Ke Bandung Pakai Kereta Cepat Bisa Sampai ke Pusat Kota, Tinggal Manfaatkan Kereta Feeder!

Ke Bandung Pakai Kereta Cepat Bisa Sampai ke Pusat Kota, Tinggal Manfaatkan Kereta Feeder!
info gambar utama

Pergi ke Bandung naik kereta cepat tak perlu khawatir stasiunnya jauh dari pusat kota. Akan ada kereta feeder yang siap mengantar.

Indonesia akan segera punya kereta cepat. Pemerintah kini terus menggenjot proyek kereta cepat Jakarta-Bandung yang ditargetkan dapat beroperasi pada tahun 2023 ini.

Di Jakarta, stasiun kereta cepat terletak di kawasan Halim, Jakarta Timur. Sedangkan di Bandung stasiunnya ada di Padalarang dan Tegalluar. Adapun rute kereta cepat ini adalah Stasiun Halim - Karawang - Padalarang - Tegalluar.

Melihat lokasi stasiun tersebut, sempat ada sorotan bahwa letak Stasiun Tegalluar berada cukup jauh dari pusat kota. Memang demikian adanya, karena Stasiun Tegalluar berada di Kabupaten Bandung, tepatnya wilayah rural di sebelah timur Kota Bandung. Pun demikian dengan Stasiun Padalarang yang berada di barat laut Kota Bandung.

Hanya saja, nantinya penumpang tidak perlu khawatir akan kesulitan mencapai pusat kota setelah turun dari kereta cepat. Sebab, akan ada kereta feeder atau pengumpan yang bisa digunakan penumpang untuk melanjutkan perjalanan menuju pusat kota.

Sempat Menghilang, Mak Itam Sang Lokomotif Kereta Api Legendaris Segera Muncul Lagi

Tersedia 72 kereta

Informasi akan adanya kereta feeder ini disampaikan oleh Staf Khusus III BUMN Arya Sinulingga. Dijelaskannya, akan ada 72 perjalanan kereta per hari dari stasiun Padalarang ke Stasiun Bandung.

"Frekuensi perjalanan kereta feeder untuk kereta Cepat Jakarta - Bandung dari Stasiun Padalarang ke Stasiun Kota Bandung 72 perjalanan kereta per hari," ujar Arya seperti dilansir ANTARA.

Penumpang juga tidak perlu takut tidak kebagian kereta feeder karena kemalaman. Sebab, nantinya kereta feeder akan beroperasi mulai pagi hari hingga menjelang tengah malam. Jadwalnya pun menyesuaikan dengan jadwal kereta cepat.

"Jadwal perjalanan kereta feeder ini akan disesuaikan dengan jadwal kedatangan Kereta Cepat Jakarta - Bandung," lanjut Arya.

Diperkirakan, waktu tempuh kereta feeder dari Stasiun Padalarang ke Stasiun Bandung akan memakan waktu sekitar 20 menit. Sementara itu, jarak antara kedua stasiun sendiri adalah 14,6 km.

Perlu diketahui, waktu tempuh kereta cepat Jakarta - Bandung sendiri diperkirakan sekitar 40 menit dengan kecepatan kereta yang mencapai 350 km per jam. Dengan demikian, nantinya kira-kira penumpang butuh waktu satu jam lebih sedikit untuk mencapai pusat Kota Bandung dari Jakarta.

Waktu tempuh itu bisa dibilang memangkas waktu perjalanan cukup banyak. Normalnya, perjalanan darat Jakarta - Bandung bisa memakan waktu sampai tiga jam.

Kereta Cepat dan Harta Karun Indonesia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

AR
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini