7 Tips Liburan Naik Kendaraan Pribadi, Aman dan Nyaman Sampai Tujuan!

7 Tips Liburan Naik Kendaraan Pribadi, Aman dan Nyaman Sampai Tujuan!
info gambar utama

Kawan tim naik kendaraan umum atau kendaraan pribadi saat liburan? Ada beberapa tips liburan naik kendaraan pribadi yang bisa Kawan terapkan agar perjalanan nyaman dan menyenangkan!

Baik kendaraan pribadi maupun kendaraan umum, tentu ada keuntungan dan kerugiannya. Bila menggunakan kendaraan pribadi, Kawan lebih leluasa berpindah tempat. Selain itu, Kawan bebas mengeksplorasi tempat yang tak bisa dijangkau kendaraan umum.

Namun, perlu persiapan dan berbagai hal yang harus diperhatikan kalau ingin liburan naik kendaraan pribadi, baik motor maupun mobil. Coba simak dulu tips berikut ini, ya!

1. Ketahui Rute dan Medan Perjalanan

Ketahui Rute Perjalanan | Foto: Dominika Roseclay/Pexels
info gambar

Kawan wajib mengetahui rute dan medan perjalanan menuju destinasi tujuan lewat peta atau penunjuk jalan online, seperti Google Maps. Meski tidak sepenuhnya akurat, peta online mampu memberikan sedikit gambaran mengenai jarak tempuh, kondisi jalan, dan rute yang akan dilewati.

Perhatikan pula letak rest area atau rumah makan. Utamakan keselamatan dengan berhenti sejenak bila merasa kantuk atau lelah. Jangan paksakan terus berkendara, ya!

Baca juga: Riwayat Bumbu Kacang sebagai Saus Khas Nusantara

2. Siapkan Kendaraan

Siapkan Kendaraan | Foto: Malte Luk/Pexels
info gambar

Kendaraan baik motor maupun mobil yang akan diajak berwisata harus dalam kondisi prima. Tentu Kawan tidak mau kendaraan bermasalah di tengah jalan, kan?

Selalu periksa kondisi aki, radiator, oli, tekanan ban, bensin, dan lain sebagainya. Lebih baik lagi kalau dibawa ke bengkel untuk mendapatkan perawatan maksimal. Jangan lupa siapkan dana darurat untuk jaga-jaga jika kendaraan bermasalah.

Jika destinasi wisata berada di wilayah terpencil, isi bensin sampai penuh. Belum tentu di wilayah tersebut ada SPBU.

Kemudian, bawa peralatan darurat kendaraan, seperti ban serep, dongkrak, kunci inggris, segitiga pengaman, dan obeng. Pelajari sedikit soal kendaraan agar Kawan selalu sedia bila tidak ada bengkel di tengah jalan.

3. Istirahat Sebelum Berkendara

Istirahat | Foto: Ivan Oboleninov
info gambar

Selain kendaraan, tubuh Kawan pun juga harus dalam kondisi prima, apalagi kalau mengemudi dalam waktu lama. Istirahat cukup sebelum mengemudi.

Jangan begadang dan hindari minum-minuman beralkohol. Makan-makanan bergizi dan minum air putih agar tubuh tetap sehat saat berkendara.

Baca juga: Jengkol dan Seblak Indonesia Merambah Arab Saudi

4. Perhatikan Keselamatan

Poin penting dalam membawa kendaraan pribadi saat berlibur adalah keselamatan. Pastikan tubuh Kawan bugar saat mengemudi. Bila memungkinkan, bawa sopir atau bergantian menyetir dengan teman atau keluarga.

Selalu waspada dan berhati-hati kalau menyetir di malam hari. Perhatikan rambu-rambu lalu lintar agar liburan pun tetap aman dan menyenangkan.

5. Bawa Pasokan Makanan dan Hiburan

Pasokan Makanan | Foto: Erik Mclean/Pexels
info gambar

Bawa makanan dan minuman ringan yang membantu menaikkan mood Kawan saat mengemudi. Sediakan air mineral juga agar tetap terhidrasi selama perjalanan. Selain makanan, hiburan seperti mendengarkan musik juga wajib ada, lho.

Makanan dan hiburan penting untuk memberikan Kawan energi. Perjalanan pun terhindar dari rasa jenuh dan tetap menyenangkan sampai ke tempat tujuan.

6. Bawa Barang Secukupnya

Bawa Barang Secukupnya | Foto: Sam Lion/Pexels
info gambar

Jangan bawa barang berlebihan!

Meski berlibur, Kawan tetap harus mempertimbangkan barang bawaan agar tidak merepotkan diri sendiri dan kendaraan. Cukup bawa barang yang dibutuhkan saat di destinasi wisata tujuan.

Baca juga: Manfaat Daun Kumis Kucing, Tanaman Obat bagi Kesehatan

7. Siapkan Nomor Darurat

Nomor Darurat | Foto: Amysue H/Pexels
info gambar

Kita tidak tahu apa yang akan terjadi di tengah jalan. Oleh karena itu, nomor darurat sangat penting guna meminta bantuan saat terjadi masalah.

Siapkan berbagai nomor darurat, seperti nomor kerabat dekat, nomor rumah sakit terdekat, nomor ambulans, nomor mobil derek, dan lain sebagainya. Ingat untuk selalu waspada dan berjaga-jaga, ya!

Nah, itu dia sejumlah tips liburan naik kendaraan pribadi. Paling penting tetap jaga keselamatan saat mengemudi. Selamat liburan, Kawan GNFI!

Referensi: Tempo.co | Detik.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

F
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini