6 Peninggalan Kerajaan Kalingga yang Bersejarah

6 Peninggalan Kerajaan Kalingga yang Bersejarah
info gambar utama

Kerajaan Kalingga merupakan salah satu kerajaan tertua di Indonesia yang berdiri pada abad ke 6 hingga ke 7. Sangat sedikit catatan sejarah atau keterangan dari kerajaan bercorak Hindu-Buddha ini, namun keberadaan beberapa peninggalan Kerajaan Kalingga membuktikan bahwa kerajaan ini memang pernah berdiri di Indonesia. Tepatnya di pantai utara Jawa Tengah, yaitu antara Jepara dan Pekalongan.

Kerajaan Kalingga atau yang kerap disebut dengan Kerajaan Holing ini didirikan oleh Dapunta Syailendra yang berasal dari dinasti Syailendra yang kelak menjadi penguasa dari Kerajaan Mataram Kuno. Sempat berganti beberapa kepemimpinan, Kerajaan Kalingga mencapai puncak kejayaannya saat dipimpin oleh Ratu Shima yaitu pada 674-695 Masehi.

6 Peninggalan Kerajaan Kalingga yang Masih Ada Sampai Saat Ini

Kerajaan Kalingga meninggalkan cukup banyak bukti bersejarah. Mulai dari candi, prasasti, arca, dan beberapa jenis peninggalan lainnya. Berikut 5 peninggalan Kerajaan Kalingga yang paling bersejarah dan masih ada hingga saat ini.

1. Candi Bubrah

Peninggalan Kerajaan Kalingga © Wikimedia commons
info gambar

Bukti peninggalan paling populer dari Kerajaan Kalingga adalah Candi Bubrah yang ada di Jawa Tengah. Letak candi ini berada di kawasan wisata Candi Prambanan. Lokasinya ada di Dukuh Bener, Desa Bugisan, Kec. Prambanan, Kab. Klaten, Jawa Tengah.

Candi Bubrah dibangun dari batuan andesit sekitar abad ke 9 dan bercorak Hindu-Budha. Nama bubrah sendiri diambil dari Bahasa Jawa yang artinya “rusak”. Nama tersebut diberikan lantaran candi ini pertama kali ditemukan dalam keadaan sudah rusak.

Baca juga: 6 Peninggalan Kerajaan Sriwijaya

2. Prasasti Tuk Mas

Peninggalan Kerajaan Kalingga selanjutnya adalah sebuah prasasti bernama Tuk Mas. Nama lain prasasti ini adalah Prasasti Dakawu. Saat ini, Prasasti Tuk Mas berada di Kelurahan Lebak, Kec. Grabag, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

Tuk Mas merupakan prasasti yang dipahat pada permukaan sebuah batu alam. Prasasti ini ditulis menggunakan bahasa Sanskerta dengan aksara Pallawa. Selain ada tulisan, pada prasasti ini juga ada beberapa gambar, seperti bunga tanjung, perkakas, kendi cakra, dll.

3. Candi Angin

Peninggalan Kerajaan Kalingga Candi angin
info gambar

Selain Candi Bubrah, Kerajaan Kalingga juga meninggalkan bukti bersejarah berupa Candi Angin. Letak candi ini berada di puncak Gunung Muria dengan ketinggian 1.500 meter mdpl. Tepatnya di Desa Tempur, Kec. Keling, Kab. Jepara, Jawa Tengah.

Candi Angin memiliki struktur batuan yang mirip dengan beberapa candi peninggalan Kerajaan Majapahit. Hal ini semakin menguatkan dugaan bahwa Candi Angin dibangun pada periode yang sama dengan Kerajaan Majapahit serta Tarumanegara.

Baca juga: 7 Prasasti Peninggalan Kerajaan Tarumanegara yang Masih Tersisa

4. Arca Batara Guru

Peninggalan Kerajaan Kalingga berikutnya yang masih ada hingga saat ini adalah Arca Batara Guru. Arca in ditemukan di kawasan Puncak Gunung Muria. Lokasi tepatnya di Desa Rahtawun, Kec. Keling, Jawa Tengah.

Batara Guru sendiri merupakan Dewa yang dipercaya oleh masyarakat Hindu sebagai penguasa tiga dunia. Ketiga dunia itu adalah dunia para dewa (Mayapada), dunia bawah atau neraka (Arcapada), serta dunia bumi atau manusia (Madyapada).

5. Arca Wisnu

Seperti yang kita tahu, Wisnu adalah salah satu Dewa utama yang dipercaya oleh agama Hindu. Dewa Wisnu dipercaya sebagai pemelihara dan merupakan tokoh yang suci serta memiliki kedudukan sangat tinggi. Nama Dewa Wisnu sendiri disebut pada Kitab Weda.

Dewa Wisnu digambarkan sebagai seorang Dewa yang mempunyai kulit kebiruan dan memiliki empat tangan. Masing-masing tangan Dewa Wisnu memegang sangkakala, gada, lotus, dan chakra. Arca Wisnu ini ditemukan di Puncak Sanga Likur bersama arca lainnya.

6. Prasasti Sojomerto

Peninggalan Kerajaan Kalingga prasasti sojomerto
info gambar

Prasasti Sojomerto adalah sebuah prasasti Hindu peninggalan abad ke-7 atau 8 Masehi yang ditemukan di Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Prasasti ini merupakan salah satu bukti sejarah penting yang mengungkap keberadaan kerajaan kuno di Indonesia, yakni Kerajaan Kalingga. Prasasti Sojomerto menjadi saksi bisu perjalanan sejarah karena masih memakai aksara Kawi kuno dan bahasa Melayu kuno yang diukir di atas batu andesit. Isi Prasasti Sojomerto mengungkap tentang Dapunta Syailendra dan keluarganya.

Selain 6 peninggalan Kerajaan Kalingga di atas, terdapat juga beberapa peninggalan bersejarah lainnya seperti Arca Narada dan Arca Togok yang masih dijaga kelestariannya hingga kini.

Baca juga: 6 Peninggalan Kerajaan Mataram Kuno yang Tersisa sampai Sekarang

Sumber:

https://id.wikipedia.org/wiki/Prasasti_Sojomerto

https://keluyuran.com/peninggalan-kerajaan-kalingga/

https://intisari.grid.id/read/033394943/5-peninggalan-kerajaan-kalingga-kerajaan-hidu-buddha-di-jawa-abad-ke-6-hingga-ke-7?page=all

https://www.kompas.com/stori/read/2021/05/20/162857279/kerajaan-kalingga-raja-raja-kehidupan-politik-dan-peninggalan?page=all

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Raras Wenny lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Raras Wenny. Artikel ini dilengkapi fitur Wikipedia Preview, kerjasama Wikimedia Foundation dan Good News From Indonesia.

RW
RP
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini