contoh #2:

  • Judul: Teks deskripsi ini menjelaskan tentang tanaman kopi sebagai komoditas yang cukup besar dipasarkan di Indonesia.
  • Identifikasi/Gambaran Umum: Paragraf pertama menjelaskan tentang perkembangan komoditas kopi di Indonesia dan paragraf berikutnya menjelaskan jenis-jenis kopi yang dipasarkan di Indonesia.
  • Deskripsi Bagian: Mendeskripsikan penyerbukan tanaman kopi.
  • Simpulan/Kesan: Penulis mendeskripsikan tanaman kopi secara umum dan perkembangannya di Indonesia.

3. Contoh Teks Deskripsi #3

Ikan Layar, Ikan Tercepat di Dunia

Ikan layar adalah jenis ikan yang dikenal karena paruh runcing dan sirip punggung yang lebih tinggi daripada panjang tubuhnya. Subspesies ikan layar mencakup dua jenis, yaitu Ikan layar Indo-Pasifik (Istiophorus platypterus) dan Ikan layar Atlantik (Istiophorus albicans). Para pakar dan ahli sepakat bahwa ikan layar ini merupakan ikan tercepat di lautan. Menurut The National Oceanic and Atmospheric Administration [NOAA], ikan runcing ini mampu melesat dengan kecepatan hingga 112 km/jam.

Ketika baru menetas, ikan layar ini berbentuk larva kecil yang ukurannya beberapa milimeter dan berkembang pesat selama fase pertumbuhan pada tahun pertama. Ikan runcing ini mampu tumbuh dari 0,125 inchi (0,3 cm) saat baru menetas hingga mencapai 3 meter. Saat dewasa, berat ikan ini bahkan mencapai 220 pon (100 kg). Ukuran ikan layar betina bisa lebih besar dari jenis jantan serta dapat membawa telur-telur dalam jumlah banyak. Ikan betina ini berpeluang lebih tinggi untuk berkembang biak dengan baik di laut.

Ikan layar mengonsumsi berbagai biota laut selama hidupnya. Pada usia muda, ikan ini mengonsumsi plankton kecil. Mangsanya semakin tambah besar sejalan dengan ukuran pertumbuhan badannya. Sebagai ikan dewasa, ia akan mencoba ikan yang cukup besar ukurannya, krustasea, dan cumi-cumi. Ikan layar ini juga menggunakan sirip punggungnya untuk membuat penghalang di sekitar mangsanya, untuk memberi makan ikan gerombolan yang lebih kecil, seperti sarden dan ikan teri.

Penjelasan struktur teks deskripsi contoh #3:

  • Judul: Teks deskripsi ini menjelaskan tentang ikan layar sebagai ikan tercepat di dunia.
  • Identifikasi/Gambaran Umum: Paragraf pertama menjelaskan tentang asal-usul ikan layar dan ciri-ciri fisiknya.
  • Deskripsi Bagian: Mendeskripsikan perkembangan hidup ikan layar dan ciri-ciri fisiknya secara jelas.
  • Simpulan/Kesan: Penulis mendeskripsikan ikan layar, mulai dari ciri-ciri fisik hingga perkembangannya.

Itulah penjelasan lengkap mengenai teks deskripsi, ciri-ciri, struktur, dan contohnya dalam ilmu pengetahuan bahasa Indonesia. Kini, Kawan dapat membuat teks deskripsi yang baik dan benar.

Baca juga: 60 Contoh Peribahasa Indonesia Terpopuler dan Artinya

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Zihan Berliana Ram Ghani lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Zihan Berliana Ram Ghani.

ZG
RP
MS
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini