Bali dengan Segudang Prestasi dan Keindahannya

Bali dengan Segudang Prestasi dan Keindahannya
info gambar utama

Bali memiliki kekuatan yang luar biasa dengan dikenal banyak masyarakat internasional. Hal ini didukung dengan fakta penelitian yang dilakukan oleh start up travel ternama asal Jerman, Tourlane yang merilis riset pada tanggal 8 April 2020 lalu, di mana Bali ditetapkan sebagai pulau terpopuler di dunia.

Penetapan tersebut dirilis atas dasar penggunaan metode mesin pencarian (searching) dari jumlah tanda pagar di media sosial nomor 1 paling banyak digunakan saat ini oleh masyarakat internasional yaitu, Instagram dengan total jumlah tagar yang mencapai 60.4733. 066 jumlah tersebut mengungguli Pulau Ibiza di Spanyol serta Pulau Sisilia, di Italia.

Lembah Harau, Tebing Asli Indonesia Bak Pedesaan Swiss

Tentu saja hal ini disambut baik oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia, Wishnutama Kusubandio yang menyatakan wisata di Pulau Bali dapat menarik masyarakat internasional dan sangat terkenal karena kekuatan tradisi dan budaya di Bali yang tidak diragukan lagi serta keindahan alamnya yang beragam.

Seperti wisata Pantai Kuta, Pulau Penyu di daerah wisata Nusa 2, Uluwatu dengan candi khas hindunya serta tarian kecaknya, kemudian Pantai Jimbaran yang memanjakan wisatawan dengan kenikmatan bebakaran seafood nya, daerah Kintamani yang dingin dengan gunung serta kopi khas Balinya, daerah Bedugul dengan Pura Ulun Danu andalannya serta masih banyak lagi.

Gunung, pantai, air terjun, ekowisata, kebun binatang, daerah persawahan atau perkebunan, museum, wisata buatan semuanya dapat dinikmati di Bali.

Berbeda dengan wilayah Indonesia lainnya yang hanya mempunyai satu hingga tiga icon pariwisata yang terkenal, Bali mempunyai icon yang banyak sekali serta beragam. Pengunjung akan disuguhkan berbagai macam pilihan, maka tidak jarang apabila kita ke Bali hampir di setiap sudut lokasi atau jalanannya tetap ada warga negara asing.

Selain itu, hal ini juga didukung dengan sumber daya manusia di Bali yang baik, sudah banyak masyarakat di Bali yang bisa berkomunikasi menggunakan bahasa asing.

754.000 Wisatawan Mancanegara Mengunjungi Indonesia Sepanjang Januari 2023

Menurut Kompas,sebelumnya juga Bali kerap kali dinobatkan sebagai wilayah wisata terbaik oleh asosiasi internasional seperti Travel and Leisure, World Travel Awards, Conde Nast Traveler, hingga UNWTO Awards.

Kemudian lokasi wisata Kota Ubud di Bali dinobatkan lokasi paling favorit bagi para digital nomad bekerja, menggusur Chiang Mai, Thailand. Ubud terpilih dikarenakan memiliki vila dengan pemandangan alam terindah dan didukung dengan menu makanan vegetarian yang bervariasi serta orang-orangnya yang sangat ramah dengan pengunjung. Menurut CNNDigital nomad adalah sebutan untuk orang-orang yang berusaha atau bekerja lintas negara tanpa terikat dengan rutinitas kehadiran di kantornya masing-masing.

Selain itu wilayah wisata sistem pengairan tradiosional Subak di Bali diakui oleh Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan PBB atau disebut UNESCOsebagai warisan dunia pada tahun 2012 lalu. Subak diakui lantaran menggunakan filosofi Tri Hita Karana yang telah menjadi kearifan lokal di Bali, yang memiliki makna mengedepankan keseimbangan atau harmonisasi antara Tuhan, Manusia, dan Alam.

Pada tahun 2017, Bali dinobatkan sebagai Top Destinations in World 2017 oleh situs ulasan perjanan wisata ternama di dunia Tripadvisor. Menurut CNN, Bali menduduki posisi pertama mengalahkan London, Paris, Roma serta New York yang merupakan wilayah di negara maju. Hal ini dikarenakan menurut ulasan di aplikasi Tripadvisor tersebut yang ditulis oleh wisatawan internasional, pemandangan Bali bagaikan di surga.

Ada banyak kegiatan wisata yang bisa dilakukan, mulai dari berjalan menyusuri pasir putih di bawah sinar matahari tropis yang hangat sampai menyelam sambil memandangi terumbu karang yang eksotis serta peninggalan kapal bersejarah yang sangat unik.

Tidak hanya didukung dengan pemandangan alamnya, Bali juga dikenal dengan fasilitas hotel terbaiknya untuk daerah perhotelan di lokasi wisata oleh World Trade Awards 2019 lalu dalam kategori World’s Leading Executive Club Lounge 2019 dan Club InterContinental Lounge yang mengalahkan tujuh club lounge di hotel Australia, Hongkong, dan Uni Emirat Arab.

Bukit Teletubbies Bromo, Nikmati 5 Daya Tarik Indahnya Padang Savana

RIMBA Jimbaran Bali by AYANA juga memenangkan World’s Leading Family Resort 2019 mengalahkan 26 hotel dalam daftar nominasi yang berasal dari Turki, Amerika Serikat, Singapura, dan lainnya.

Sumber: CNN Indonesia | CNN Indonesia | Kompas.com | UNESCO

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

RP
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini