Roti Tenong, Roti Goreng Khas Padang Panjang

Roti Tenong, Roti Goreng Khas Padang Panjang
info gambar utama

Sumatra Barat terkenal sebagai salah satu daerah memiliki kuliner yang enak-enak. Masakan Padang pun jadi makanan favorit banyak orang, bahkan untuk orang yang bukan berasal dari luar daerah tersebut.

Sebut saja rendang, ayam pop, sate padang, hingga teh talua, semuanya jadi sajian lengkap yang punya cita rasa kuat nan lezat yang bisa memanjakan lidah siapapun yang mengonsumsinya.

Tapi, selain dari makanan tersebut, Sumatra Barat juga punya salah satu makanan camilan dengan bahan dasar roti yang juga tak kalah lezat. Nama makanan ini adalah roti tenong.

Tak Menggunakan Cuko, Pempek khas Jambi Ini Menggunakan Sambal

Khas Padang Panjang

Roti tenong adalah makanan yang berasal dari Padang Panjang. Makanan ini jadi salah satu santapan yang wajib dicoba ketika datang ke kota ini. Apalagi ketika ingin mencari kuliner yang bukan merupakan makanan berat, roti tenong ini bisa jadi salah satu pilihan.

Tidak sulit untuk mencari roti tenong ini di Padang Panjang. Sebagai rekomendasi tempat, Anda bisa berkunjung ke daerah Pasar Kuliner Padang Panjang yang memang menjadi surganya makanan. Untuk waktu berkunjungnya, Anda bisa datang ketika malam hari.

Nama tenong sendiri berasal dari salah satu alat yang digunakan ketika membuat roti ini, yaitu sebuah alat yang digunakan setelah menggoreng roti sebagai peniris minyak dengan bahan yang terbuat dari rotan.

Tapi, ada versi lain yang menyebutkan bila nama tenong berasal dari nama orang yang merupakan penjual dari kudapan khas Padang Panjang ini.

Roti tenong sendiri terbuat dari roti tawar biasa atau roti yang kerap disebut dengan roti bantal.

Kemudian, roti ini dilumuri dengan telur yang kemudian digoreng sampai kecoklatan dan agak renyah. Setelah digoreng, roti ini kemudian ditaburi dengan keju dan coklat yang melengkapi kenikmatannya.

Kalau kita melihat dari segi tampilannya, mungkin kita akan melihatnya sebagai roti bakar biasa. Tetapi, tampilannya ini terlihat lebih menarik dengan topping yang kelihatan lebih berlimpah.

Dengan cara membuatnya yang berbeda dengan roti bakar biasa, ada cita rasa tersendiri yang membuatnya menjadi otentik. Rasa roti tenong ini lebih gurih dan seiring berjalannya waktu isian topping yang diberikan penjualnya juga semakin beragam. Harganya pun hanya belasan ribu rupiah.

Dengan rasa yang diberikan serta harga yang terjangkau ini, wajar bila makanan ini jadi salah satu rekomendasi oleh warga lokal dan menjadi buruan bagi para pelancong yang sedang berkunjung ke kota ini.

Jadi, kalau Anda main ke kota Padang Panjang jangan lupa untuk manjalan lidah dengan menikmati roti tenong ini ya.

Kupi Khop Aceh, Menikmati Sensasi Minum Kopi di Gelas Terbalik

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Fazer Mileneo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Fazer Mileneo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini