Geguduh, Pisang Goreng Khas Lampung

Geguduh, Pisang Goreng Khas Lampung
info gambar utama

Lampung adalah sebuah provinsi yang berada di ujung selatan Pulau Sumatra. Sebagai salah satu wilayah di Sumatra, Lampung juga memiliki berbagai kuliner khas yang tak kalah lezatnya dengan berbagai daerah lain di pulau ini.

Mungkin, memang kuliner khas Lampung tak lebih dikenal banyak orang Bola Kita bandingkan dengan masakan khas Sumatra Barat, Sumatra Selatan, atau Sumatra Utara. Tetapi, bukan berarti makanan khas Lampung tidak seenak daerah tersebut, bahkan sangat direkomendasikan untuk Anda cicipi.

Salah satunya adalah camilan manis yang bernama geguduh. Bisa dikatakan kalau geguduh ini adalah pisang goreng khas Lampung. Lalu, bagaimana rasanya serta apa yang membedakan geguduh ini dari pisang goreng pada umumnya?

Gurih! Pisang Goreng Jadi Deep-Fried Dessert Terbaik Dunia

Camilan yang populer

Geguduh ini tergolong sebagai makanan jajanan pasar. Kalah kita ke sentra kuliner atau ke berbagai pasar tradisional di Lampung, tentunya bukan hal yang sulit untuk menemukan geguduh ini sebagai salah satu dagangan khas daerah Lampung ini.

Secara adat, di berbagai daerah di Lampung, geguduh ini tidak ketinggalan sebagai salah satu menu sajian ketika ada acara kumpul atau acara-acara besar untuk bisa dinikmati bersama-sama.

Sehingga, tentunya geguduh adalah makanan yang sangat popular di Lampung. Ketika sedang santai, geguduh juga akan sangat cocok untuk dinikmati bersama dengan segelas teh atau kopi hangat. Dijamin rasanya akan semakin mantap sekaligus sensasi hangat di perut bisa menenangkan badan.

Lebih lembut dan bertekstur

Geguduh sendiri dibuat dengan menggunakan pisang kepok. Untuk cara pembuatannya, pertama pisang ini ditumbuk atau dihaluskan terlebih dahulu hingga sesuai dengan tekstur yang diinginkan. Yang terpenting, pisang tersebut Sudan hancur atau "benyek".

Kemudian, pisang yang sudah dihancurkan dicampurkan dengan tepung terigu. Lalu, aduk kedua bahan tersebut sampai dengan menyatu. Sebagai alternatif, Bisa juga menambahkan selai, susu, atau pemanis tertentu sebagai penambah rasa agar lebih variatif.

Bila sudah, barulah pisang tersebut digoreng dan siap untuk disajikan. Agar aromanya semakin keluar, biasanya diberikan pula air kapur sirih maupun daun pandan.

Karena menggunakan campuran tepung yang diaduk secara bersamaan sebelum digoreng, pisang goreng ini punya tekstur yang cenderung lebih lembut, tetapi tetap terasa padat dan renyah ketika digigit. Manisnya juga pas dan cocok bagi pecinta pisang goreng.

Kalah main ke Lampung, jangan lupa sempatkan untuk mencicipi geguduh ini.

8 Rekomendasi Makanan dan Oleh-Oleh Khas Lampung

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Fazer Mileneo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Fazer Mileneo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini