Deretan Pilihan Sekolah Kedinasan di Bogor, Siap Daftar?

Deretan Pilihan Sekolah Kedinasan di Bogor, Siap Daftar?
info gambar utama

Sekolah kedinasan berada di bawah naungan pemerintah. Tujuan dari didirikannya institusi ini untuk mendidik dan melatih secara khusus para calon aparatur negara. Setelah lulus dari sekolah kedinasan, para mahasiswa diharapkan bisa berkontribusi langsung di berbagai institusi pemerintahan.

Banyak calon mahasiswa berminat dengan sekolah kedinasan karena prospek kerja setelah lulus begitu menjanjikan. Selain itu, rata-rata kampus kedinasan tidak membebankan biaya kepada mahasiswa. Hanya saja, setelah lulus Kawan harus bekerja di pemerintahan.

Sekolah kedinasan tersebar di seluruh Indonesia, salah satunya di Bogor. Kota hujan ini memiliki sejumlah sekolah kedinasan di bidang militer, keamanan, dan pemerintahan. Penasaran dengan sekolah kedinasan apa saja yang ada di Bogor? Simak informasi berikut ini, ya.

Petis Runting, Makanan Khas Pati nan Menggugah Selera

1. Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor

Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan)
info gambar

Berada di bawah Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian dan diselenggarakan oleh Kementerian Pertanian. Politeknik Pembangunan Pertanian Bogor Bogor bertujuan menghasilkan tenaga penyuluh pertanian yang berkualitas dan berkompeten.

Melansir dari situs resmi Polbangtan, sekolah kedinasan ini merupakan transformasi kelembagaan dari Sekolah Tinggi Penyuluh Pertanian (STTP) Bogor.

Program studi yang ditawarkan sekolah kedinasan ini, yaitu Penyuluhan Pertanian Berkelanjutan, Agribisnis Hortikultura, Teknologi Mekanisasi Pertanian, Penyuluhan Peternakan dan Kesejahteraan Hewan, dan Kesehatan Hewan.

Polbangtan terdiri dari dua kampus, yakni Kampus Cibalagung di Jl. Aria Suriagala No. 1 Pasirjaya Kecamatan Bogor Barat dan Kampus Cinagara di Jalan Snakma Desa Pasir Buncir Kecamatan Caringin.

2. Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN)

Sekolah Tinggi Intelijen Negara
info gambar

Apa yang tercetus di benak Kawan kalau mendengar kata intelijen? Misterius dan tertutup? Mungkin Kawan akan menemukan jawaban sebenarnya kalau masuk Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN).

Kampus STIN terletak di daerah Sentul, Bogor, Jawa Barat. Sekolah kedinasan ini berada di bawah Badan Intelijen Negara (BIN).

BIN mendirikan sekolah kedinasan ini untuk mendidik dan melatih calon profesional intelijen agar mampu melindungi keamanan nasional. STIN juga telah menjalin kerja sama dengan organisasi intelijen nasional dan internasional. Jadi, mahasiswa diberikan fasilitas untuk belajar lebih banyak mengenai intelijen.

Sekolah kedinasan di Bogor ini memiliki beberapa program studi, antara lain Agen Intelijen, Teknologi Intelijen, Cyber Intelijen, dan Ekonomi Intelijen.

STIN menerima lulusan SMA/SMK dari segala jurusan. Syaratnya, Kawan harus memiliki berat badan ideal serta tinggi badan minimal 165 cm untuk laki-laki dan 160 cm untuk perempuan.

Usia yang diperbolehkan antara 16—21 tahun. Bagi yang berkacamata maksimal minus atau plus satu. Tertarik mendaftar?

Le Rosey, Sekolah Paling Mahal Sedunia

3. Politeknik Siber dan Sandi Negara

Politeknik Siber dan Sandi Negara
info gambar

Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN) merupakan transformasi dari Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN). Pendidikan kedinasan ini berada di bawah naungan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Kampus Poltek SSN berada di Ciseeng, Bogor, Jawa Barat.

Poltek SSN bertujuan menghasilkan sumber daya manusia di bidang keamanan siber dan persandian. Nantinya, lulusan Poltek SSN bekerja menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan BSSN dan instansi pemerintahan lainnya.

Poltek SSN memiliki dua jurusan utama, yaitu Jurusan Kriptografi dan Jurusan Keamanan Siber. Jurusan Kriptografi terdiri dari Rekayasa Perangkat Keras Kriptografi, Rekayasa Sistem Kriptografi, dan Rekayasa Perangkat Lunak.

Itulah sekilas informasi mengenai sekolah kedinasan di Bogor yang bisa menjadi pilihan Kawan untuk berkuliah. Bila berniat untuk masuk, jangan lupa untuk persiapkan diri dan kunjungi situs web dan media sosial resminya, ya! Semoga informasi ini bermanfaat.

SD-SMP Dewi Sartika, Sekolah Perempuan Pertama di Indonesia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

F
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini