Mengenal Sandi Rumput Pramuka: Kegunaan, Cara Membaca, dan Contohnya

Mengenal Sandi Rumput Pramuka: Kegunaan, Cara Membaca, dan Contohnya
info gambar utama

Sandi rumput pramuka merupakan salah satu alat bertukar pesan rahasia untuk memecahkan sebuah kode agar tidak mudah diketahui musuh. Secara definisi, sandi rumput adalah sistem komunikasi dalam pramuka berupa angka, huruf, maupun tanda baca dengan menggunakan prinsip kode-kode morse dasar. Jika sandi morse ditulis dengan menggunakan titik-titik, sandi rumput menggunakan menggunakan “rumput” besar-kecil.

Dengan bentuk rumput yang familiar dan mudah dikenali, sandi ini menjadi salah satu sandi dasar yang digunakan oleh para anggota pramuka. Meskipun mudah dikenali, sandi rumput ini tidak mudah digunakan begitu saja. Kawan perlu pemahaman yang cukup baik tentang morse dalam membaca sandi rumput.

Baca juga: Kilas Sejarah Pramuka di Indonesia

Cara Membaca Sandi Rumput: Harus Paham Sandi Morse Dulu!

Seperti yang sudah diketahui bersama, sandi morse merupakan sandi di pramuka yang menggunakan titik dan garis sebagai kode-kodenya. Untuk memahaminya, Kawan perlu memiliki kemampuan untuk membaca sandi morse dengan kode yang berbeda-beda. Berikut adalah bentuk alfabet dari sandi morse:

A= . –

B = –. . .

C = –.–.

D = –..

E = .

F = . – –

G = – – .

H = . . . .

I = . .

J = . – – –

K = – . –

L = . – . .

M = – –

N = – .

O = – – –

P = . – – .

Q = – – . –

R = . – .

S = . . .

T =

U = . . –

V = . . . –

W = . – –

X = – . . –

Y = – . – –

Z = – – . .

Misalnya Kawan ingin menulis "GNFI" dengan menggunakan sandi morse, maka bentuknya yaitu:

G = – – .

N = – .

F = . – –

I = . .

Dengan itu, penulisan dalam sandi morsenya adalah – – . – . . – – . .

Cara Penulisan Sandi Rumput

Setelah memahami kode dalam alfabet di sandi morse, Kawan bisa mengubah sandi rumput dengan mengubah titik menjadi rumput-rumput pendek dan garis dengan rumput-rumput panjang.

Kunci kode sandi rumput:

  • Tanda STRIP (-) adalah rumput panjang
  • Tanda TITIK (.) adalah rumput pendek

Berikut contoh penulisan sandi rumput untuk huruf M dan Z.

Image

Contohnya, Kawan membuat tulisan "PRAMUKA" dengan menggunakan sandi rumput

Mengenal Sandi Rumput Pramuka, Kegunaan dan Contohnya

Pramuka = (P).--. (R).-. (A).- (M)-- (U)..- (K)-.- (A).-

Contoh Sandi Rumput

Contoh 1: Pramuka

contoh sandi rumput
info gambar

Contoh 2: Solo

contoh sandi rumput
info gambar

Contoh 3: Bandung

contoh sandi pramuka sandi rumput
info gambar

Fungsi Sandi Rumput dalam Pramuka

Sebagai seorang anggota pramuka, memahami fungsi berbagai sandi sangat diperlukan. Salah satunya Kawan harus mengetahui fungsi dari sandi rumput. Apa saja ya fungsi sandi rumput di pramuka?

  • Jadi Sarana Komunikasi

Sandi rumput bisa menjadi sarana komunikasi dalam menyampaikan pesan rahasia ketika sedang tidak tersedianya gadget atau sinyal telekomunikasi. Pesan rahasia akan lebih baik jika disampaikan tanpa suara demi menjaga kerahasiaan informasinya.

  • Penyampaian Pesan Rahasia

Tidak semua orang mengerti bawa sandi rumput bisa menyampaikan sebuah pesan rahasia. Dilihat dari bentuknya yang khas, orang yang tidak mengerti hanya akan melihat itu sebagai coret-coretan rumput pada umumnya. Hal tersebut akan berlaku sebaliknya bagi orang yang mengerti, bahwa ada sebuah pesan yang ingin disampaikan dalam coret-coretan di rumput tersebut.

  • Menguji Daya Ingat dan Kecerdasan

Sebagai seorang anggota pramuka, Kawan harus menghafal dan mengerti semua bentuk sandi yang dipelajari, termasuk sandi rumput. Secara tidak langsung, Menghafal sandi-sandi pramuka tentu akan menguji dan meningkatkan daya ingat Kawan. Kegiatan yang sering dilakukan seperti menulis dan memecahkan sandi juga bisa meningkatkan kemampuan otak Kawan, loh.

  • Sarana Permainan antarsesama Anggota Pramuka

Pramuka itu bukan hanya sebagai sarana kepanduan yang mempelajari baris-berbaris dan survival. Anggota pramuka seringkali belajar dengan beragam permainan yang sangat bermanfaat untuk mengasah diri. Salah satu permainan yang sering dipakai adalah memecahkan sandi rumput .

Memahami sandi rumput itu ibarat kita sering berlatih menulis untuk membuat tulisan yang bagus. Perlu latihan yang konsisten agar Kawan menguasainya. Setelah melihat artikel ini dan belajar di regu anggota Kawan, jangan lupa untuk terus berlatih di rumah ya!

Baca juga: Sandi Kotak 1, 2 dan 3 dalam Pramuka serta Cara Mengerjakannya

Diolah dari berbagai sumber

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Nasuha Ali lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Nasuha Ali.

NA
RP
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini