7 Tren Desain Grafis 2023, Warna Lebih Berani!

7 Tren Desain Grafis 2023, Warna Lebih Berani!
info gambar utama

Kawan suka mendesain? Sepanjang tahun, desain grafis terus mengalami perkembangan. Tren desain grafis 2023 diperkirakan lebih mengutamakan konten dan komunikasi visual.

Pada 2023, gaya desain grafis cenderung berubah, dari minimalis menjadi lebih berani. Para desainer grafis perlu memahami tren ini agar karyanya lebih disukai.

Penasaran mengenai tren apa saja yang akan menghiasi dunia desainer grafis di tahun 2023? Berikut ini GNFI telah merangkum daftarnya dari berbagai sumber.

1. Y2K

Desain Y2K | Foto: Alina Kolyuka/Behance.net
info gambar

Banyak gaya populer pada tahun tertentu kembali menjadi tren di masa depan, salah satunya Y2K. Gaya Y2K sempat populer akhir tahun 1990-an hingga awal 2000-an dan kembali tren di tahun 2023.

Dalam dunia desain grafis, Y2K banyak menggunakan elemen gliter, metalik, dan futuristik. Ciri khas Y2K menggunakan warna cerah terutama merah muda, stiker, dan berbagai hal berbau teknologi. Hal ini karena pada masa itu teknologi mulai berkembang.

Rekomendasi Tools Design Gratis untuk Pemula

2. Maximalism

Desain Maximalism | Foto: Thiago Murta Ferreira/Behance.net
info gambar

Gaya maximalism cenderung tidak menaati aturan umum desain grafis, tetapi tetap mengikuti hierarki visual. Ciri khas tren ini menggunakan warna-warna berani, gambar yang berlapis, tipografi menonjol, dan pengulangan.

Misalnya, desain memadukan warna biru elektrik dan kuning terang, font bervariasi, pola lebih besar, dan elemen 3D. Meski terkesan berlebihan, desain ini mampu menarik perhatian karena mencolok.

Baca juga : 30 Macam-Macam Warna Hijau dan Kode Warnanya

3. Font Sans Serif

Font Sans Serif | Foto: looka.com
info gambar

Tahun 2023 menjadi panggung bagi fontsans serif. Meski tahun ini diliputi oleh desain yang berani, gaya minimalis sans serif diminati untuk meningkatkan aksesibilitas.

Sans serif banyak diaplikasikan untuk situs web karena mudah terbaca. Hal ini penting diketahui para pelaku bisnis agar jasa atau produknya dapat menjangkau semua kalangan.

Gambar-gambar Sayembara Design Monumen Nasional 1953-1955

4. Risoprint

Desain Risoprint | Foto: Qynn Luu/Behance.net
info gambar

Serupa Y2K, desain bergaya risoprint berasal dari tahun 1980-an. Sudah lama sekali, ya!

Risoprint adalah teknik cetak yang asalnya dari Jepang. Kini hasil cetak itu diaplikasikan dalam bentuk digital. Ciri khas tren desain risoprint adalah tekstur kasar, bentuk minimalis, dan dipadukan dengan gaya vintage.

5. Vintage Minimalism

Vintage Minimalism | Foto: Kenny Coil/Dribble
info gambar

Sekarang banyak orang menyukai nostalgia masa lalu. Hal ini turut berdampak pada gaya desain masa kini. Gaya minimalis yang telah menjadi tren beberapa tahun belakangan berpadu dengan gaya vintage.

Untuk membuatnya, desainer grafis harus menghilangkan elemen semarak di gaya vintage tahun 1970-an, tetapi mempertahankan palet warnanya. Gunakan font minimalis berpadu font modern untuk kesan edgy.

Taraa! Karya desain yang dihasilkan menjadi lebih indah, segar, dan estetik.

6. Blurs and Gradient

Desain Blurs and Gradient | Foto: Behance.net
info gambar

Gradient telah menjadi tren tahun lalu. Kini para desainer grafis bereksperimen dengan memadukan gradient dan efek blur. Menggunakan tren ini, desain akan lebih menarik perhatian.

Blur dan gradient memiliki prinsip serupa untuk menonjolkan teks atau elemen visual tertentu. Tren ini menjadi alternatif para desainer yang ingin menggabungkan warna-warna cerah, tetapi tidak terlalu mencolok.

Mengenal Design Thinking, Metodologi Pemecah Masalah

7. AI Design

Dewasa ini, teknologi artificial intelligence (AI) mulai membantu manusia mengatasi berbagai bidang, salah satunya desain grafis. Banyak para desainer khawatir teknologi AI akan menggerus pekerjaannya. Banyak pula yang kontra hasil desain dari AI menyalahi aturan kreativitas.

Bila tepat penggunaannya, AI justru membantu para desainer grafis. AI dapat memberikan arahan visual atau pola sesuai pikiran dari desainer grafis.

Itulah tren desain grafis 2023 yang perlu Kawan ketahui. Namun, desain grafis tidak hanya sebatas tren. Kawan bisa coba gaya yang berbeda dan terus berkembang.

Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

Referensi:

  • https://looka.com/blog/graphic-design-trends/
  • https://dribbble.com/resources/2023-graphic-design-trends

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

F
KO
MS
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini