5 Daya Tarik Lembah Harau, Eloknya Ngarai Terjal di Sumatera Barat

5 Daya Tarik Lembah Harau, Eloknya Ngarai Terjal di Sumatera Barat
info gambar utama

Lembah Harau merupakan lembah dan ngarai subur yang terletak di Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, dekat Kota Payakumbuh Provinsi Sumatera Barat, yang dikelilingi dua batuan cadas setinggi 100 - 500 meter. Ketinggian Lembah Harau sendiri berkisar antara 500-850 mdpl (meter di atas permukaan laut) yang terdiri dari deretan bukit-bukit hijau seperti Bukit Singkarak, Bukit Jambu, Bukit Tarantang, dan Bukit Air Putih.

Nah, simak beberapa daya tarik wisata alam di Lembah Harau yang menjadi andalan di Sumatera Barat yang bisa Kawan pertimbangkan sebelum mampir ke tempat ini:

1. Mendapat Julukan Lembah Yosemite-nya Indonesia

Lembah Harau
info gambar

Lembah Harau sangat memesona karena dikelilingi oleh tebing-tebing granit tinggi dan air terjun yang menawan. Saking indahnya, Lembah Harau banyak menarik fotografer dan pemanjat tebing untuk berkunjung. Di lokasi ini, terdapat lebih dari 300 spot untuk melakukan olahraga panjat tebing. Saking indahnya pemandangan di sini, bahkan Lembah Harau ini sampai dijuluki sebagai Lembah Yosemite-nya Indonesia karena mirip suasana di Amerika.

Baca juga: 7 Tempat Wisata Sumatera Barat yang Menarik Dikunjungi!

2. Deretan Wisata Air Terjun

air terjun sarasah di Lembah Harau
info gambar

Selain resort, tentu saja wisata air terjun menjadi suguhan utama di Lembah Harau ini. Inilah 3 air terjun yang wajib banget Kawan kunjungi:

  • Air Terjun Sarasah Bunta

Pertama kali diresmikan pada tahun 1962 silam, air terjun Sarasah Bunta memiliki banyak keindahan. Apalagi jika sudah terkena sinar matahari. Kilauan yang keluar dari pantulan cahaya air jernih dan cahaya membuat gelombang indah yang memanjakan mata.

  • Air Terjun Sarasah Murai

Berbeda dengan air terjun Sarasah Bunta, untuk menuju Air Terjun Sarasah Murai, Kawan harus melakukan trekking memasuki area hutan yang berjarak sekitar 1 KM dengan berjalan kaki sekitar +10 menit.

Air terjun Sarasah Murai ini berbentuk undakan dengan 7 tingkatan, dengan tinggi berkisar antara 10-15 meter. Airnya sangat jernih dan bersih menyegarkan dengan diselimuti pepohonan yang rindang.

  • Air Terjun Sarasah Aie Luluih

Terakhir, Air Terjun Sarasah Aie Luluih yang berada pada puncak tebing, untuk menuju ke sana Kawan harus memanjat tebing terlebih dahulu.

Karena sulitnya medan, tidak begitu banyak orang yang berkunjung ke Air Terjun Sarasah Aie Luluih ini. Sehingga, suasana air terjunnya masih sangat asri

3. Trekking dan Panjat Tebing di Lembah Harau

trekking dan panjat terbing di lembah harau
info gambar

Sering dijuluki sebagai surganya para pemanjat tebing, saat berkunjung ke Lembah Harau jangan sampai Kawan melewatkan waktu untuk menguji adrenalin. Lokasi ini lumayan banyak didatangi para pemanjat tebing. Jika Kawan tertarik bisa ikutan gabung atau menyewa jasa aktivitas outdoor di sekitar wilayah Lembah Harau.

Baca juga: Trekking di Tengah Aroma Kopi dan Cengkeh di Bali Utara

4. Menikmati Kuliner Nasi Padang Pedas dan Ikan Bilih Khas Minang

kuliner di Lembah Harau
info gambar

Kalau Kawan suka banget sama Nasi Padang, jangan sampai Kawan terlewat buat wisata kuliner di wilayah Harau ini. Selain terkenal dengan kelezatan makanan khas Sumatera Barat, di Harau juga merupakan surga masakan pedas.

Kawan bisa memilih menikmati sajian ikan bilih atau ikan bilis ditemani sepiring nasi hangat dan minuman dingin. Dijamin bakal nambah-nambah terus, deh!

5. Wisata Alam untuk Melihat Habitat Monyet Ekor Panjang

Sejak ditetapkan pada 10 Januari 1993, lembah seluas 270 hektar ini juga diresmikan sebagai Cagar Alam dan Suaka Margasatwa. Salah satu hewan langka yang hidup di dalamnya adalah Macaca fascicularis atau Monyet ekor panjang.

monyet ekor panjang di Lembah Harau
info gambar

Selain itu, wisata cagar alam di Lembah Harau juga banyak memiliki spesies tanaman hutan hujan tropis khas dataran tinggi. Kalau memilih untuk berkunjung ke resort Aka Barayun, Kawan bisa berkunjung ke kebun binatang yang buka di Lembah Harau, di sana terdapat penangkaran kupu-kupu yang Indah.

Baca juga: Lembah Baliem, Keindahan Perkampungan Papua yang Buat Kagum Petualang Eropa

Rute Menuju Lembah Harau

Lembah Harau tepat berada 138 kilometer dari kota Padang, 47 kilometer dari Bukittinggi, 18 Kilometer dari Payakumbuh, dan 2 kilometer dari pusat Kabupaten Lima Puluh Kota.

Untuk menuju lokasi ini banyak sekali transportasi umum yang bisa Kawan gunakan. Apabila Kawan berangkat dari Bukittinggi, Kawan bisa menggunakan jasa persewaan minivan atau sepeda motor. Untuk waktu tempuhnya, dari Kota Bukittinggi, hanya perlu waktu sekitar 1,5 jam saja. Cukup dekat bukan?

Setelah itu, dari Kota Bukittinggi, Kawan tinggal mengambil jalan arah ke Kota Payakumbuh. Kemudian, Kawan sudah berada di Jalan Lembah Harau. Karena lokasinya yang tinggi dan luas, kompleks wisata Lembah Harau ini tergolong mudah ditemukan, kok.

Baca juga: Intip 5 Air Terjun Keren di Lampung yang Memesona

Referensi:

https://id.wikipedia.org/wiki/Lembah_Harau

https://commons.wikimedia.org/wiki

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Meita Astaningrum lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Meita Astaningrum. Artikel ini dilengkapi fitur Wikipedia Preview, kerjasama Wikimedia Foundation dan Good News From Indonesia.

MA
RP
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini