Tol Cisumdawu Segera Beroperasi Penuh Maret 2023

Tol Cisumdawu Segera Beroperasi Penuh Maret 2023
info gambar utama

Jalan Tol yang menghubungkan Cileunyi, Sumedang, hingga Dawuan atau yang kerap disebut sebagai Tol Cisumdawu ditargetkan akan segera beroperasi pada bulan Maret 2023 ini.

Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Basuki Hadimuljono selaku Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) kepada PT Citra Karya Jabar Tol yang menjadi Badan Usaha Jalan Tol (BUJT).

“Selambatnya bulan Maret 2023 semua seksi ditargetkan selesai. Seksi 4 sudah bagus, nanti akan ada taman. Bentang alam seperti batuan di lereng agar dibiarkan. Diperkuat saja supaya unsur geologisnya terlihat,” ujar Menteri Basuki saat meninjau Jalan Tol Cisumdawu sebagaimana tertulis dalam media sosial Kementerian PUPR.

Supaya penyelesaian jalan tol ini bisa segera selesai agar bisa segera dilalui oleh pengguna jalan, Menteri Basuki juga mengharapkan agar kontraktor yang bertugas dalam pelaksanaan pembangunan jalan tol ini dapat bekerja keras untuk menyelesaikan pembangunannya.

Pengerjaannya pun juga sebaiknya tetap mempertimbangkan manajemen waktu dan mengutamakan kerapian agar waktu penyelesaiannya bisa sesuai dengan target di Maret 2023.

Bila sudah beroperasi, tol ini juga bisa menjadi alternatif bagi para pemudik, mengingat waktunya juga berdekatan dengan Idul Fitri 2023.

Pembangunan Tol Akses Patimban Dimulai, Target Selesai 2024

Terdiri atas 6 seksi

Secara keseluruhan, tol ini terdiri atas 6 seksi. Di antaranya adalah Seksi 1 (Cileunyi-Palimanan), Seksi 2 (Pamulihan-Sumedang), Seksi 3 (Sumedang-Cimalaka), Seksi 4A & 4B (Cimalaka-Legok), Seksi 5A & 5B (Legok-Ujung Jaya), serta Seksi 6A & 6B (Ujung Jaya-Dawuan).

Untuk seksi 1 sendiri sudah beroperasi pada Januari 2022, seksi 2 sudah beroperasi pada Desember 2022, sementara seksi 6 sudah selesai pembangunannya. Dari total 6 seksi ini, Tol Cisumdawu memiliki panjang 62,60 kilometer. Tarif dari tol ini per kilometer adalah seribu rupiah untuk kendaraan golongan 1.

Tol ini menjadi salah satu proyek yang nantinya bisa menghubungkan daerah di Bandung Raya ke daerah Subang yang berada di pantai utara. Selain itu, dengan adanya akses melalui Tol Cisumdawu ini juga bisa langsung terhubung dengan Tol Cipali.

Sehingga, konektivitas sebagai Tol Trans-Jawa ini bisa membuat transportasi antar wilayah semakin mudah sekaligus menjadi sarana untuk memperlancar arus logistik yang diharapkan bisa meningkatkan perekonomian.

Jalan Tol Cisumdawu juga punya peran yang penting dalam peningkatan kesejahteraan serta membuka berbagai peluang usaha baru di kawasan Jawa Barat, khususnya di daerah Bandung hingga Kertajati.

Mengenal Jalan Tol Pertama yang Beroperasi di 5 Pulau di Indonesia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Fazer Mileneo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Fazer Mileneo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini