Piala Dunia U-20 2023, Indonesia akan Contoh Qatar sebagai Tuan Rumah

Piala Dunia U-20 2023, Indonesia akan Contoh Qatar sebagai Tuan Rumah
info gambar utama

Kompetisi bergengsi Piala Dunia U-20 2023 bakal digelar di Indonesia pada 20 Mei hingga 11 Juni 2023 mendatang. Ini merupakan kedua kalinya Indonesia mengikuti Piala Dunia U-20 setelah sebelumnya berpartisipasi melalui Garuda Muda tahun 1979.

Menteri Pemuda dan Olahraga republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali secara resmi meluncurkan logo Piala Dunia U-20 2023 bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI yang ke-77 tahun lalu.

Mengutip laman Kementerian Pemuda dan Olahraga RI, Menpora Amali mengatakan saat ini pemerintah sudah mempersiapkan diri untuk menjadi tuan rumah. Berbeda dengan Piala Dunia U-20 di negara-negara sebelumnya, Indonesia bahkan siap menggelar upacara seremonial untuk pembukaan dan penutupan Piala Dunia U-20 2023 atas persetujuan FIFA.

Dilansir dari bola.com, Menteri BUMN Erick Tohir menyebut Qatar sebagai contoh sukses penyelenggaraan Piala Dunia bagi Indonesia nantinya, saat membersamai Menpora Amali dalam pertemuan dengan Presiden FIFA.

“Semoga penyelenggaraan Piala Dunia U-20, Indonesia bisa menyamai, atau bahkan bisa melebihi kesuksesan Qatar,” ujar Erick.

Terkait persiapan, rencananya akan ada enam stadion di Indonesia yang dijadikan venue pertandingan, antara lain Stadion Jabaring (Palembang), Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), dan Stadion Kapten I Wayan Dipta (Bali).

Piala Dunia U-20 2023 sebenarnya diadakan setiap dua tahun, tetapi sempat ditunda karena pandemi COVID-19. Total ada 23 tim bersaing secara global ditambah dengan Indonesia yang lolos otomatis sebagai tuan rumah.

Kesebelasan tim terbaik itu ditentukan oleh turnamen kelompok umur di masing-masing regional, yakni Afrika, Asia, Eropa, Amerika Utara, Oceania, dan Amerika Serikat.

Sementara itu, Timnas Indonesia U-20 telah dipersiapkan sejak awal Februari 2023 seperti yang disebutkan Shin Tae-yong, pelatih timnas dalam situs bola.com.

Ronaldo Kwateh Gabung Bodrumspor, Talenta Sepak Bola Indonesia Warnai Liga Turki

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

FI
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini