7 Tempat Wisata Populer di Lombok, Keindahan Alam hingga Desa Adat

7 Tempat Wisata Populer di Lombok, Keindahan Alam hingga Desa Adat
info gambar utama

Selain Bali, tempat wisata populer di Lombok wajib masuk dalam daftar liburan, Kawan GNFI. Lombok menawarkan keindahan alam yang memikat. Benar-benar bak surga dunia!

Lombok menyediakan beragam destinasi wisata, mulai dari alam hingga budaya. Biaya berlibur di Pulau Lombok pun tergolong terjangkau, sehingga banyak diminati para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Dari sekian banyak pilihan destinasi wisata, ada beberapa tempat populer yang perlu Kawan kunjungi di Lombok. Penasaran apa saja? Simak daftarnya, yuk!

1. Pantai Tanjung Aan

Pantai Tanjung Aan | Foto: Wikipedia
info gambar

Berlokasi di kawasan Mandalika, Lombok Tengah bagian selatan, Pantai Tanjung Aan hanya memakan waktu tempuh sekitar 15 menit dari pusat Kota Mataram.

Pantai Tanjung Aan memukau wisatawan dengan air jernih berwarna kebiruan. Pasir pantai terbagi dua tekstur, yang halus seperti tepung dan agak kasar seperti merica.

Selain bermain di kawasan pantai, Kawan bisa melakukan aktivitas lain, yakni berteduh di Batu Payung, menikmati panorama langit dan lautan di Bukit Merese, dan snorkeling.

5 Destinasi Wisata yang Pernah Dijadikan Lokasi Syuting Film

2. Gili Trawangan

Gili Trawangan | Foto: water-sport-bali.com
info gambar

Gili Trawangan merupakan satu dari ketiga gili (pulau kecil) di sebelah barat Pulau Lombok. Pulau ini memiliki pemandangan laut biru dan hamparan pasir putih nan cantik. Kegiatan diving dan snorkeling sangat populer di tempat ini.

Jarak dari pusat Kota Mataram ke Gili Trawangan tidak terlalu jauh. Kawan perlu menghabiskan waktu sekitar 45 menit ke Pelabuhan Bangsal, kemudian dilanjutkan menaiki kapal kecil sekitar 20 menit sampai ke Gili Trawangan.

3. Pantai Malimbu

Pantai Malimbu | Foto: Instagram/@wndsanjaya
info gambar

Terletak di Desa Malaka, Kecamatan Pemenang, Lombok Utara, butuh waktu sekitar 1 jam perjalanan dari pusat Kota Mataram. Lebih disarankan menggunakan kendaraan pribadi atau sewaan karena belum ada transportasi umum menuju ke sana.

Pantai Malimbu menawarkan keindahan air laut jernih berwarna kebiruan dan pasir putih kecokelatan nan eksotis. Wisatawan paling menyukai aktivitas snorkeling karena pemadangan bawah lautnya menakjubkan.

4. Desa Sade

Desa Sade | Foto: p3tb.pu.go.id
info gambar

Ingin mengunjungi wisata selain alam? Kalau begitu, Kawan harus mengunjungi Desa Sade yang berlokasi di daerah Rembitan, Kecamatan Puju, Lombok Tengah. Desa adat ini masih sangat tradisional.

Desa Sade merupakan tempat tinggal suku Sasak, suku asli Lombok. Kawan bisa melihat kehidupan mereka yang seakan belum tergerus arus modernisasi. Para wanita desa itu juga pandai menenun. Jangan lupa untuk membeli kain tenun yang mereka jual, ya!

Angker Banget! 7 Destinasi Wisata Horor di Indonesia

5. Pura Meru

Pura Meru | Foto: Wikipedia
info gambar

Mau wisata sejarah sekaligus religi di Lombok? Coba kunjungi Pura Meru di Kecamatan Cakranegara, Kota Mataram. Peru Meru merupakan pura terbesar dan tertua di Lombok.

Ketika berkunjung, Kawan akan dipandu oleh petugas yang memberikan informasi mengenai Pura Meru. Pengunjung dianjurkan memakai kain atau selendang berwarna kuning sebagai penghormatan memasuki pura.

6. Pantai Pink

Pantai Pink Lombok | Foto: Mitch Hodiono/Unsplash
info gambar

Bosan dengan pemandangan pantai yang itu-itu saja? Pantai Pink Lombok di Dusun Temeak, Desa Serewe, Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur menawarkan keindahan berbeda.

Pantai Pink atau Pink Beach unik karena memiliki pasir pantai berwarna merah muda. Pantai ini juga relatif lebih tenang karena ombaknya tidak besar.

Pantai Pink memang agak sulit dijangkau. Namun, hal itu membuat pantai ini tetap terjaga kealamiannya.

7 Destinasi Wisata Lamongan Jawa Timur yang Cocok untuk Berlibur

7. Taman Wisata Pusuk Sembalun

Taman Wisata Pusuk Sembalun | Foto: direktoripariwisata.id
info gambar

Berlokasi di kaki Gunung Rinjani, Kawan bisa melihat pemandangan lereng gunung yang dihiasi perbukitan, area sawah, dan rumah adat bersejarah.

Ada dua daya tarik dari Taman Wisata Pusuk Sembalun, yakni Bukit Selong dan Desa Beleq. Destinasi wisata ini buka setiap hari dan dikenakan biaya masuk sebesar Rp5.000.

Selain dari daftar di atas, masih banyak lagi tempat wisata populer di Lombok yang bisa Kawan jelajahi. Dijamin akan memberikan kesan menyenangkan! Mana yang mau Kawan kunjungi?

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

F
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini