Tugu Pancakarsa dan Filosofi 5 Tekad Kabupaten Bogor di Dalamnya

Tugu Pancakarsa dan Filosofi 5 Tekad Kabupaten Bogor di Dalamnya
info gambar utama

Kabupaten Bogor punya Tugu Pancakarsa. Bukan sembarang tugu, ada makna filosofis berisi 5 tekad daerah tersebut di baliknya.

Tak jauh dari Sirkuit Sentul, Kabupaten Bogor, terdapat sebuah tugu yang berdiri megah. Tugu itu bernama Tugu Pancakarsa.

Tugu Pancakarsa bisa dibilang adalah landmark Kabupaten Bogor yang terbilang baru. Sebab, tugu tersebut baru diresmikan pada tahun 2021 lalu.

Ada sebuah makna filosofis penting yang ada di balik tugu tersebut. Eks Bupati Bogor Ade Yasin pernah menjelaskan perihal makna tersebut saat hadir dalam acara peresmian tugu.

Ade menyebut bahwa makna filosofis Tugu Pancakarsa adalah 5 keinginan atau tekad yang dimiliki Kabupaten Bogor.

"Kita ubah dan hari ini kita lihat tugu ini sebagai simbol dari visi misi kami, saya dengan Pak Iwan Setiawan dan seluruh masyarakat Kabupaten Bogor yaitu Pancakarsa," ujar Ade saat itu, seperti dilansir laman resmi Pemkab Bogor.

"Kenapa harus jadi simbol, karena panca itu artinya adalah mengandung lima keinginan atau lima tekad yaitu Pancakrsa. Dalam lima keinginan atau lima tekad, kita ingin Kabupaten Bogor ini sehat, cerdas, maju, membangun dan berkeadaban," jelasnya.

Selain mengandung makna fillsofis, Tugu Pancakarsa juga punya nilai fungsional, yakni sebagai pengurai kemacetan. Dengan adanya Tugu Pancakarsa, maka kendaraan yang melintas akan berjalan memutar searah jarum jam sehingga diharapkan arus lalu lintas menjadi lebih lancar.

Tugu Pancakarsa juga merupakan salah satu bagian dari program City Beautification Project dengan biaya Rp356,5 miliar. Selain Project membangun Tugu Pancakarsa, City Beautification Project juga meliputi penataan pedestrian, peningkatan kualitas jalan, hingga pengadaan tempat sampah di Cibinong Raya.

Pembangunan Jalur MRT, Benarkah Mengancam Situs Bersejarah di Jakarta?

Membangun Mahkota

Kendati sudah berdiri megah, ternyata masih ada yang dianggap kurang dari Tugu Pancakarsa, yakni mahkota di bagian puncaknya. Pemkab Bogor pun berkeinginan untuk membangun mahkota tersebut.

Oleh karena itu, Pemkab Bogor telah menganggarkan dana untuk membangun mahkota tugu. Melalui Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPKPP), Pemkab Bogor menganggarkan Rp500 juta dari APBD Tahun Anggaran 2023.

Pemkab Bogor pun sedang menggarap konsep desain untuk mahkota tugu. Nantinya, mahkota akan dibuat dengan gaya modern.

“Jadi tinggal ornamen mahkotanya itu apakah memang kombinasi kekinian seperti bermain lampu, atau nanti mahkotanya dibuat berputar atau dia dibuat seperti bola bulat, biar kelihatan sana-sini, nanti itu yang kami modifikasi,” ujar Kepala DPKPP Kabupaten Bogor Ajat Rohmat Jatnika seperti dilansir ANTARA.

Indonesia Ingin Gelar Olimpiade di IKN, Inilah Deretan Stadion Megah di Kalimantan Timur

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

AR
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini