Jenis Kucing Anggora, Ciri-Ciri, Serta Tips Perawatannya, Yuk, Pecinta Kucing Merapat!

Jenis Kucing Anggora, Ciri-Ciri, Serta Tips Perawatannya, Yuk, Pecinta Kucing Merapat!
info gambar utama

Kucing Anggora adalah salah satu jenis kucing yang memiliki daya tarik tersendiri yang diperkirakan berasal dari Angkara atau Anggora, yakni suatu tempat di wilayah Turki. Ciri khas kucing ini yaitu keindahan bulu putih panjang yang cantik, halus, dan lebat.

Meskipun terbilang memiliki harga yang cukup fantastis, banyak yang ingin mengadopsinya karena kepopulerannya. Untuk Kawan yang berminat mengadopsi, kenalan dulu yuk dengan berbagai jenis kucing anggora dan tutorial merawatnya!

Baca juga: Mengenal Kucing Tandang, Si Kecil Imut yang Pemalu

3 Jenis Kucing Anggora

1. Anggora X Anggora

Jenis kucing Anggora yang pertama ini merupakan Anggora asli. Berbulu lebat dan halus, wajah runcing dengan hidung mancung dan tulang yang besar.

Dikutip dari hewany.com harga seekor kucing anggora berkisar antara Rp3.000.000,00 hingga Rp7.000.000,00, bergantung pada usia dan struktur bulu yang dimilikinya. Sementara kucing yang telah divaksi dibanderol dengan harga lebih mahal di kisaran Rp7.000.000 hingga Rp12.000.000,00.

2. Anggora X Persia

Kucing Anggora X Persia | Sumber: hellobark.com
info gambar

Kucing ras Persia memiliki struktur kaki pendek, kepala yang bulat dengan telinga kecil membulat di bagian ujungnya. Kolaborasi Anggora X Persia ini menghasilkan bentuk kucing yang berwajah sedikit membulat dengan kaki yang pendek.

Untuk mengadopsi kucing ini, biasanya dibanderol dengan harga sekitar Rp500.000,00 - Rp900.000,00. Sedangkan kucing yang sudah divaksin, harganya lebih mahal. Yakni berkisar antara Rp1.000.000,00 hingga Rp3.000.000, tergantung usia kucing.

3. Anggora X Kucing Domestik (Kucing kampung)

Ciri kucing jenis ini memiliki tulang dan bulu yang mirip dengan kucing kampung, tetapi wajahnya lebih runcing mirip kucing anggora. Kucing jenis ini terbilang jauh lebih murah dari segi adopsi dibanding 2 jenis sebelumnya.

Untuk usia 3 bulan berkisar antara Rp200.000,00 hingga Rp500.000,00, baik yang sudah divaksin ataupun belum. Sedangkan, usia 6 bulan dibanderol sekitar Rp600.000,00.

Baca juga: Fakta Menarik Kucing Batu, Si Penunggu Hutan Indonesia

Ciri-Ciri Kucing Anggora

1. Bentuk mata seperti kacang almond

Bentuk mata kucing anggora biasanya berbentuk mirip kacang almond dengan warna kuning. Ada sebagian kucing Anggora yang memiliki warna mata biru dan hijau menyala, ini dikarenakan kelainan genetik yang dialaminya.

2. Bentuk wajah segitiga

Jika diperhatikan dengan seksama, kucing anggora memiliki dahi lebih lebar dan dagu mengerucut. Selain itu, mereka juga memiliki bentuk telinga runcing dan panjang serta di ujungnya terdapat bulu-bulu harus yang terlihat.

3. Berbulu panjang

Kucing anggora asli memiliki bulu yang sangat lebat pada bagian tubuhnya. Sedangkan pada bagian wajah tidak banyak. Ini menyesuaikan dengan kondisi wilayah Turki yang memang sangat dingin. Bulu kucing anggora akan tumbuh lebih lebat terutama di bagian dada dan surai.

4. Ekor panjang dan berbulu lebat

Ekor kucing Anggora tak hanya panjang, tetapi juga memiliki bulu lebat, tebal dan hangat.

5. Tubuh panjang dan langsing

Tubuh kucing Anggora terlihat proporsional dan cenderung langsing. Namun bulu-bulunya yang lebat, membuat kucing ini tampak ideal dan menggemaskan.

Baca juga: Fakta Unik Busok, Kucing Ras Asli Indonesia yang Sudah Diakui Dunia

Cara Merawat Kucing Anggora

kucing anggora
info gambar

Berikut beberapa cara merawat kucing Anggora:

1. Beri makanan bernutrisi

Kucing juga memerlukan makanan sehat dan bergizi. Dengan begitu, kucing anggora bisa bertahan hidup selama 8 - 15 tahun. Kawan bisa membeli makan di catfood atau membuatkannya dari daging dan ikan.

2. Rajin memandikan dan menyisir bulunya

Karena memiliki bulu yang lebat dan halus, agar menjaganya tetap cantik maka wajib untuk rutin memandikannya. Cukup 2 minggu sekali agar bulunya tidak sering basah. Serta menyisirnya setiap seminggu 2-3 kali.

3. Menyediakan kandang yang luas

Kucing anggora sangat aktif dan suka bermain. Supaya tidak membuat mereka stres, usahakan menyediakan kandang yang luas dengan tambahan mainan di dalamnya.

4. Rutin memeriksakan ke dokter

Kucing rentan terkena penyakit apabila tidak rutin diperiksakan ke dokter. Apalagi kucing yang berbulu rebat, sangat rawan dihinggapi kutu atau bulunya tertelan masuk ke pencernaan.

Persiapkan semua hal dengan matang ya sebelum memutuskan untuk merawat kucing, ya!

Baca juga: Merapat! Ini Dia Rekomendasi Channel YouTube Bagi Pencinta Kucing

Sumber: https://www.rumah.com/panduan-properti/kucing-anggora-44313

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Meita Astaningrum lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Meita Astaningrum.

MA
RP
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini